Myeongjong dari Joseon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Myeongjong dari Joseon
Hangul
명종
Hanja
明宗
Alih AksaraMyeongjong
McCune–ReischauerMyŏng-jong
Nama lahir
Hangul
이환
Hanja
李峘
Alih AksaraI Hwan
McCune–ReischauerI Hwan


Myeongjong (1534–1567, bertakhta 1545–1567) merupakan raja ke-13 Dinasti Joseon, Korea. Ia merupakan putra kedua Jungjong, dan ibundanya adalah Ratu Munjeong, yang merupakan ratu ketiga Jungjong.

Ia menjadi raja pada tahun 1545 di usianya yang ke-12 diikuti dengan kematian saudara tirinya, Injong. Karena ia terlalu muda memerintah kerajaan, Ratu Munjeong memerintah negara tersebut sebagai pemangku takhta kerajaan.

Fraksi-fraksi Politik[sunting | sunting sumber]

Terdapat dua fraksi politik pada saat Myeongjong berkuasa; Yoon Besar, yang dipimpin oleh Yoon Im, yang merupakan pamandanya dari pihak ibundanya Injong,[1] dan Yoon Kecil, yang di pimpin oleh kedua pamandanya dari pihak ibundanya Myeongjong, Yoon Won-hyeong dan Yoon Wonro.[2] (Yoon Im dan Yoon Bersaudara dihitung kerabat dekat pada masa periode tersebut - kakek buyut Yoon Im adalah kakanda dari kakek buyut Yoon Bersaudara.) Yoon Besar mengambil kekuasaan pada tahun 1544, ketika Injong menggantikan Jungjong; namun mereka gagal untuk menyapu oposisi mereka, karena Ratu Munjeong melindungi fraksi Yoon Kecil dan oposisi pejabat lainnya.

Setelah kematian Injong pada tahun 1545, Yoon Kecil menggantikan Yoon Besar sebagai mayoritas di dalam istana kerajaan dan dengan brutal menyingkirkan lawan mereka di dalam Pembersihan Sastrawan Keempat Tahun 1545. Yoon Im di eksekusi, begitu pula dengan para pengikutnya.

Naiknya Yun Won-hyeong[sunting | sunting sumber]

Fraksi Yoon Kecil berlanjut menyerang oposisi mereka. Pada tahun 1546, Yoon Won-hyeong mendakwa kakandanya, Yoon Won-ro, yang di eksekusi beberapa hari kemudian bersama dengan para pengikutnya. Dengan tidak terdapatnya oposisi lain yang dapat menandinginya lagi di dalam pemerintah, Yoon Won-hyeong menjadi Menteri Interior pada tahun 1548, Wakil Perdana Menteri pada tahun 1551 dan akhirnya Perdana Menteri pada tahun 1563.

Dibalik pemerintahan Yun Won-hyeong yang kejam, Ratu Munjeong merupakan seorang administrator yang efektif, mendistribusikan bekas tanah yang tadinya dimiliki oleh para bangsawan. Namun, ia tetap memerintah meskipun raja telah berusia 20 tahun.

Kematian Ratu Munjeong[sunting | sunting sumber]

Setelah kematian Ratu Munjeong pada tahun 1565, raja memutuskan untuk memerintah kerajaan sendiri dan mengeksekusi mati pamandanya Yoon Won-hyeong bersama dengan istri keduanya[3] Jeong Nan-jeong, yang juga naik pangkat karena hubungan dekatnya dan menjadi saudara ipar kedua Ratu Munjeong.[4][5] Yun Won-hyeong membiarkan korupsi berkembang biak di dalam pemerintah; ketika kerajaan tidak stabil, pasukan Jurchen, Jepang, dan pemberontak mengamuk semau mereka dan mengancam pemerintahan itu sendiri. Pemimpin pemberontakan Im Kkeok-jeong ditahan dan di eksekusi pada tahun 1552, tetapi invasi luar berlanjut; Dinasti Joseon harus memobilisasikan kembali pasukan bersama dengan armada angkatan lautnya untuk melindungi perbatasan-perbatasan tersebut.

Kematian & Warisan[sunting | sunting sumber]

Myeongjong mencoba untuk mereformasi pamerintah setelah mendapatkan kekuasaan ke dalam tangannya sendiri dengan memanggil dan menempatkan kembali para sarjana Sarim yang dibuang ke pengasingan di dalam peristiwa pembersihan, tetapi ia meninggal dua tahun kemudian tanpa memiliki keturunan laki-laki.[6] Raja Seonjo, keponakan tirinya, menjadi ahli waris takhtanya pada tahun 1567.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

  • Ayahanda: Raja Jungjong (중종)
  • Ibunda: Ratu Munjeong dari Wangsa Papyeong Yun (문정왕후 윤씨)
  • Selir: Ratu Insun dari Wangsa Shim (인순왕후 심씨)
  • Keturunan: Pangeran Sunhoe (순회세자, 1551–1563), Putra Tunggal Ratu Insun dari Wangsa Shim

Nama Lengkap Anumertanya[sunting | sunting sumber]

  • Raja Myeongjong Gongheon Heoneui Somun Gwangsuk Gyeonghyo yang Agung Korea
  • 명종공헌헌의소문광숙경효대왕
  • 明宗恭憲獻毅昭文光肅敬孝大王

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Yoon Im is the older brother of Queen Janggyeong (Injong's mother).
  2. ^ They were Queen Munjeong's older brother.
  3. ^ Originally his concubine, Jeong Nan-jeong had the first wife, Lady Kim, poisoned to death.
  4. ^ She became a dictator; the real power behind the veil of Queen Munjeong's regency.
  5. ^ Actually, Jeong Nan-jeong committed suicide as a domino effect of misfortunes: Queen Munjeong's death, and her loss of control of the government.
  6. ^ His only son, the Crown Prince, died 4 years before his own death.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Myeongjong dari Joseon
Lahir: 1534 Meninggal: 1567
Gelar kebangsawanan
Didahului oleh:
Injong
Raja Joseon
1545–1567
bersama dengan Ratu Munjeong (1545–1565)
Diteruskan oleh:
Seonjo