Natsume Yuujinchou

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Natsume Yuujinchou
Natsume's Book of Friends manga vol 1.jpg
Cover dari volume pertama manga Natsume Yuujinchou
夏目友人帳
(Natsume Yūjin-chō)
GenreMisteri, supernatural, slice of life[1]
Manga
PengarangYuki Midorikawa
PenerbitHakusensha
Penerbit bahasa InggrisViz Media
Penerbit bahasa IndonesiaElex Media Komputindo
MajalahLaLa DX, LaLa
DemografiShōjo
Terbit2005 – sekarang
Volume26
Seri anime
SutradaraTakahiro Omori
Kotomi Deai (season 5-6)
SkenarioSadayuki Murai
MusikMakoto Yoshimori
StudioBrain's Base (musim 1-4)
Shuka (musim 5-6)
PelisensiNIS America
Saluran
asli
TV Tokyo
Tayang 7 Juli 2008 21 Juni 2017
Episode74
Video animasi orisinal
SutradaraTakahiro Omori
SkenarioSadayuki Murai
MusikMakoto Yoshimori
StudioBrain's Base
Tayang 15 Desember 2013 27 September 2017
Episode6
Film anime
Natsume Yuujinchou Movie
StudioShuka
Tayang2018
Wikipe-tan face.svg Portal anime dan manga

"Buku Persahabatan Natsume" (bahasa Jepang: 夏目友人帳, Hepburn: Natsume Yūjin-chō) juga dikenal sebagai Natsume Yuujinchou atau Natsume's Book of Friends adalah sebuah serial manga Jepang yang ditulis oleh Yuki Midorikawa. Manga ini mulai diserialisasikan oleh Hakusensha dalam majalah shoujo manga LaLa DX pada tahun 2005, sebelum akhirnya berganti menjadi LaLa pada tahun 2008. Manga ini juga telah diterbitkan menjadi 26 volume tankōbon. Di Amerika Utara, manga ini telah diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris dan diterbitkan oleh Viz Media dengan volume pertama dirilis pada tahun 2010. Kisah dari manga ini berpusat pada Natsume, seorang anak laki-laki yang dapat melihat arwah sejak lahir dan menerima warisan dari neneknya sebuah buku persahabatan yang dapat mengendalikan para arwah yang namanya tercantum di dalamnya. Natsume Yuujinchou adalah finalis untuk penghargaan Manga Taishō pada tahun 2008.[2]

Natsume Yuujinchou telah diadaptasi menjadi sebuah serial drama CD dan juga sebuah serial televisi anime yang diproduksi oleh Brain's Base (musim 1-4) dan Shuka (musim 5-6) dan ditayangkan oleh TV Tokyo dengan total 6 musim pada tahun 2008, 2009, 2011, 2012, 2016, dan 2017. Di Amerika, 4 season pertama dari anime Natsume Yuujinchou telah dilisensikan oleh NIS America untuk rilis di Amerika Utara pada tahun 2012.[3]

Pada tahun 2017, diumumkan bahwa sebuah adaptasi film anime akan dirilis pada tahun 2018.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Sejak kecil, Takashi Natsume telah memiliki kemampuan untuk melihat arwah-arwah yang menurun dari neneknya, Reiko Natsume. Kemampuan tersebut membuatnya menjadi tidak memiliki teman karena anak-anak seumurannya menganggapnya aneh. Selain itu, ia juga harus berpindah dari satu kerabat ke kerabat lain sejak kehilangan kedua orang tuanya saat masih kecil. Sebelum meninggal, neneknya, Reiko, mewariskan padanya sebuah Buku Persahabatan, sebuah buku yang berisi nama-nama arwah yang telah ditaklukan oleh Reiko.

Buku Persahabatan dianggap sebagai salah satu barang yang sangat berharga di dunia arwah, dan banyak arwah - baik yang baik maupun yang jahat - mengejar Natsume demi mendapatkan buku tersebut. Namun, berbeda dengan neneknya yang menaklukan para arwah, Natsume justru mengembalikan nama-nama arwah yang ada pada buku itu agar mereka dapat bebas. Dalam prosesnya, Natsume juga banyak membantu para arwah yang memiliki masalah dan meminta bantuannya. Karena banyak arwah jahat yang berusaha untuk membunuh Natsume demi mendapatkan buku persahabatan, Madara (yang dipanggil Nyanko-sensei oleh Natsume), seorang arwah kelas atas yang tanpa sengaja segelnya dilepas oleh Natsume, mengadakan perjanjian dengan Natsume untuk menjadi pelindungnya. Sebagai gantinya, saat Natsume mati kelak, Buku Persahabatan akan menjadi miliknya.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Tokoh Utama[sunting | sunting sumber]

