Naram-Sin dari Akkadia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Naram-Sin
Raja Akkadia
Prasasti Naram-Sin
Prasasti kemenangan Naram-Sin, skt. 2230 SM yang menunjukkannya mengalahkan Lullibi, sebuah suku di Pegunungan Zagros, menginjak-injak dan menembaki mereka. Ia juga dua kali ukuran tentaranya. Pada abad ke-12 SM benda itu dibawa ke Susan, di mana ditemukan pada tahun 1898.
Masa kekuasaan skt. 2254 – 2218 SM
Pendahulu Manistusu
Pengganti Shar-Kali-Sharri
Dinasti Akkadia
Ayah Manistusu
Anak Shar-Kali-Sharri

Naram-Sin (juga ditranskripsikan sebagai Narām-Sîn atau Naram-Suen, yang berarti "Kekasih Sin"; bertakhta pada sekitar tahun 2254–2218 SM,[1]) merupakan seorang penguasa Kekaisaran Akkadia, penerus ketiga dan cucu Raja Sargon dari Akkadia. Kekaisaran mencapai kekuatan maksimalnya. Ia adalah raja Mesopotamia pertama yang dikenal menyaatakan dirinya sendiri dewa, dengan mengambil gelar "Dewa Akkadia", dan yang pertama (mengikuti Lugal-Anne-Mundu sebelumnya) untuk menuntut gelar "Raja Empat kuatir, Raja alam semesta".

Biografi[sunting | sunting sumber]

Naram-Sin dilahirkan sebagai putra Manistusu. Dengan demikian ia adalah keponakan Raja Rimus dan cucu Sargon dan Tashlultum. Bibi Naram-Sin adalah Imam Tinggi Enheduanna.

Keturunan[sunting | sunting sumber]

Satu-satunya putra Naram-Sin yang dikenal adalah penerusnya, Shar-Kali-Sharri. Penggalian di Tell Mozan (Urkesh kuno) menemukan segel Tar'am-Agade, seorang putri Naram-Sin yang sebelumnya tidak dikenal, yang diduga menikah dengan seorang endan (penguasa) Urkesh yang tidak dikenal.[2]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ middle chronology
  2. ^ Buccellati, Giorgio; Kelly-Buccellati, Marilyn (2002). "Tar'am-Agade, Daughter of Naram-Sin, at Urkesh" (PDF). Dalam Al-Gailani Werr, Lamia. Of Pots and Plans. Papers on the Archaeology and History of Mesopotamia and Syria presented to David Oates in Honour of his 75th Birthday. London: Nabu. hlmn. 11–31. ISBN 1897750625. Diakses tanggal 18 March 2015. 

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • H.W.F. Saggs, The Babylonians, Fourth Printing, 1988, Macmillan Publishers Ltd.
  • J. P. Naab, E. Unger, Die Entdeckung der Stele des Naram-Sin in Pir Hüseyin, Istanbul Asariatika Nesriyati XII (1934)[1].

Pranala luar[sunting | sunting sumber]