Namba

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Stasiun Nankai Namba & Department Store Takashimaya Osaka

Namba (難波, Nanba) adalah nama kawasan di Osaka, Jepang. Osaka memiliki dua pusat kota, Kita (Utara) dan Minami (Selatan), sesuai dengan letaknya menurut mata angin. Namba adalah pusat keramaian di Minami, bagian selatan kota Osaka.[1] "Namba" adalah salah satu variasi ejaan untuk Naniwa, nama lama untuk kota Osaka.

Di Namba terdapat stasiun-stasiun kereta utama untuk jalur selatan-tengah yang dioperasikan JR, Kintetsu, Nankai. Tiga jalur Kereta Bawah Tanah Munisipal Osaka juga memiliki stasiun di Namba.

Beberapa simbol-simbol urban yang identik dengan kota Osaka terdapat di Namba, termasuk di antaranya papan iklan Pelari Glico dan Kepiting Raksasa berada di sekitar kanal Dōtonbori di Namba. Kawasan ini merupakan tujuan wisata belanja dan hiburan malam, rumah makan, bar, kelab malam, dan pachinko. Pusat perbelanjaan di Namba di antaranya Takashimaya Department Store dan mal bawah tanah Namba City.

Mal Namba Parks merupakan pusat pengembangan kawasan yang baru. Di kompleks Namba Parks terdapat gedung pencakar langit "Parks Tower" berikut mal yang dilengkapi taman di atap-atap gedung. Taman di atas gedung Parks Garden merupakan bagian dari proyek penghijauan kota.

Namba berada di Chūō, distrik Naniwa.

Stasiun kereta api[sunting | sunting sumber]

Stasiun Namba
Nankai Electric Railway
Jalur Nankai
Jalur Koya
Kereta Bawah Tanah Munisipal Osaka
Jalur Midosuji (M20)
Jalur Yotsubashi (Y15)
Jalur Sennichimae (S16)
Stasiun JR Namba
JR West
Jalur Utama Kansai (Jalur Yamatoji)
Stasiun Ōsaka Namba
Kintetsu
Jalur Namba (berlanjut dengan Jalur Nara)
Hanshin Railway
Jalur Hanshin Namba

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Minami. Diakses tanggal 2009-02-16.