Takashi Natsume (夏目 貴志, Natsume Takashi)
Pengisi suara: Hiroshi Kamiya
Karakter utama dari Natsume Yuujichou. Seorang anak yatim piatu yang sejak kecil telah dapat melihat arwah-arwah yang membuatnya menjadi dianggap aneh oleh orang-orang di sekitarnya. Anak-anak seumurannya tidak ada yang mau bermain dengannya dan tidak ada kerabatnya yang bertahan lama menampungnya. Suatu hari, Natsume bertemu dengan pasangan suami-istri Fujiwara yang mengajaknya untuk tinggal bersama mereka. Desa tempat tinggal pasangan Fujiwara merupakan kampung halaman tempat neneknya tinggal saat muda dahulu yang membuat banyak arwah mengiranya sebagai Reiko dan mengejarnya untuk mendapatkan Buku Persahabatan. Saat sedang kabur dari kejaran seorang arwah, Natsume tanpa sengaja memutuskan tali segel sebuah kuil yang membuat arwah yang tersegel di dalamnya terlepas. Seorang arwah kelas atas yang menggunakan wujud seekor kucing bernama Madara. Ia memberitahu Natsume tentang Buku Persahabatan yang dimiliki oleh Reiko dan mencoba mencurinya dari Natsume setelah Natsume berhasil menemukannya. Namun, ia justru berakhir mengadakan perjanjian dengan Natsume untuk menjadi pelindungnya dengan bayaran buku tersebut akan menjadi miliknya saat Natsume mati kelak. Natsume memanggilnya dengan sebutan Nyanko-sensei.
Natsume digambarkan sebagai "anak laki-laki yang berusaha menjadi baik" oleh Yuki Midorikawa."[4] Meski sering disakiti oleh manusia dan arwah, namun Natsume tidak seperti Reiko yang membenci keduanya, Natsume justru mencintai keduanya dan menganggap bahwa baik manusia maupun arwah adalah sama. Ia memutuskan untuk mengembalikan semua nama arwah yang telah dikumpulkan oleh neneknya agar arwah-arwah tersebut dapat bebas. Ia juga tidak jarang membantu para arwah yang datang kepadanya untuk meminta bantuan mulai dari hal kecil hingga hal besar yang dapat membuatnya kehilangan nyawa.
Natsume memiliki kekuatan supernatural yang sangat tinggi yang membuatnya dikejar-kejar oleh para arwah karena rasanya yang dianggap "enak" dan berusaha direkrut oleh 2 orang pengusir arwah ternama, Shuuichi Natori dan Seiji Matoba. Namun, Natsume yang menganggap bahwa tidak semua arwah itu jahat menolak ajakan keduanya meski terkadang Natsume tanpa sengaja atau sengaja harus terlibat dengan Natori atau Matoba.
Madara () / "Nyanko-sensei" (ニャンコ先生)
Pengisi suara: Kazuhiko Inoue
Seekor inugami misterius yang tanpa sengaja segelnya dilepas oleh Natsume. Karena Madara tersegel dalam wadahnya dalam jangka waktu yang sangat lama, ia mengambil wujud dari wadahnya tersebut yaitu seekor maneki neko (kucing keberuntungan), yang membuat Natsume menjadi menamainya Nyanko-sensei. Dalam wujud tersebut, orang biasa pun dapat melihatnya sehingga ia menyamar menjadi kucing peliharaan milik Natsume.
Ia adalah seorang ayakashi yang sangat kuat yang selalu melindungi dan menjaga Natsume, sebagai gantinya Natsume berjanji untuk menyerahkan Buku Persahabatan padanya saat ia mati kelak, sehingga Madara sering marah saat Natsume mengembalikan nama dari Buku Persahabatan dan berkata bahwa jika seperti itu maka tidak akan ada yang tersisa saat Buku Persahabatan diwariskan padanya kelak.
Reiko Natsume (夏目 レイコ, Natsume Reiko)
Pengisi suara: Sanae Kobayashi
Reiko adalah nenek dari Natsume yang memiliki kemampuan melihat yokai. Ketika Reiko masih muda, ia dianggap aneh oleh semua orang dan dijauhi karena kemampuannya tersebut. Karena ia menganggap bahwa tidak akan ada orang yang memahaminya, ia menghabiskan waktunya dengan para yokai. Reiko sangatlah kuat dan ia memanfaatkan hal tersebut untuk membully semua yokai yang ditemuinya dan membuat mereka menyerahkan nama mereka sebagai tanda kekalahan. Nama-nama tersebut ia kumpulkan dalam Buku Persahabatan yang membuatnya dapat mengendalikan semua yokai yang namanya tertulis di dalamnya. Madara menyebut Reiko sebagai seorang gadis yang ceroboh saat makan dan pelupa. Reiko meninggal di usia muda, yang membuat hanya sedikit orang yang mengingatnya.

Tokoh Pendukung[sunting | sunting sumber]

