Nakam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Seorang letnan Amerika Serikat (kiri) dan seorang detektif Jerman memeriksa Konsum-Genossenschaftsbäckerei di Nuremberg usai upaya peracunan.

Nakam (Ibrani: נקם, "Balas Dendam") adalah sebuah kelompok yang terdiri dari sekitar lima puluh korban selamat Holokaus yang berniat untuk membunuh orang-orang Jerman dan Nazi pada 1945 dalam rangka membalas pembunuh enam juta Yahudi dalam Holokaus, Dipimpin oleh Abba Kovner, kelompok tersebut berniat untuk membunuh enam juta orang Jerman dalam bentuk balas denam, "bangsa ganti bangsa".[1] Kovner datang ke Mandat Palestina dalam rangka mengamankan sejumlah besar racun untuk meracuni air untuk membunuh orang-orang Jerman dalam jumlah besar, dan para pengikutnya menginfiltrasikan sistem pengairan Nuremberg. Namun, Kovner ditangkap oleh Inggris saat ia kembali ke Eropa.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Porat 2009, hlm. 215.

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

Bacaan tambahan[sunting | sunting sumber]

  • Porat, Dina (2019). לי נקם ושילם: היישוב, השואה וקבוצת הנוקמים של אבא קובנר [Vengeance and Retribution are Mine: Community, the Holocaust, and Abba Kovner's Avengers] (dalam bahasa Ibrani). Haifa: Pardes Publishing and Haifa University Press. ISBN 9781618385116.