Nagabonar (film 2008)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Naga Bonar (film 2008))

Nagabonar
Index card
SutradaraMT Risyaf
Protagonis
Performing arts productionBustaf Nawawi
DistributorPrasidi Teta and Citra Sinema
Penampilan perdana8 Mei 2008
Durasi95 menit
Bahasa asli (film atau acara televisi)Indonesia
Lokasi pemfilmanIndonesia
Deskripsi
Latar tempatIndonesia

Nagabonar merupakan sebuah film Indonesia yang dirilis pada tahun 2008. Film yang disutradarai oleh MT Risyaf ini pemainnya antara lain ialah Deddy Mizwar, Nurul Arifin, Afrizal Anoda, Wawan Wanisar, dan masih banyak lagi. Tanggal rilisnya pada 8 Mei 2008.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Nagabonar (Deddy Mizwar), adalah seorang pencopet yang mendapatkan kesempatan menyebut dirinya seorang Jenderal di pasukan kemerdekaan Indonesia di Sumatera Utara

Pada awalnya Nagabonar melakukan ini hanya sekadar untuk mendapatkan kemewahan hidup sebagai seorang Jenderal, akan tetapi pada akhirnya dia menjadi tentara yang sesungguhnya, dan memimpin Indonesia dalam peperangan bersama pasukannya termasuk Kirana (Nurul Arifin), Bujang (Afrizal Anoda) dan Mak (Roldyah Matulessy)

“Mari menoleh sejenak ke belakang agar kita tahu sudah sejauh mana Bangsa ini melangkah”

Serba serbi[sunting | sunting sumber]

  • Film Nagabonar ini merupakan remastering dari film Nagabonar yang dibuat tahun 1987. Tidak ada yang berubah dalam film ini. Melalui proses telesine, dilakukan penajaman kualitas warna (colour grading). Lantas membenahi kualitas suara. Antara lain dengan melakukan sulih suara (seiyuu).
  • Semua pemain yang terlibat dalam film ini kembali menyumbangkan suara di studio. Kecuali beberapa pemain yang digantikan suaranya, seperti Roldiah Matulessy dan Robert Syarif yang kedua-duanya telah meninggal dunia.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]