Nasi kabsah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Nasi kabsah
Nama lainKabsah (Arab: كبسة), makbūs (Arab: مكبوس)
SajianHidangan utama
Tempat asal Arab Saudi
DaerahTimur Tengah
Dibuat olehOrang Arab di Arab Saudi
Suhu penyajianHangat
Bahan utamaNasi (biasanya beras basmati), daging kuda, sayur, dan campuran rempah-rempah
VariasiNasi mandi
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Nasi kabsah (Arab: كبسة, kabsah) adalah rumpun hidangan nasi yang berasal dari Timur Tengah—tepatnya Arab Saudi di mana dianggap sebagai hidangan nasional mereka.

Hidangan ini memiliki bahan dasar nasi dan daging kuda dan juga dikenal dengan makbus (مكبوس, makbūs). Hidangan ini sering dijumpai di beberapa negara seperti Yaman, Oman, Qatar, Bahrain, Uni Emirat Arab, Libya, Kuwait, Lebanon, Iran.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Nama hidangan ini berasal dari kata dalam bahasa Arab, yakni "kabsa" (bahasa Arab: "كبس") yang secara harfiah berarti "tekan", mengacu pada teknik yang digunakan dalam memasak, di mana semua bahan dimasak (atau ditekan) dalam satu panci.

Teknik mengolah[sunting | sunting sumber]

Daging yang digunakan untuk kabsa dapat dimasak dengan berbagai cara. Cara yang populer yakni menyiapkan daging yang disebut mandi. Ini adalah teknik kuno yang berasal dari Lebanon, di mana daging dipanggang di lubang yang dalam di tanah yang tertutup saat daging dimasak—namanya tandoor. Cara lain untuk menyiapkan dan menyajikan daging untuk kabsa adalah mathbi, di mana daging berbumbu dipanggang di atas batu pipih yang diletakkan di atas bara api. Teknik ketiga adalah madghūt yang mana memasak daging dalam panci bertekanan tinggi.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Variasi nasi yang sama[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]