Nancy Ajram

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Nancy Ajram
نانسي عجرم
Nancyajrammagazine.jpeg
Latar belakang
Nama lahir Nancy Nabil Ajram
Asal Beirut,  Lebanon
Genre Pop Arab
Pekerjaan Penyanyi
Tahun aktif 1998 - sekarang
Label
  • EMI Arabia (1998)
  • Megastar (2001–2005)
  • In2Musica (2008–sekarang)
Situs web www.nancyajram.com

Nancy Ajram (lahir di Beirut, Lebanon, 16 Mei 1983; umur 33 tahun) adalah seorang penyanyi wanita berkebangsaan Lebanon. Lagunya yang populer adalah Akhasmak Ah, Ya Salaam, Ah w Noss, dan Ya Tabtab w Dalla. Albumnya sendiri telah terjual sekitar 12 juta kopi di dunia Arab dan menjadikannya salah seorang penyanyi terkaya di Lebanon.

Awal Dan Permulaan[sunting | sunting sumber]

Nancy Ajram dilahirkan dalam sebuah keluarga Kristen ortodoks pada tanggal 16 Mei 1983 di Achrafieh, sebuah distrik di Beirut, Lebanon.
Nancy pertama bernyanyi dipanggung ketika berumur 8 tahun, ia mengambil bagian dalam kontes menyanyi anak-anak pada dua stasiun TV yang terkenal di Arab, LBC dan TeleLiban.

Pada tahun 1995, tepatnya usia dua belas, Nancy Ajram mengambil bagian dalam variety show, Noujoum Al-Moustakbal, (Bintang Masa Depan), sebuah kompetisi televisi realitas Lebanon, yang menemukan bakat musik solo baru. Nancy memenangkan medali emas dalam kategori Tarab setelah menyanyikan lagu dari Ummu Kultsum.

Single pertamanya yang berjudul "Hobbak Allam Albi el Gheere" oleh Abdo Mounzer, dan "Oulha Kelma Ala Shani". Pada usia 15, ia merilis album pertamanya, Mihtagalak (Aku butuh kamu) pada tahun 1998. Kemudian diikuti oleh album keduanya Sheel Oyoonak Anni (Berhentilah Menatapku) pada tahun 2001, yang mencapai lebih sukses.

Karier musik[sunting | sunting sumber]

2003-2004: Akhasmak Ah[sunting | sunting sumber]

Pada awal tahun 2003, Nancy menjadi terkenal dengan keberhasilan lead single "Akhasmak Ah" dan merilis album studio ketiganya, Ya Salam yang merupakan best-seller.

Video musik "Akhasmak Ah" menyebabkan banyak sekali kontroversi, Nancy muncul sebagai manajer kafe yang menari dan menggoda pelanggannya.

2004-2006: Ah w Noss, Coca-Cola[sunting | sunting sumber]

Album keempatnya, Ah w Noss (Ya dan setengah), dirilis pada 12 April 2004, dan itu juga merupakan titiki penting dalam karier Nancy.
Nancy kemudian memfilmkan "Lawn Ouyounak" (Warna Matamu), yang menggambarkan Nancy sebagai pengantin dalam pernikahan tradisional Lebanon. Setelah merilis album, Nancy Ajram menandatangani kontrak dengan Coca-Cola sebagai wakil sponsor pertama untuk wilayah timur tengah dan Afrika Utara.

2006-2008: Ya Tabtab Wa Dalla, Shakhbat, El Dounya Helwa[sunting | sunting sumber]

Album ke-5 nya, Ya Tabtab Wa Dallaa dirilis pada tanggal 15 Februari 2006. Atabtab dianggap sbagai album Nancy yang terbaik pada saat itu, dengan enam video musik, delapan hits radio, dan lima lagu yang digunakan untuk iklan.

kemudian ia merilis videonya untuk hit Coca-Cola "Moegaba" (Pengagum), serta merilis video komersial dan menandatangani kontrak dengan Damas Farfasha Lagu yang digunakan adalah Ana Yalli Bahebak.

Nancy kemudian bekerja sama dengan sutradara ternama Said el Marouk, untuk syuting "Ehsas Jdeed" (Perasaab Baru) yang dianggap sebagai lagu yang paling sukses dari album, Video ini mengkhisahkan seorang wanita kaya yang jatuh cinta dengan seorang pria tuli dan bisu.
Di penghujung tahun 2007, Nancy merilis video "Elli Kan" sebagai video iklan Damas yang ketiga. Disamping itu Nancy juga merilis video single coca-cola "El Donya Helwa", iklan ini diianggap sebagai salah satu iklan nya yang paling sukses yang penuh dengan gaya dan warna baru, sekaligus feeling happy.

Album keenam "Sakhbat-Sakhabit " sepenuhnya didedikasikan untuk anak-anak dengan berbagai lagu ditujukan untuk mengajarkan nilai-nilai dan moral yang baik, hal ini adalah sesuatu yang telah ingin Nancy lakukan di waktu yang lama.

Karier musik[sunting | sunting sumber]

2003-2004: Akhasmak Ah[sunting | sunting sumber]

Pada awal tahun 2003, Nancy menjadi terkenal dengan keberhasilan lead single "Akhasmak Ah" dan merilis album studio ketiganya, Ya Salam yang merupakan best-seller.

Video musik "Akhasmak Ah" menyebabkan banyak sekali kontroversi, Nancy muncul sebagai manajer kafe yang menari dan menggoda pelanggannya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]