Nanocar Race

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Nanocar Race atau Balap Mobil Nano adalah sebuah ajang kompetisi ilmiah internasional untuk menguji kinerja mesin molekuler dan instrumen ilmiah lain yang digunakan untuk mengendalikannya. Perlombaan molekuler ini berlangsung di lintasan sepanjang 100 nanometer dan diadakan untuk pertama kalinya di Toulouse pada 28 dan 29 April 2017.

Untuk memungkinkan diadakannya balapan molekuler semacam ini, sejumlah besar masalah harus dipecahkan terlebih dahulu, seperti pemilihan trek dan persiapannya, peningkatan perangkat pemantauan dan kontrol, khususnya sensitivitas pengukuran saat ini, misalnya terkait tingkat penguapan sejumlah besar molekul yang sangat berbeda pada permukaan yang sama, dan validasi mikroskopik.[1]

Balapan molekuler ini akan membantu mendorong pengembangan motor molekuler dan Tech-Atom, yang akan memungkinkan pembuatan sirkuit elektronik kuantum pada permukaan isolator di masa depan untuk digunakan dalam balapan. Siskuit balap tersebut akan dibangun atom demi atom, yang bagian pembentuknya akan berukuran kurang dari 1 nm.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Julien Lausson (April 28, 2017). "NanoCar-Race: Tout savoir sur la course de machines moléculaires" [NanoCar-Race: all about the race of molecular machines]. Numerama (dalam bahasa French). Diakses tanggal December 2, 2018.