Kaname Tanuma (田沼 要, Tanuma Kaname)
Pengisi suara: Kazuma Horie
Tanuma adalah seorang murid pindahan yang baru pindah ke daerah tempat Natsume tinggal. Ayahnya adalah seorang biksu dan ia memiliki kemampuan untuk melihat yokai secara samar-samar. Tanuma memiliki tubuh yang lemah dan sering terserang penyakit. Meski begitu, karena sama-sama dapat melihat yokai, ia dan Natsume menjadi teman baik. Ia selalu berusaha untuk menolong Natsume di setiap kesempatan, meski terkadang takut bahwa ia hanya akan menjadi beban.
Touru Taki (多軌 透, Taki Tōru)
Pengisi suara: Rina Satō
Gadis pindahan di sekolah Natsume. Ia jarang berbicara karena sebuah kutukan youkai yang ada padanya, yang kemudian dipatahkan oleh Natsume. Ia adalah seorang onmyouji, meski tidak dapat melihat roh tanpa menggambar lingkaran sihir. Taki, seperti Tanuma, adalah salah satu teman manusia Natsume yang mengetahui kekuatan Natsume dan ingin membantu Natsume.
Jun Sasada (笹田 純, Sasada Jun)
Pengisi suara: Miyuki Sawashiro[5]
Ketua kelas Natsume. Sasada percaya bahwa Natsume dapat melihat youkai, meski hal itu telah berulang kali ditentang Natsume. Ia sering mencoba mengikuti Natsume saat Natsume berurusan dengan youkai meski pada akhirnya Natsume selalu menghindar. Di anime, tokoh Sasada adalah tokoh yang cukup sering muncul, sementara di versi manganya, ia jarang muncul sejak kemunculan Shigure karena pekerjaan ayah tirinya yang mengharuskannya pindah sekolah.
Shuuichi Natori (名取 周一, Natori Shūichi)
Pengisi suara: Akira Ishida[6]
Seorang pria yang memiliki kemampuan melihat youkai. Ia adalah seorang aktor terkenal yang memiliki pekerjaan sampingan sebagai pengusir youkai. Ia memiliki tanda lahir seperti kadal yang dapat bergerak di tubuhnya. Natori memiliki kemampuan memanipulasi boneka kertas (Shikigami) dan memiliki tiga orang youkai bawahan. Natsume cenderung tidak menyukai cara Natori yang mengusir youkai menggunakan paksaan. Pada awalnya, Natori sangat membenci youkai karena kenangan masa kecilnya. Namun seiring berjalannya waktu, semenjak ia mengenal Natsume, ia mulai sedikit mengubah pandangannya dan peduli pada Natsume.
Hiiragi ()
Pengisi suara: Satsuki Yukino[7]
Salah satu youkai bawahan Natori. Ia adalah youkai yang ditugaskan untuk menjaga sebuah gudang dan diikat di gudang tersebut. Pada saat Natori kecil, Natori pernah bertemu dengannya dan membalut tangannya yang terluka. Saat Natori dewasa dan menjadi pengusir youkai, Natori ditugaskan untuk mengusir Hiiragi. Namun atas campur tangan Natsume, Natori tidak membunuh Hiiragi dan justru menjadikan Hiiragi bawahannya.
Seiji Matoba (的場 静司, Matoba Seiji)
Pengisi suara: Junichi Suwabe
Kepala keluarga klan Matoba. Klan Matoba adalah klan pengusir youkai yang sangat terkenal. Matoba memiliki sifat yang dingin dan mengorbankan youkai-youkai lemah untuk mencapai tujuannya. Meski ia berkata menggunakan youkai kuat untuk melindungi manusia, namun ia tidak ragu untuk menyingkirkan manusia yang berani menghalanginya. Ia sering terlihat membawa panah dan busur yang ia gunakan untuk melawan youkai. Matoba menggunakan perban yang dilengkapi dengan mantra untuk menutupi salah satu matanya karena pendahulunya pernah mengadakan perjanjian dengan seorang youkai untuk memberikan matanya namun mengingkari perjanjian tersebut sehingga youkai itu kini mengincar mata dari penerus klan Matoba. Setelah pertemuannya dengan Natsume, ia tertarik dengan Natsume dan mencoba merekrutnya untuk bergabung dengan klan Matoba.
Atsushi Kitamoto (北本 篤史, Kitamoto Atsushi) dan Satoru Nishimura (西村 悟, Nishimura Satoru)
Pengisi suara: Hisayoshi Suganuma[8] dan Ryōhei Kimura[9]
Teman sekelas Natsume. Kitamoto adalah orang yang peka dan rasional, sementara Nishimura adalah orang yang lucu dan mudah bergaul serta sedikit mesum. Meski pada awalnya Natsume menghindari mereka karena takut kemampuannya akan ketahuan, namun pada akhirnya mereka menjadi teman baik.
Touko Fujiwara (藤原 塔子, Fujiwara Tōko) dan Shigeru Fujiwara (藤原 滋, Fujiwara Shigeru)
Pengisi suara: Miki Itō[10] dan Eiji Itō[10]
Pasangan yang tidak memiliki anak dan menampung Natsume di rumah mereka. Shigeru adalah saudara jauh dari ayah Natsume. Setelah melihat Natsume yang selalu sendirian dan tampak dikucilkan oleh keluarganya, Shigeru memutuskan untuk membawa Natsume tinggal bersamanya. Mereka sangat menyayangi Natsume dan memperlakukan Natsume seperti keluarga, berbeda dengan saudara-saudara Natsume yang menampungnya sebelumnya. Natsume sangat peduli pada pasangan Fujiwara dan tidak ingin membuat mereka khawatir sehingga ia tidak memberitahu mereka tentang kekuatannya melihat youkai.
Hinoe (ヒノエ)
Pengisi suara: Akemi Okamura
Seorang youkai kuat yang memiliki wujud wanita dewasa. Ia sangat menyukai Reiko dan memutuskan mengikuti dan membantu Natsume setelah mengetahui Reiko telah meninggal. Hinoe sering bertindak sebagai mentor Natsume dan suka menggoda Natsume dan Madara.
Misuzu (三篠)
Pengisi suara: Takaya Kuroda
Youkai yang besar dan kuat yang memiliki banyak pengikut. Ia adalah salah satu youkai yang namanya tercantum di buku persahabatan. Namun ia menolak namanya dikembalikan karena ia memutsukan ingin menjadi pengikut Natsume.
Kogitsune (子狐, Anak Rubah)
Pengisi suara: Akiko Yajima
Seekor youkai rubah yatim piatu yang bewujud anak kecil laki-laki dengan telinga dan ekor rubah. Karena tubuhnya yang kecil dan lemah, ia sering dibully oleh youkai di sekitarnya. Suatu hari, Natsume menolongnya dan sejak saat itu ia mengagumi Natsume dan bertekad untuk menjadi kuat.
Chukyuu (Hitotsume dan Ushikao)
Pengisi suara: Takashi Matsuyama dan Hiroshi Shimozaki
Dua youkai yang tinggal di hutan Yatsuhara dan selalu bersama. Mereka menjadi pengikut setia Natsume setelah Natsume membantu mereka dalam kasus ayah Tanuma.
Chobihige (ちょびひげ)
Pengisi suara: Yuuichi Nagashima
Salah satu youkai pengikut Natsume. Ia pertama kali bertemu dengan Natsume setelah meminta bantuan Natsume untuk menghentikan seorang gadis manusia (Tooru Taki) yang selalu menggambar lingkaran sihir.
Kappa
Pengisi suara: Kyouko Chikiri
Salah satu youkai pengikut Natsume. Natsume pernah membantunya saat ia kehausan di tengah jalan, setelah itu ia mencoba membalas budi pada Natsume dan menjadi pengikut Natsume.
Nanase (七瀬)
Pengisi suara: Mika Doi
Salah satu anggota dari klan Matoba. Ia adalah salah satu bawahan kepercayaan Matoba. Sikapnya kurang lebih sama dengan Matoba yang kejam dan tidak segan untuk mengorbankan youkai lemah untuk mencapai tujuannya.
Katsumi Shibata (柴田 克己, Shibata Katsumi)
Pengisi suara: Hosoya Yoshimasa
Salah satu teman sekelas Natsume saat SD. Pada awalnya ia tidak percaya pada kemampuan Natsume dan merupakan salah satu pembully Natsume. Namun saat SMA, ia mencari Natsume dan meminta bantuan Natsume saat ia jatuh cinta pada seorang gadis yang ia curigai sebagai youkai.

