Nargothrond

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Dalam Legendarium J.R.R. Tolkien, Nargothrond (Sindarin portmanteau dari Narog-Ost-Rond, "Benteng bawah tanah yang hebat di sungai Narog", disebut Nulukkhizdin oleh Kurcaci) adalah benteng besar yang dibangun oleh Finrod Felagund ("Penatah Gua") selama masa Zaman Pertama di Dunia Tengah. Kerajaan Nargothrond terdiri dari kota bawah tanah yang digali di tepi sungai Narog di Beleriand, dan tanah di utara, Talath Dirnen atau Dataran Yang Dijaga.

Terinspirasi oleh gua-gua kota Menegroth yang rumit dan rahasia di Doriath, dan mencari tempat tersembunyi yang aman dari pasukan Melkor/Morgoth, Finrod mendirikan Nargothrond pada tahun-tahun awal Zaman Pertama di Gua Narog. di bawah bukit berhutan di Taur-en-Faroth di tepi barat sungai. Para penghuni asli sistem gua besar ini adalah Nibin Noegyth, yang disebut 'kurcaci kecil', yang telah diusir; entah apakah ini oleh orang-orang Finrod, atau sebelumnya oleh Sindar terdekat tidak disebutkan dalam karya-karya Tolkien, meskipun alur ceritanya menunjukkan itu pasti satu atau yang lain.

Kurcaci lainnya, tukang batu dan pengrajin dari Ered Luin (secara harfiah "Pegunungan Biru"), disewa oleh kaum Noldor untuk memperbesar dan membentang gua menjadi benteng yang kuat namun tersembunyi. Awalnya, benteng hanya bisa dicapai dengan jalan sempit di sepanjang tepi sungai, tetapi kemudian sebuah jembatan dibangun di Narog.

Finrod memerintah Nargothrond sampai ia dipaksa oleh sumpah yang telah ia berikan ke House of Bëor untuk bergabung dengan Manusia Beren dalam usahanya mencari Silmaril, salah satu dari tiga permata yang diciptakan oleh Fëanor dan dikenakan di mahkota besi Melkor. Penguasaan atas kota/benteng diberikan kepada keponakannya (atau, tergantung pada versi ceritanya, saudaranya) Orodreth. Namun, dua sepupu mereka, Celegorm dan Curufin, keduanya putra Fëanor dan keduanya yang memiliki klaim sah atas kepemilikan Silmaril, juga tinggal di Nargothrond pada saat ini dan memimpin faksi yang lebih kuat daripada Orodreth, hingga disposisi mereka terungkap setelah kematian Finrod, pada titik dimana mereka diasingkan dari kota.

Manusia Túrin Turambar kemudian datang ke Nargothrond dan menjadi salah satu pejuang terhebatnya, tetapi ia juga membujuk orang-orang untuk berperang secara terbuka melawan Morgoth (jembatan dibangun saat ini), yang akhirnya mengarah ke karungnya oleh pasukan yang dipimpin oleh cacing naga Glaurung.

Glaurung kemudian menggunakan Nargothrond sebagai sarangnya sampai kematiannya tak lama kemudian di tangan Túrin, setelah itu gua-gua diklaim oleh Mîm, yang terakhir dari para kurcaci kecil, sampai ia sendiri dibunuh oleh Húrin, ayah Túrin. Setelah perbuatan Húrin, gua-gua itu mungkin sepenuhnya ditinggalkan, karena mereka menhilang dari catatan sejarah Tolkien, tetapi mereka pasti tenggelam dan hilang bersama dengan sisa Beleriand pada akhir Zaman Pertama.

Finrod sendiri tidak menyangka gua akan bertahan sebagai wilayah Elves; dalam The Silmarillion ia berkomentar, "Tidak akan ada sesuatu pun dari kerajaanku yang dapat diwariskan ke seorang putra".

Lihat Juga[sunting | sunting sumber]

Link Eksternal[sunting | sunting sumber]