Muthulakshmi Reddy

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Muthulakshmi Reddy

Muthulakshmi Reddy atau biasa dikenal Dr.Muthulakshmi, merupakan seorang pejuang gerakan sosial yang bergerak di bidang kesehatan dan kebebasan individu di India. Misinya dibuktikan dengan pembangunan Avvai Home & Orphanage, the Adyar Cancer Institute dan ia juga pernah menjadi bagian dari Dewan Legislatif India pada tahun 1927.[1] Ada begitu banyak upaya yang dilakukan oleh Muthulaksmi untuk memajukan kesehatan masyarakat dan memperjuangkan keadilan di India terutama ketika dia menjabat sebagai bagian dari pemerintahan. Namun, ketika terjadi penangkapan terhadap Mahatma Gandhi di peristiwa Salt March, Muthulaksmi mengundurkan diri dari jabatannya sebagai bentuk protes terhadap penangkapan itu. Beberapa tahun kemudian, ia menulis sebuah buku yang berjudul "My Experience as A Legislator" (1930) dan fokus pada pembangunan rumah sakit dan perjuangan hak pernikahan di India.[1]

Riwayat hidup[sunting | sunting sumber]

Muthulakshmi lahir pada 30 Juli 1886 di Pudukkottai, Tamilnadu, India. Orang tuanya, Narayanaswami Iyer dan Chandrammal, berasal dari kelas menengah di Tamilnadu. Ayahnya adalah kepala sekolah yang juga menjadi tempat Muthulakshmi menimba ilmu, yaitu Maharaja High School di Pudukkottai. Pada tahun 1907, ia kemudian menempuh pendidikan lanjut di sekolah tinggi kedokteran (Madras Medical College) di Departemen Bedah.[2]

Pada tahun 1912, Muthulakshmi menjadi ahli bedah perempuan pertama di rumah sakit bersalin milik pemerintah di Madras. Dua tahun kemudian, ia menikahi Sundara Reddy dan dikaruniai dua orang anak laki-laki di tahun-tahun selanjutnya yang diberi nama S. Krishnamurthi dan S. Rammohan.

Muthulakshmi memulai karir politiknya di tahun 1927 sebagai perempuan pertama yang menjadi bagian dari Dewan Legistatif India. Sejalan dengan masa jabatannya, ia mulai membangun panti asuhan dan rumah sakit. Avvai Home & Orphanage berhasil didirikan pada tahun 1930.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b admin (2020-02-06). "Muthulakshmi Reddy Profile and Life History of Medical Practitioner". Aptinfo.in (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-03-18. 
  2. ^ "Dr Muthulakshmi Reddy: The unsung feminist of India". India Today (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-03-18.