Perkembangan[sunting | sunting sumber]

Midorikawa menciptakan Natsume Yuujinchou sebagai serial episodik untuk sebuah majalah manga yang terbit tiap dua bulan sekali, maka dari itu tiap chapternya berupa cerita terputus yang dapat dibaca tanpa perlu membaca chapter sebelumnya.[11] Karena sebelumnya ia menulis cerita hantu, salah seorang editornya memintanya untuk memasukkan lebih banyak roman ke dalam cerita,[12] Midorikawa secara khusus menciptakan Natsume Yuujinchou sebagai cerita supernatural dengan sedikit roman,[13] mengisahkan kehidupan di pedesaan dengan unsur-unsur supernatural yang mengaduk imajinasi pembaca, seperti yōkai dan dewa-dewa lokal.[13] Untuk dasar ceritanya, ia ingin menulis kisah tentang seorang anak laki-laki dan guru non-manusianya,[14] dan memasukkan kilas balik nenek anak laki-laki tersebut yang mengenakan seragam sekolah.[15]

Ini adalah serial pertama Midorikawa, dimana protagonisnya juga adalah karakter pusat.[15] Midorikawa mengungkapkan bahwa karakternya, Natsume, sama buruknya dengan dirinya dalam hal mengekspresikan diri,[15] yang membuatnya lebih banyak menulis menggunakan monolog interior untuk serial ini daripada karakter-karakter pria serialnya lainnya.[14]

Media[sunting | sunting sumber]

Manga[sunting | sunting sumber]

Natsume Yuujinchou ditulis dan diilustrasikan oleh Yuki Midorikawa dan diterbitkan di Jepang oleh Hakusensha. Manga ini mulai diserialisasikan pada tahun 2005 di majalah shoujo manga dua-bulanan LaLa DX ; pada tahun 2008, serialisasinya dipindahkan ke majalah bulanan yang masih berhubungan, LaLa.[16] Chapter-chapter yang tidak pernah diberi judul tersebut dikemas dalam 26 volume tankōbon.

Serial manga ini dilisensi oleh Viz Media di Amerika Utara, dengan volume pertama diterbitkan pada bulan Januari 2010.[17] Sementara di Prancis, manga ini dilisensi oleh Delcourt,[18] di Korea Selatan oleh Haksan,[19] di Taiwan oleh Tong Li,[20], di Thailand oleh Bongkoch Publishing,[21], dan di indonesia sendiri oleh Elex Media Komputindo.[22]

No.Tanggal rilis JepangISBN JepangTanggal rilis versi bahasa Amerika UtaraISBN versi bahasa Amerika Utara
1 5 Oktober 2005[23]ISBN 978-4-592-17158-46 Januari 2010[17]ISBN 978-1-4215-3243-1
2 5 Agustus 2006[24]ISBN 978-4-592-17159-16 April 2010[25]ISBN 978-1-4215-3244-8
3 5 Februari 2007[26]ISBN 978-4-592-18446-16 Juli 2010[27]ISBN 978-1-4215-3245-5
4 4 Agustus 2007[28]ISBN 978-4-592-18447-85 Oktober 2010[29]ISBN 978-1-4215-3246-2
5 5 Maret 2008[30]ISBN 978-4-592-18448-54 Januari 2011[31]ISBN 978-1-4215-3247-9
6 5 Juli 2008[32]ISBN 978-4-592-18449-25 April 2011[33]ISBN 978-1-4215-3248-6
7 5 Januari 2009[34]ISBN 978-4-592-18667-07 Juni 2011[35]ISBN 978-1-4215-3274-5
8 3 Juli 2009[36]ISBN 978-4-592-18668-72 Agustus 2011[37]ISBN 978-1-4215-3592-0
9 4 Januari 2010[38]ISBN 978-4-592-18669-44 Oktober 2011[39]ISBN 978-1-4215-3887-7
10 5 Juli 2010[40]ISBN 978-4-592-18670-06 Desember 2011[41]ISBN 978-1-4215-3939-3
11 4 Maret 2011[42]ISBN 978-4-592-19361-67 Februari 2012[43]ISBN 978-1-4215-4122-8
12 5 Juli 2011[44]ISBN 978-4-592-19362-33 Juli 2012[45]ISBN 978-1-4215-4231-7
13 4 Januari 2012[46]ISBN 978-4-592-19363-04 Desember 2012[47]ISBN 978-1-4215-4923-1
14 5 Juli 2012[48]ISBN 978-4-592-19364-72 Juli 2013[49]ISBN 978-1-4215-5375-7
15 4 Januari 2013[50]ISBN 978-4-592-19365-47 Januari 2014[51]ISBN 978-1-4215-5967-4
16 5 Juli 2013[52]ISBN 978-4-592-19366-13 Juni 2014[53]ISBN 978-1-4215-6782-2
17 4 Januari 2014[54]ISBN 978-4-592-19367-87 Oktober 2014[55]ISBN 978-1-4215-7524-7
18 5 September 2014[56]ISBN 978-4-592-19368-52 Juni 2015[57]ISBN 978-1-4215-8024-1
19 1 Mei 2015[58]ISBN 978-4-592-19369-25 Januari 2016[59]ISBN 978-1-4215-8248-1
20 5 April 2016[60]ISBN 978-4-592-19370-87 Maret 2017[61]ISBN 978-1-4215-9162-9
21 10 Oktober 2016[62]ISBN 978-4-592-19371-52 Januari 2018[63]ISBN 978-1-4215-9587-0
22 5 September 2017[64]ISBN 978-4-592-19372-22 Oktober 2018[65]ISBN 978-1-4215-9653-2
23 5 September 2018[66]ISBN 978-4-592-19373-91 Oktober 2019[67]ISBN 978-1-9747-0769-0
24 2 Mei 2019[68]ISBN 978-4-592-19374-62 Juni 2020[69]ISBN 978-1-9747-1199-4
25 5 Juni 2020[70]ISBN 978-4-592-19375-36 April 2021[71]ISBN 978-1-9747-2119-1
26 4 Januari 2021[72]ISBN 978-4-592-19376-0-

