Natalie C. Barraga

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Natalie C. Barraga adalah seorang ahli pendidikan khusus bagi anak-anak yang mengalami hambatan dalam penglihatan. Lahir di tahun 1915. Tahun 1938, Barraga meraih gelar BA dari Universitas Negara Bagian Texas Utara di bidang ekonomi rumah tangga. Di tahun 1957, Ia meraih gelar M.Ed dari Universitas Texas, Austin. Di tahun 1963, Ia meraih gelar Doktor Pendidikan(Ed.D) dalam bidang pendidikan khusus bagi anak-anak yang memiliki daya penglihatan terhambat(kurang awas) dari George Peabody College for Teachers.

Ketertarikan mendalami studi pendidikan khusus bagi anak-anak yang mengalami gangguan penglihatan berawal dari perhatiannya terhadap permasalahan gangguan penglihatan yang dialami putrinya. Putri Natalie C. Barraga menderita gangguan penglihatan yang amat parah.

Selama bertahun-tahun, Barraga menjalani profesi sebagai guru.[1] Ia memusatkan perhatiannya pada murid-muridnya yang mempunyai daya penglihatan lemah. Barraga membuat berbagai eksperimen mengenai cara-cara untuk membantu para murid belajar membaca secara visual,

Risetnya mendokumentasikan bahwa penggunaan penglihatan (jika mengalami gangguan) sangat tergantung dari tertatih-tatihnya mata, dan bukan ditentukan oleh pengukuran ketajaman. Tugas fungsi penglihatan secara akademik dapat diajarkan dengan program belajar secara berangsur-angsur dalam bagian yang berurutan.

Barraga telah mengembangkan alat-alat assesmen penglihatan dan menerbitkan suatu program instruksi yang sistematis, dinamakan Pengembangan Keefisienan dalam Fungsi Penglihatan (Development of Efficiency in Visual Functioning).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Baihaqi, MIF (2014). Ensiklopedi Tokoh Pendidikan Luar Biasa. Bandung: Nusa Cendekia. hlm. 59–60.