Myrmelachista schumanni

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Myrmelachista schumanni
Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Animalia
Filum: Arthropoda
Kelas: Insecta
Ordo: Hymenoptera
Famili: Formicidae
Subfamili: Formicinae
Genus: Myrmelachista
Spesies: M. schumanni
Nama binomial
Myrmelachista schumanni
Emery, 1890

Myrmelachista schumanni adalah spesies semut yang dikenal sebagai pembuat "Kebun Iblis", yaitu kawasan di Hutan Amazon yang memiliki keanekaragaman hayati yang rendah dibandingkan daerah lainnya karena hanya didominasi oleh satu hingga tiga spesies pohon saja, yaitu Duroia hirsuta, Cordia nodosa, Tococa guianensis, atau Clidemia heterophylla.[1] Situasi ini diciptakan oleh semut-semut tersebut karena mereka menyuntikkan daun tumbuhan lain dengan asam format, racun yang sering diproduksi oleh semut, sehingga tumbuhan itu akan mati dalam waktu 24 jam. Dengan membunuh tumbuhan lain, semut-semut ini mendorong pertumbuhan tumbuhan yang menjadi tempat tinggalnya, khususnya D. hirsuta. Di "Kebun Iblis" terbesar yang telah ditemukan, terdapat 328 pohon di wilayah seluas 1.300 meter persegi dan kebun ini berusia sekitar 800 tahun.[2]

Spesies ini merupakan satu-satunya spesies serangga yang diketahui menggunakan asam format sebagai herbisida.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Yu, Douglas. "A Plant needs Ants like a Dog Needs Fleas: Myrmelachista schumanni Ants Gall Many Tree Species to Create Housing". The American Naturalist. Diakses tanggal 27 October 2013. 
  2. ^ Ross, Alison. "Devilish ants control the garden". BBC. Diakses tanggal 26 October 2013. 
  3. ^ Roach, John. "Ants Use Acid to Make "Gardens" in Amazon, Study Says". National Geographic. Diakses tanggal 25 October 2013. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]