NET. NEWS (acara televisi)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
NET. News
GenreProgram berita
Negara Indonesia
BahasaBahasa Indonesia
Produksi
LokasiBendera Indonesia The East Building, Kuningan, Kuningan Timur, Setiabudi, Jakarta Selatan, Indonesia
Durasi30 menit
Rilis
Jaringan penyiarNET.
Format visualHDTV (1080i 16:9)
Format audioDolby Digital Plus
Tayang perdanaSabtu, 18 Mei 2013
Tanggal rilisSabtu, 18 Mei 2013 –
Senin, 30 September 2019
Kronologi
Acara terkaitWarna Warni
Pranala luar
[Akun Twitter: @OfficialNETNews Akun Instagram: @officialnet.news Situs web]

NET. News adalah acara berita dari NET. Acara berita ini kini sudah tidak ditayangkan lagi. NET. News memuat materi berita baik dari dalam maupun luar negeri, ekonomi, politik, sosial dan budaya, hingga kriminal.

Mantan acara[sunting | sunting sumber]

NET. 5[sunting | sunting sumber]

NET. 5 atau NET. Pagi adalah program berita pagi yang ditayangkan oleh NET. dan dipandu oleh 2 orang penyiar berita yaitu pria dan perempuan sebagai penyiar berita utama yang berisikan berita-berita nasional dan internasional. Fokus utama pada program ini adalah segmen Citizen Journalist (Jurnalisme Warga). Bagi warga yang telah mengirimkan video beritanya ke http://netcj.co.id maka akan diberi honorarium sebagai tanda ucapan terima kasih.

Di kota-kota besar di luar Jabodetabek, acara ini digantikan dengan siaran lokal NET 5 (dan dari siaran lokal inilah siaran NET. di luar Jabodetabek dimulai).

Segmen[sunting | sunting sumber]

Umumnya acara ini dibagi menjadi segmen berita padat, berita ringan, dan berita olahraga. Dalam beberapa kali, program ini juga menampilkan segmen "Inspirasi Pagi" berisi memberi motivasi atau inspirasi dari ikon atau tokoh terkenal, "Bikin Bekal, Yuk!" berisi membuat bekal, dan "Sarapan di Mana?" berisi rekomendasi sarapan pagi.

Kini NET. 5 tidak ditayangkan lagi bersama NET. 10 dan pada tanggal 14 Desember 2018 merupakan episode terakhir sehubungan dengan kembalinya NET.TOON produksi Cartoon Network Indonesia di NET.

NET. 10[sunting | sunting sumber]

NET. 10 atau Citizen Journalist merupakan program berita yang ditayangkan di NET.. Dan NET. 10 memiliki program berita yang ringan dan padat dari dalam dan luar negeri. Fokus utama pada program ini adalah segmen Citizen Journalist (Jurnalisme Warga). Bagi warga yang telah mengirimkan video beritanya ke http://netcj.co.id maka akan diberi honorarium sebagai tanda ucapan terima kasih.

Di luar Jabodetabek, acara ini digantikan dengan siaran lokal (Lentera Indonesia dan Indonesia Bagus Daerah, menyesuaikan dengan daerah penayangan).

Kini NET. 10 tidak ditayangkan lagi bersama NET. 5 dan pada tanggal 14 Desember 2018 merupakan episode terakhir sehubungan dengan kembalinya NET.TOON produksi Cartoon Network Indonesia di NET.

NET. 12[sunting | sunting sumber]

NET. 12 atau NET. Hari Ini (sebelumnya disebut NET. Siang) merupakan program berita siang yang ditayangkan di NET. NET. 12 berisi berita-berita dari dalam dan luar negeri. Pada akhir segmen akan dihadirkan referensi kuliner yang cocok untuk referensi menu makan siang.

Sejak 2018, NET. 12 memiliki sebuah segmen berita kriminal bernama "Prahara".

Kemudian, pada tanggal 7 Juni 2019 NET. 12 dihentikan penayangannya dan digantikan oleh program "NET. NEWS" pada hari berikutnya pukul 11.00 WIB.

NET. 16[sunting | sunting sumber]

NET. 16 atau NET. Sore adalah acara berita yang ditayangkan oleh program berita NET.. Program ini mengangkat berita-berita aktual hard news dengan ulasan yang tajam dan faktual. Selain berita harian yang update, akan disajikan juga berita yang sarat inspirasi. Program ini dikemas secara formal namun santai.

Logo NET. 17, pendahulu acara berita NET. 16

Program NET. 17 diberhentikan pada tanggal 25 Januari 2015. Dan selanjutnya pada tanggal 26 Januari 2015, NET. 17 digantikan oleh program NET. 16 sesuai dengan namanya program ini tayang pada pukul 16.00 WIB. Program ini tidak jauh berbeda dari program sebelumnya yakni NET. 17 hanya saja waktu tayangnya lebih awal sehingga nama program pun diganti sesuai dengan waktu tayangnya yakni NET. 16 yang berarti tayang pada pukul 16.00 WIB.

Kemudian, pada tanggal 9 Maret 2018 program NET. 16 dihentikan penayangannya bersama dengan Entertainment News Sore untuk digantikan dengan Good Afternoon pada hari berikutnya.

NET. 24[sunting | sunting sumber]

NET. 24 atau NET. Malam adalah program berita tengah malam oleh NET. yang dibacakan oleh 2 orang penyiar berita yaitu: pria dan wanita sebagai penyiar berita utama yang berisikan berita-berita nasional dan internasional yang ditayangkan oleh NET..

Segmen[sunting | sunting sumber]

Umumnya acara ini dibagi menjadi segmen berita padat, berita ringan, dan berita olahraga. Dalam beberapa kali, program ini juga menampilkan segmen "The Profile" berisi profil seorang sosok dan "Late Night Dinner" berisi rekomendasi kuliner tengah malam.

Kini NET. 24 hadir dengan berita olahraga mulai tahun 2018 menggantikan NET. Sport yang sudah tidak tayang.

Sejak 2019, NET. 24 hadir dengan segmen baru Sex & Life.

Kemudian, pada tanggal 30 September 2019 NET. 24 dihentikan penayangannya dan akan digantikan oleh program baru.

NET. NEWS[sunting | sunting sumber]

NET. NEWS merupakan program berita siang yang ditayangkan di NET. NET. NEWS berisi berita-berita dari dalam dan luar negeri. NET. NEWS juga merupakan pengganti dari NET. 12 yang berhenti tayang pada tanggal 7 Juni 2019.

Kemudian, pada tanggal 13 Juli 2019 program NET. NEWS dihentikan penayangannya untuk digantikan dengan program IPOP dan Warna Warni pada tanggal 15 Juli 2019 (Hari Lusa).

Galeri[sunting | sunting sumber]

NET. Z[sunting | sunting sumber]

Mengantisipasi perkembangan teknologi informasi yang mengarah pada konvergensi media, NET. Z memiliki situs, www.netz.id. Semua tayangan program berita NET. News dapat dibaca lengkap dengan video streaming-nya melalui www.zulu.id.[1]

Penyiar berita[sunting | sunting sumber]

Saat Ini[sunting | sunting sumber]

Mantan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "NET Hadirkan Program Berita Baru" - netz.id, 29 Mei 2016.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]