Sebagai tambahan, sebuah buku penggemar diterbitkan pada tanggal 5 Januari 2009 (ISBN 978-4-592-18696-0)[73] dan sebuah buku catatan reproduksi Natsume Yuujinchou dirilis pada tanggal 3 Juli 2009 (ISBN 978-4-592-18690-8).[74]

Drama CD[sunting | sunting sumber]

Natsume Yuujinchou telah diadaptasi menjadi sebuah serial tiga drama CD, yang dibagikan sebagai bonus majalah LaLa.

  1. LaLa Treasure Drama CD (Oktober 2007)
  2. LaLa Excellent Drama CD (November 2008)
  3. LaLa Double Premiere Drama CD (Mei 2009)

Anime[sunting | sunting sumber]

Natsume Yuujinchou telah diadaptasi menjadi serial anime televisi yang diproduksi oleh Brain's Base dan disutradarai oleh Takahiro Omori.[75] Serial ini ditayangkan oleh saluran TV Tokyo. Season 1 & 2 nya masing-masing dirilis menjadi 5 disk DVD.[76]

Serial ini ditayangkan streaming online oleh Crunchyroll; episode dari season keduanya telah tersedia online pada harinya ditayangkan.[77]

NIS Amerika telah melisensi serial ini untuk dirilis eceran di Amerika Utara.

Serial ini kemudian juga dilisensi di China oleh Muse Communication.

Season Nama Total Episode Tanggal Penayangan Lagu Pembuka Lagu Penutup
Season 1 Natsume Yūjin-chō

Natsume's Book of Friends

13 7 Juli 2008 IIssei no Sei

(一斉の声, "Simultaneous Voice")

Oleh Shūhei Kita

Natsu Yuuzora Sky

(夏夕空, "Summer Evening ")

Oleh Kousuke Atari.[78]

Season 2 Zoku Natsume Yūjin-chō

Natsume's Book of Friends Continued

続 夏目友人帳

13 5 Januari 2009 Ano Hi Time Machine

(あの日タイムマシン, "That Day's Time Machine")

Oleh Long Shot Party

Aishiteru

(愛してる, "I Love You")

Oleh Kourin (dibaca Callin').[79]

Season 3 Natsume Yūjin-chō San

Natsume's Book of Friends Three

夏目友人帳 参

13 5 Juli 2011 Boku ni Dekiru Koto

(僕にできること, "I Can Do")

Oleh HOW MERRY MARRY

Kimi no Kakera

(君ノカケラ?, "Pieces of You")

Oleh Kousuke Atari menampilkan Emiri Miyamoto.

Season 4 Natsume Yūjin-chō Shi

Natsume;s Book of Friends Four

夏目友人帳 肆

13 2 Januari 2012 Ima, Kono Toki

(今、このとき, "Now, This Time")

Oleh Hiiragi

Takaramono

(たからもの, "Treasure")

Oleh Marina Kawano

Season 5 Natsume Yūjin-Chō Go

Natsume's Book of Friends Five

夏目友人帳 伍

11 4 Oktober 2016 Takarabako

(タカラバコ)

Oleh Sasanomaly

Akane Sasu

(茜さす)

Oleh Aimer.[80]

Season 6 Natsume Yūjin-chō Roku

Natsume's Book of Friends Six

夏目友人帳 陸

11 11 April 2017 Furōria

(フローリア, "Floria")

Oleh Tomohisa Sako

Kimi no Uta

(きみのうた, "Your Song")

Oleh Rei Yasuda.[81]

Film[sunting | sunting sumber]

Film dari Natsume Yuujinchou yang diberi judul Gekijouban Natsume Yuujinchou: Utsusemi ni Musubu diumumkan akan dirilis di Jepang pada tanggal 29 September 2018.[82]

Lainnya[sunting | sunting sumber]

Sebuah OVA berjudul Itsuka Yuki no Hi ni (いつかゆきのひに) dirilis pada tanggal 5 Februari 2014, dengan staff dan pemeran yang sama dengan season anime yang sebelumnya. BD/DVDnya terdiri dari 2 disk, disk keduanya berisi sebuah klip dari acara musikal Sound Theatre x Natsume Yuujinchou ~ Tsudoi Ongeki no Shou~ yang diadakan tahun lalu pada tanggal 28 September 2013.[83]

Sementara untuk episode spesial, Natsume Yuujinchou telah memiliki total 5 episode, dengan yang pertama adalah Nyanko-sensei to Hajimete no Otsukai[84] yang ditayangkan saat penayangan Natsume Yuujinchou Go, kemudian Hitoyo Sakazuki dan Yuugi no Utage yang merupakan episode spesial dari Natsume Yuujinchou Go,[85], dan 2 episode spesial lainnya untuk Natsume Yuujinchou Roku.[86]

