NCC (perusahaan)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
NCC AB
Aktiebolag
Simbol sahamOMXNCC A
IndustriKonstruksi
Didirikan1988
Kantor
pusat
Solna, Stockholm, Swedia
Tokoh
kunci
CEO: Tomas Carl Georg Carlsson
ProdukPengembangan perumahan, komersial, dan infrastruktur
Pendapatan54,6 milyar SEK (2017)
Karyawan
17.762 (2016)
Situs webwww.ncc.se/en
Turning Torso di Malmo
Turning Torso di Malmo

NCC AB adalah perusahaan konstruksi terbesar kedua di wilayah Nordik dengan pendapatan tahunan (2017) mencapai 54,6 milyar SEK dan sekitar 17.762 orang pegawai.[1]

NCC mengembangkan dan membangun properti komersial, perumahan, pabrik, fasilitas umum, jalan, dan berbagai macam infrastruktur lain. NCC juga menawarkan bahan bangunan, seperti agregat dan aspal, serta menyediakan jasa pengaspalan jalan.

NCC terutama aktif mengerjakan proyek di wilayah Nordik.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sejarah NCC Construction dimulai pada tahun 1890 saat Axel Johnson, seorang pebisnis asal Swedia, mendirikan "Nordstjernan", yang berarti "Bintang Utara". Perusahaan ini kemudian menjadi salah satu perusahaan pengapalan terkemuka di Nordik.

Pada akhir tahun 1987, Nordstjernan AB mulai membeli saham Armerad Betong Vägförbättringar (ABV) yang diperdagangkan di bursa. Padahal pada saat itu Nordstjernan telah memiliki anak usaha yang bergerak di bidang konstruksi, yakni Johnson Construction Company (JCC).

Pada musim semi tahun 1988, Nordstjernan kembali membeli saham ABV, dan pada tanggal 21 Mei 1988, ABV resmi menjadi anak usaha Nordstjernan. Pada Rapat Umum Pemegang Saham ABV tanggal 8 Juni, Presiden JCC, Torsten Eriksson, resmi ditunjuk sebagai Presiden ABV.

Pada tanggal 9 Juni 1988, Presiden ABV mengirim surat untuk menginformasikan bahwa kedepannya ABV dan JCC akan digabung dan diintegrasikan.

Sebagian besar tahapan penggabungan ABV dan JCC telah selesai pada tanggal 8 September, saat 475 manajer resmi ditunjuk dan struktur grup pun resmi dibentuk. Hasil penggabungan ini kemudian diberi nama Nordic Construction Company (NCC), dan Presiden Torsten Eriksson menetapkan bahwa NCC akan berkantor pusat di bekas kantor pusat ABV di Vallgatan, Solna. Empat hari kemudian, Nordstjernan juga resmi melantai di bursa saham.

Pada tanggal 20 September 1988, Nordstjernan resmi mengakuisisi semua saham NCC dari JCC, setelah bisnis konstruksi JCC dan ABV diserahkan ke NCC.

Pasca akuisisi ini, JCC menjadi anak usaha NCC dan namanya diubah menjadi NCC Bygg AB. Walaupun NCC Group secara resmi baru terbentuk pada tanggal 1 Januari 1989, JCC dan ABV telah beroperasi di bawah satu atap dan logo sejak tanggal 15 Oktober 1988.

Area Bisnis[sunting | sunting sumber]

NCC Infrastructure[sunting | sunting sumber]

NCC membangun infrastruktur pariwisata, transportasi, energi, dan air di seantero wilayah Nordik.

NCC Housing[sunting | sunting sumber]

NCC Housing mengembangkan dan menjual perumahan di sejumlah kota di wilayah Nordik, wilayah Baltik, dan Jerman. Bisnis ini resmi beroperasi pada tanggal 1 Januari 2009, setelah sebelumnya menjadi bagian dari NCC Construction.

NCC Building Sweden[sunting | sunting sumber]

NCC mengembangkan perkantoran, fasilitas publik, properti komersial, fasilitas umum, dan perumahan berkelanjutan di Swedia.

NCC Building Nordics[sunting | sunting sumber]

NCC Building Nordics membangun perkantoran dan perumahan berkelanjutan untuk pemerintah maupun swasta di Denmark, Finlandia, dan Norwegia.

NCC Industry[sunting | sunting sumber]

NCC Industry fokus pada produksi bahan bangunan, seperti batu, aspal, bahan pondasi, serta daur ulang bahan bangunan.

NCC Property Development[sunting | sunting sumber]

NCC Property Development mengembangkan dan menjual properti komersial di sejumlah kota di kawasan Nordik dan Baltik.

Proyek terkenal[sunting | sunting sumber]

Turning Torso[sunting | sunting sumber]

Turning Torso terletak di tepi pantai dekat pusat kota Malmö. Saat pertama kali dibuka untuk umum pada musim semi tahun 2005, bangunan ini memiliki tinggi 190 meter yang terbagi menjadi 54 lantai.

Bangunan ini memiliki luas sekitar 15.000 meter persegi dan berisi 147 unit apartemen. Selain itu juga terdapat ruang perkantoran seluas 4.200 meter persegi. Fasilitas lain seperti ruang menginap, sauna, ruang olahraga, galeri observasi, ruang pesta, ruang penyimpanan anggur, dan modul perkantoran juga tersedia. Bangunan ini memiliki pendingin dan pemanas lokal yang dilengkapi dengan pengukur konsumsi individual .[2]

Museum Vasa[sunting | sunting sumber]

Setelah dibangun selama empat tahun dan 362 tahun setelah tenggelamnya Kapal Vasa, Museum Vasa resmi dibuka pada tanggal 15 Juni 1990. Museum ini kini menjadi museum paling ramai di Skandinavia. Di sekeliling kapal juga terdapat ruang pameran permanen, bioskop, pertokoan, dan restoran.

Museum ini dirancang oleh Månsson Dahlbäck Arkitektkontor dan dibangun oleh NCC. Lebih lanjut mengenai proyek ini

Kista Science Tower[sunting | sunting sumber]

Kista Science Tower di Kista, Stockholm adalah bangunan tertinggi kedua di Swedia, dengan tinggi 117,2 meter (385 ft). Bangunan ini selesai dibangun pada tahun 2003.

Jalur Öresund[sunting | sunting sumber]

Jalur Öresund sepanjang 16 kilometer adalah salah satu pencapaian infrastruktur paling penting di Skandinavia hingga saat ini. Jalur ini terdiri dari tiga seksi, yakni sebuah terowongan, sebuah jembatan, dan sebuah pulau buatan yang menghubungkan jembatan dengan terowongan di tengah Selat Öresund. Jembatan bermula dari Swedia, sementara terowongan bermula dari Denmark. NCC memimpin Øresund Tunnel Contractors, yakni konsorsium internasional yang membangun Terowongan Öresund sepanjang 3,7 kilometer. Lebih lanjut mengenai proyek ini

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "NCC Aktiebolag - Företagsinformation". www.allabolag.se. Diakses tanggal 2019-02-21. 
  2. ^ "2006 Fib Adwards for Outstanding Concrete Structures: Winners, Special Mentions and Nominees". The International Federation for Structural Concrete (fib - fédération internationale du béton)2006,p. 7.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]