Naoshi Kanno

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Naoshi Kanno
Naoshi Kanno.jpg
Nama asli菅野直
JulukanBulldog, Yellow Fighter, Destroyer Kanno
Lahir23 September 1921
Prefektur Miyagi
Meninggal1 Agustus 1945(1945-08-01) (umur 23)
Yakushima, Prefektur Kagoshima
Dinas/cabangPasukan Udara Angkatan Laut Kekaisaran Jepang
Lama dinas1944-1945
OF-4 - Kaigun Chusa.gifLetnan kolonel

Naoshi Kanno adalah seorang tentara Angkatan Laut Kekaisaran Jepang. Ia merupakan alumni Akademi Angkatan Laut ke-70. Ia merupakan seorang Penerbang ulung dalam Perang Pasifik.

Naoshi Kanno lahir di Prefektur Miyagi, Jepang dan menjadi putra kedua dari seorang pejabat polisi senior. Ia masuk ke Akademi Angkatan Laut Jepang pada bulan Desember 1938, dan lulus pada bulan Februari 1943. Ia lalu melanjutkan ke sekolah penerbangan, tetapi ia hampir ditolak gara-gara tinggi badannya terlalu pendek. Setelah lulus dari sekolah penerbangan, ia dikirim ke lapangan udara di Ooita di selatan Jepang. Dia pun ditugaskan di garis depan pada bulan April 1943 bersama Grup Udara ke-343, dan pada bulan Juli 1944 dia menjadi komandan skuadron. Dia terkenal suka melawan atasan, tetapi ia merupakan seorang pilot yang handal. Awalnya ia berbasis di Pulau Palau, namun, ia beserta unit-unitnya pindah kembali ke Kyushu menjelang akhir perang.

Misi terakhirnya terjadi pada tanggal 1 Agustus 1945 ketika ia terbang untuk menghadang sekelompok pesawat pembom B-24 milik Amerika Serikat. Naas, pesawatnya tertembak oleh salah satu P-51 Mustang yang mengawal konvoi tersebut. Kejadian tersebut terjadi di Yakushima, selatan Kyushu. Tetapi jasadnya tidak pernah ditemukan. Dia dipromosikan secara anumerta menjadi kapten di bulan berikutnya, dan diabadikan di Kuil Yasukuni di Tokyo, Jepang.

Kawanishi N1K2 Shidenkai milik Naoshi Kanno.

Kultur pop[sunting | sunting sumber]

Naoshi Kanno telah muncul dalam seri berikut:

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]