Album soundtrack terpisah untuk dua season pertama anime ini dirilis di Jepang oleh Sony Music pada tanggal 24 September 2008 dan 18 Maret 2009 secara berurutan.[87][88] Lagu tema pembuka dan penutup serial ini juga dirilis oleh Sony Music.[89][90][91][92] Sebagai single, Issei no Sei berhasil mencapai tempat ke-48 dalam tangga lagu single Oricon,[93] Natsu Yūzora mencapai tempat ke-27,[94] dan Ano Hi Time Machine mencapai tempat ke-38.[95] Aishiteru tidak dirilis sebagai single, melainkan dimasukkan ke dalam album Uta no Hibi oleh Kourin (juga dikenal sebagai Callin').[92]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Natsume Yuujinchou adalah salah satu dari 12 finalis untuk penghargaan Manga Taishō pertama pada tahun 2008.[2]

Sejak volume kelima, tiap volume individu dari serial ini selalu masuk ke dalam daftar penjualan-terbaik untuk manga di Jepang. Volume 5 berhasil menempati tempat ke-8 di tangga manga untuk minggu 4-10 Maret 2008;[96] Volume 6 menempati tempat ke-5 untuk minggu 8-14 Juli 2008;[97] Volume 13 telah menjadi yang terbaik sejauh ini dengan menetap di tangga manga selama 3 minggu berturut-turut (nomor 2 untuk minggu 2-8 Januari 2012, nomor 4 untuk minggu 9-15 Januari 2012, kemudian turun ke nomor 19 di minggu berikutnya).[98][99][100]

