NRJ Group

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
NRJ
NRJ Logo
Wilayah siarEropa
FrekuensiBermacam sesuai negara dan region
Mulai mengudara1981
FormatTrendy
PemilikNRJ Group
Situs webwww.nrj.com

NRJ (akronim dibaca énergie dalam Bahasa Prancis, e.nɛʁ.ʒi), merupakan sebuah grup multimedia Prancis yang berbasis di Paris. Sejak pendiriannyatahun 1981 sebagai stasiun radio musik pop Prancis, mereka berkembang dan berubah menjadi NRJ Group.[1] Sejak 2002, NRJ telah menjadi stasiun radio musik paling populer di Prancis dan stasiun radio terpopuler kedua menurut jumlah pendengar dan saham pasaran; hanya RTL yang memiliki banyak pendengar.

NRJ Group[sunting | sunting sumber]

NRJ Group telah berubah dari stasiun radio menjadi merek stasiun radio komersial di Eropa. Memiliki stasiun di Prancis, Swiss, Austria, Belgia, Jerman, Denmark, Finlandia, Rusia, Swedia, Ukraina, Norwegia, Bulgaria, Kaledonia Baru, dan Lebanon. NRJ memainkan musik trendy bagi pendengar remaja. Slogannya "Hit music only". Mereka juga mengoperasikan NRJ 12, stasiun televisi musik NRJ Hits di Prancis. Kebanyakan stasiun bermerek NRJ dioperasikan oleh NRJ Group, tetapi beberapa stasiun memiliki lisensi, seperti versi Bulgaria, yang dioperasikan oleh Communicorp. Di Prancis NRJ Group mengoperasikan empat stasiun radio terpisah: NRJ, Nostalgie, Chérie FM dan Rire & Chansons.[2] Tahun 1989 NRJ terdaftar di Pasar Kedua Bursa Saham Paris dan terus naik, mencapai Pasar Pertama tahun 2000 setelah mengumpulkan kembali semua asetnya ke NRJ Group.[3]

Dalam Bahasa Prancis, pengucapan NRJ dan Energy (énergie) mirip, dan suaranya mirip dengan kata Energy dalam bahasa Inggris.

Internasional[sunting | sunting sumber]

Dengan stasiun NRJ/ENERGY pan-Eropa-nya, NRJ Group Paris telah memasuki pasaran radio Eropa dengan membedakan diri dari pembedaan pemain pasar seperti RTL Group (Antenne Bayern, RTL Berlin, Yorin FM in portfolio), and SBS Broadcasting (Radio 1 Norway, The Voice in portfolio) or Stockholm-based MTG (P4 Norway, Rix FM, Lugna Favoriter dalam portofolio). Sejak 6 Juni 2006 NRJ telah beroperasi di Lebanon untuk memperluas pendengarnya dan pengaruhnya.

Semua operasi internasional NRJ dipusatkan pada stasiun radio hit kontemporer (dengan slogan yang sama, jingle, suara, dll...) sementara pesaingnya berusaha membuat merek radio lokal dengan berbagai format radio, mengambil keuntungan dari identitas lokal pendengarnya.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]