Najelaa Shihab

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Najelaa Shihab
M.Psi., Psikolog
Najelaa Shihab.jpg
Najelaa pada tahun 2018
Nama asalنجلاء شهاب
Lahir11 September 1976 (umur 45)
Ujungpandang, Sulawesi Selatan
Tempat tinggalJakarta Selatan
KebangsaanIndonesia
Pendidikan
Pekerjaan
Suami/istri
(m. 1995)
Anak
  • Fathi Ahmad Assegaf
  • Nishrin Assegaf
  • Nihlah Assegaf
Orang tua
Kerabat
KeluargaNajwa Shihab (adik perempuan)

Najelaa Shihab (lahir 11 September 1976), yang mempunyai panggilan akrab Elaa,[1] adalah seorang pendidik Indonesia.

Kehidupan Awal dan Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Najelaa dibesarkan dalam keluarga yang memiliki catatan penting dalam kontribusi terhadap masyarakat luas. Najelaa adalah putri sulung dari M. Quraish Shihab seorang cendekia Muslim Indonesia dalam ilmu-ilmu Alquran, seorang penulis, seorang ulama, dan mantan Menteri Agama di Kabinet Pembangunan VII (1998). Abi, panggilan Najelaa kepada ayahnya, telah memberikan pengaruh besar dalam perjalanannya selama ini dan banyak nilai positif keluarga yang membentuk Najelaa seperti sekarang. Empat saudara kandung Najelaa lainnya adalah Najwa Shihab, Nasywa Shihab, Ahmad Shihab, dan Nahla Shihab.

Menikah di usia belia, 19 tahun, dengan Ahmad Fikri Assegaf, seorang pengacara korporat yang sukses dengan firma hukumnya, Assegaf Hamzah & Partners (AHP) dan dikaruniai tiga orang anak: Fathi Ahmad Assegaf, Nishrin Assegaf, dan Nihlah Assegaf.

Sejak usia sembilan tahun, Najelaa mempunyai mimpi mendirikan sekolah dan bekerja di dunia pendidikan. Najelaa mewujudkan mimpi tersebut pada tahun 1999 ketika berusia 23 tahun dengan mendirikan Cikal sebagai sekolah dengan standar di mana tujuan pendidikan tidak melulu mengenai nilai, tapi anak diajarkan untuk berkompetisi dengan dirinya sendiri, menjadi pelajar seumur hidup agar sukses dalam kehidupan nyata, lebih dari sekadar di sekolah.

Najelaa menjalani masa-masa sekolah di berbagai tempat, prasekolah di Kairo, Mesir, sewaktu mengikuti ayahnya mengenyam studi S3 di sana. Kemudian pindah ke Makasar dan melanjutkan sekolah dasar di SDN 01 Malombasang, Ujungpandang (kini Kota Makassar), kelas 3-4 di Madrasah Pembangunan, dan kelas 5-6 di Madrasah Nurul Hidayah. Sedangkan SMP dan SMA, Najelaa bersekolah di Jakarta, yaitu SMP Negeri 212 dan SMA Negeri 28. Selama mengenyam pendidikan tersebut, Najelaa sudah mulai terlibat dan aktif di organisasi-organisasi sekolah, misalnya dengan menjadi wakil ketua OSIS, kelompok ilmiah remaja, mengikuti ekstrakurikuler PMR, dan lain-lain. Setelah itu, Najelaa Shihab menyelesaikan studi S1 dan S2 di Fakultas Psikologi, Universitas Indonesia.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Najelaa Shihab: Banyak Cinta Saja Tak CukupParenting Indonesia: Najelaa Shihab, Banyak Cinta Saja Tak Cukup
  2. ^ [1] Diarsipkan 2018-06-29 di Wayback Machine.Majalah Kartini: Najelaa Shihab, Perempuan Penggagas Pesta Pendidikan

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. kumparan, Najelaa Shibab
  2. forbesindonesia.com: Najelaa Shihab Diarsipkan 2018-06-29 di Wayback Machine., 10 Juni 2015
  3. koran.tempo.co: Umpan Balik untuk Lima Hari Sekolah, 22 Juni 2017
  4. beritagar.id: Najelaa Shihab, romantika sang pegiat pendidikan Diarsipkan 2021-03-13 di Wayback Machine. 14 Juli 2017
  5. www.eatforum.org: Najelaa Shihab Diarsipkan 2018-05-17 di Wayback Machine.
  6. M. Quraish Shihab
  7. Najwa Shihab