Versi anime dari Natsume Yuujinchou tidak hanya terkenal di Jepang saja, melainkan juga di negara-negara seperti Amerika Serikat, Kanada, Korea Selatan, Filipina, Taiwan, China, Vietnam, dan Indonesia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Official Website for Natsume's Book of Friends". Viz Media. Diakses tanggal 7 Desember 2017. 
  2. ^ a b "12 Titles Nominated for 1st Ever Manga Taisho Awards". Anime News Network. 23 Januari 2008. Diakses tanggal 3 Mei 2009. 
  3. ^ "NIS America to Release Natsume Yūjin-Chō Anime". Anime News Network. Diakses tanggal 30 Desember 2011. 
  4. ^ Midorikawa, Yuki (Januari 2010) [2005]. "Afterword". Natsume's Book of Friends, volume 1. San Francisco: Viz Media. hlm. 195. ISBN 978-1-4215-3243-1. 
  5. ^ "Miyuki-Sawashiro". Behind The Voice Actors. Diakses tanggal 25 Juni 2018. 
  6. ^ "Akira Ishida". Behind The Voice Actors. Diakses tanggal 25 Juni 2018. 
  7. ^ "Satsuki Yukino". Behind The Voice Actors. Diakses tanggal June 25, 2018. 
  8. ^ "Hisayoshi Suganuma". Behind The Voice Actors. Diakses tanggal 25 Juni 2018. 
  9. ^ "Ryohei Kimura". Behind The Voice Actors. Diakses tanggal 25 Juni 2018. 
  10. ^ a b "Staff Cast". Official Anime Website. Diakses tanggal 26 Juni 2019. 
  11. ^ Midorikawa, Yuki (Januari 2010) [2005]. Natsume's Book of Friends, volume 1. San Francisco: Viz Media. hlm. 12. ISBN 978-1-4215-3243-1. 
  12. ^ Midorikawa, Yuki (Januari 2010) [2005]. Natsume's Book of Friends, volume 1. San Francisco: Viz Media. hlm. 77. ISBN 978-1-4215-3243-1. 
  13. ^ a b Midorikawa, Yuki (Januari 2010) [2005]. Natsume's Book of Friends, volume 1. San Francisco: Viz Media. hlm. 83. ISBN 978-1-4215-3243-1. 
  14. ^ a b Midorikawa, Yuki (Januari 2010) [2005]. Natsume's Book of Friends, volume 1. San Francisco: Viz Media. hlm. 25. ISBN 978-1-4215-3243-1. 
  15. ^ a b c Midorikawa, Yuki (Januari 2010) [2005]. "Afterword". Natsume's Book of Friends, volume 1. San Francisco: Viz Media. hlm. 196. ISBN 978-1-4215-3243-1. 
  16. ^ "Catalogue manga - MIDORIKAWA Yuki" (dalam bahasa French). Decourt. Diakses tanggal 19 Juni 2009. 
  17. ^ a b "Natsume's Book of Friends, Volume 1". Viz Media. Diakses tanggal 18 Oktober 2020. 
  18. ^ "Pacte des Yôkai (Le) - Manga Delcourt/Akata" (dalam bahasa French). Decourt. Diakses tanggal 19 Juni 2009. 
  19. ^ "나츠메 우인장 1권" (dalam bahasa Korea). Haksan Culture Company. Diakses tanggal 11 Oktober 2010. 
  20. ^ "妖怪連絡簿" (dalam bahasa China). Tong Li Publishing. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-04-03. Diakses tanggal 20 Juni 2009. 
  21. ^ "นัตซึเมะกับบันทึกพิศวง 1" (dalam bahasa Thai). Bongkoch Publishing. Diakses tanggal 20 Juni 2009. 
  22. ^ "Natsume Yuujinchou Vol. 01". Elex Media Komputindo. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-04-12. Diakses tanggal 12 April 2018. 
  23. ^ "夏目友人帳 1" (dalam bahasa Jepang). Hakusensha. Diakses tanggal 19 Juni 2009. 
  24. ^ "夏目友人帳 2" (dalam bahasa Jepang). Hakusensha. Diakses tanggal 19 Juni 2009. 
  25. ^ "Natsume's Book of Friends, Volume 2". Viz Media. Diakses tanggal 18 Oktober 2020. 
  26. ^ "夏目友人帳 3" (dalam bahasa Japanese). Hakusensha. Diakses tanggal 19 Juni 2009. 
  27. ^ "Natsume's Book of Friends, Volume 3". Viz Media. Diakses tanggal 18 Oktober 2020. 
  28. ^ "夏目友人帳 4" (dalam bahasa Jepang). Hakusensha. Diakses tanggal 19 Juni 2009. 
  29. ^ "Natsume's Book of Friends, Volume 4". Viz Media. Diakses tanggal 18 Oktober 2020. 
  30. ^ "夏目友人帳 5" (dalam bahasa Jepang). Hakusensha. Diakses tanggal 19 Juni 2009. 
  31. ^ "Natsume's Book of Friends, Volume 5". Viz Media. Diakses tanggal 18 Oktober 2020. 
  32. ^ "夏目友人帳 6" (dalam bahasa Jepang). Hakusensha. Diakses tanggal 19 Juni 2009. 
  33. ^ "Natsume's Book of Friends, Volume 6". Viz Media. Diakses tanggal 18 Oktober 2020. 
  34. ^ "夏目友人帳 7" (dalam bahasa Jepang). Hakusensha. Diakses tanggal 19 Juni 2009. 
  35. ^ "Natsume's Book of Friends, Volume 7". Viz Media. Diakses tanggal 18 Oktober 2020. 
  36. ^ "夏目友人帳 8" (dalam bahasa Jepang). Hakusensha. Diakses tanggal 19 Juni 2009. 
  37. ^ "Natsume's Book of Friends, Volume 8". Viz Media. Diakses tanggal 18 Oktober 2020. 
  38. ^ "夏目友人帳 9" (dalam bahasa Jepang). Hakusensha. Diakses tanggal 8 Januari 2010. 
  39. ^ "Natsume's Book of Friends, Volume 9". Viz Media. Diakses tanggal 18 Oktober 2020. 
  40. ^ "夏目友人帳 10" (dalam bahasa Jepang). Hakusensha. Diakses tanggal 26 Juli 2010. 
  41. ^ "Natsume's Book of Friends, Volume 10". Viz Media. Diakses tanggal 18 Oktober 2020. 
  42. ^ "夏目友人帳 11" (dalam bahasa Jepang). Hakusensha. Diakses tanggal 12 Maret 2011. 
  43. ^ "Natsume's Book of Friends, Volume 11". Viz Media. Diakses tanggal 18 Oktober 2020. 
  44. ^ "夏目友人帳 12" (dalam bahasa Jepang). Hakusensha. Diakses tanggal 12 Juli 2011. 
  45. ^ "Natsume's Book of Friends, Volume 12". Viz Media. Diakses tanggal 18 Oktober 2020. 
  46. ^ "夏目友人帳 13" (dalam bahasa Jepang). Hakusensha. Diakses tanggal 27 November 2011. 
  47. ^ "Natsume's Book of Friends, Volume 13". Viz Media. Diakses tanggal 18 Oktober 2020. 
  48. ^ "夏目友人帳 14" (dalam bahasa Jepang). Hakusensha. Diakses tanggal 27 November 2011. 
  49. ^ "Natsume's Book of Friends, Volume 14". Viz Media. Diakses tanggal 18 Oktober 2020. 
  50. ^ "夏目友人帳 15" (dalam bahasa Jepang). Hakusensha. Diakses tanggal 3 April 2013. 
  51. ^ "Natsume's Book of Friends, Volume 15". Viz Media. Diakses tanggal 18 Oktober 2020. 
  52. ^ "夏目友人帳 16" (dalam bahasa Jepang). Hakusensha. Diakses tanggal 3 April 2013. 
  53. ^ "Natsume's Book of Friends , Volume 16". Viz Media. Diakses tanggal 18 Oktober 2020. 
  54. ^ "夏目友人帳 17" (dalam bahasa Jepang). Hakusensha. Diakses tanggal 19 November 2014. 
  55. ^ "Natsume's Book of Friends , Volume 17". Viz Media. Diakses tanggal 18 Oktober 2020. 
  56. ^ "夏目友人帳 18" (dalam bahasa Jepang). Hakusensha. Diakses tanggal 19 November 2014. 
  57. ^ "Natsume's Book of Friends , Volume 18". Viz Media. Diakses tanggal 18 Oktober 2020. 
  58. ^ "夏目友人帳 19" (dalam bahasa Jepang). Hakusensha. Diakses tanggal 30 September 2015. 
  59. ^ "Natsume's Book of Friends , Volume 19". Viz Media. Diakses tanggal 18 Oktober 2020. 
  60. ^ "夏目友人帳 20" (dalam bahasa Jepang). Hakusensha. Diakses tanggal 28 Juli 2016. 
  61. ^ "Natsume's Book of Friends , Volume 20". Viz Media. Diakses tanggal 18 Oktober 2020. 
  62. ^ "夏目友人帳 21" (dalam bahasa Jepang). Hakusensha. Diakses tanggal July 28, 2016. 
  63. ^ "Natsume's Book of Friends , Volume 21". Viz Media. Diakses tanggal 18 Oktober 2020. 
  64. ^ "夏目友人帳 22" (dalam bahasa Jepang). Hakusensha. Diakses tanggal 5 September 2017. 
  65. ^ "Natsume's Book of Friends , Volume 22". Viz Media. Diakses tanggal 18 Oktober 2020. 
  66. ^ "夏目友人帳 23" (dalam bahasa Jepang). Hakusensha. Diakses tanggal 18 Oktober 2020. 
  67. ^ "Natsume's Book of Friends , Volume 23". Viz Media. Diakses tanggal 18 Oktober 2020. 
  68. ^ "夏目友人帳 24" (dalam bahasa Jepang). Hakusensha. Diakses tanggal 18 Oktober 2020. 
  69. ^ "Natsume's Book of Friends , Volume 24". Viz Media. Diakses tanggal 18 Oktober 2020. 
  70. ^ "夏目友人帳 25" (dalam bahasa Jepang). Hakusensha. Diakses tanggal 18 Oktober 2020. 
  71. ^ "Natsume's Book of Friends , Volume 25". Viz Media. Diakses tanggal 13 Januari 2021. 
  72. ^ "夏目友人帳 26" (dalam bahasa Jepang). Hakusensha. Diakses tanggal 13 Januari 2021. 
  73. ^ "夏目友人帳公式ファンブック─夏目と友人たち─" (dalam bahasa Jepang). Hakusensha. Diakses tanggal 19 Juni 2009. 
  74. ^ "ニャンコ先生友人帳 夏目友人帳公式ニャンブック" (dalam bahasa Jepang). Hakusensha. Diakses tanggal 19 Juni 2009. 
  75. ^ "Natsume Yujin-Cho Manga to be Animated for TV". Anime News Network. Diakses tanggal 3 Mei 2009. 
  76. ^ "夏目友人帳" (dalam bahasa Jepang). Hakusensha. Diarsipkan dari versi asli tanggal 30 Maret 2010. Diakses tanggal 11 Januari 2010. 
  77. ^ "Crunchyroll to Post Natsume Yūjin-Chō Anime on Monday". Anime News Network. 1 Januari 2009. Diakses tanggal 20 Juni 2009. 
  78. ^ "あにてれ:夏目友人帳" (dalam bahasa Jepang). TV Tokyo. Diakses tanggal 20 Juni 2009. 
  79. ^ "あにてれ:続 夏目友人帳" (dalam bahasa Jepang). TV Tokyo. Diarsipkan dari versi asli tanggal 31 Mei 2009. Diakses tanggal 20 Juni 2009. 
  80. ^ "Natsume's Book of Friends Season 5 Reveals October 4 Debut, Theme Song Artists". Anime News Network. 23 Agustus 2016. Diakses tanggal 4 Oktober 2016. 
  81. ^ "6th Natsume's Book of Friends Anime Has 11 Episodes, 2 OVAs". Anime News Network. 23 Maret 2017. Diakses tanggal 27 Maret 2017. 
  82. ^ "[AJ 2018] Natsume Yuujinchou the Movie premieres on 29th Sep 2018" (dalam bahasa Inggris). QooApp. 24 Maret 2018. Diakses tanggal 12 April 2018. 
  83. ^ "Natsume's Book of Friends Gets New Original Video Anime". Anime News Network. 27 September 2013. Diakses tanggal 21 September 2016. 
  84. ^ "Natsume Yūjin-Chō: Nyanko-sensei to Hajimete no Otsukai (OAV)" (dalam bahasa Inggris). Anime News Network. Diakses tanggal 12 April 2018. 
  85. ^ "Natsume's Book of Friends to Get Two Special Episodes" (dalam bahasa Inggris). Honey's Anime. 21 Desember 2016. Diakses tanggal 12 April 2018. 
  86. ^ tsubasalover (7 September 2017). "TV Anime 'Natsume Yuujinchou Roku' Gets Special Episodes" (dalam bahasa Inggris). MyAnimeList. Diakses tanggal 12 April 2018. 
  87. ^ "Sony Music Online Japan : サウンドトラック : 夏目友人帳音楽集 おとのけの捧げもの" (dalam bahasa Jepang). Sony Music Entertainment. Diakses tanggal 26 Juni 2009. 
  88. ^ "Sony Music Online Japan : サウンドトラック : 続 夏目友人帳 音楽集 いとうるわしきもの" (dalam bahasa Jepang). Sony Music Entertainment. Diakses tanggal 26 Juni 2009. 
  89. ^ "Sony Music Online Japan : 喜多 修平 : 一斉の声" (dalam bahasa Jepang). Sony Music Entertainment. Diakses tanggal 26 Juni 2009. 
  90. ^ "絆/夏夕空(通常盤)" (dalam bahasa Jepang). Sony Music. Diakses tanggal 26 Juni 2009. 
  91. ^ "Sony Music Online Japan : LONG SHOT PARTY : あの日タイムマシン" (dalam bahasa Jepang). Sony Music Entertainment. Diakses tanggal 26 Juni 2009. 
  92. ^ a b "Sony Music Online Japan : 高鈴 : ヒビノウタ" (dalam bahasa Jepang). Sony Music Entertainment. Diakses tanggal 26 Juni 2009. 
  93. ^ "喜多修平-リリース-ORICON STYLE ミュージック" (dalam bahasa Jepang). Oricon. Diakses tanggal 26 Juni 2009. 
  94. ^ "中孝介-リリース-ORICON STYLE ミュージック" (dalam bahasa Jepang). Oricon. Diakses tanggal 26 Juni 2009. 
  95. ^ "LONG SHOT PARTY-リリース-ORICON STYLE ミュージック" (dalam bahasa Jepang). Oricon. Diakses tanggal 26 Juni 2009. 
  96. ^ "Japanese Comic Ranking, March 4–10". Anime News Network. 15 Maret 2008. Diakses tanggal 3 Mei 2009. 
  97. ^ "Japanese Comic Ranking, July 8–14". Anime News Network. 18 Juli 2008. Diakses tanggal 3 Mei 2009. 
  98. ^ "Japanese Comic Ranking, January 2–8". Anime News Network. 11 Januari 2012. Diakses tanggal 25 Januari 2009. 
  99. ^ "Japanese Comic Ranking, January 9–15". Anime News Network. 18 Januari 2012. Diakses tanggal 25 Januari 2012. 
  100. ^ "Japanese Comic Ranking, January 16–22". Anime News Network. 25 Januari 2012. Diakses tanggal 25 Januari 2012. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]