Muslim Saleh

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Muslim Saleh
Lahir 31 Januari 1927 (umur 91)
Bendera Belanda Pariaman, Hindia Belanda
Kebangsaan Bendera Indonesia Indonesia
Pekerjaan Pelukis

Muslim Saleh (lahir di Pariaman, Sumatera Barat, 31 Januari 1927; umur 91 tahun) adalah seorang seniman Indonesia yang berprofesi sebagai pelukis yang beraliran naturalis. Ia melakukan pameran pertamanya pada tahun 1954 yang dihadiri oleh Presiden Indonesia pada masa itu, Soekarno.[1]

Selain dikoleksi oleh Soekarno, Museum Adam Malik, serta Museum PBB, karya Muslim Saleh juga banyak dikoleksi oleh berbagai pihak di luar negeri, diantaranya di Amerika Serikat, Belanda, Jepang, Tiongkok, Kanada dan lainnya.

Muslim belajar seni rupa di INS Kayutanam pada tahun 1942 dengan guru Wakidi, yang dikenal sebagai pelukis ternama. Pada tahun 1952 Muslim Saleh hijrah ke Jakarta dan menambah ilmu seni rupanya dengan berguru pada seorang pelukis Belanda, Ernest de Schanje. Muslim Saleh dikenal sebagai salah seorang pelukis yang menggunakan teknik aquarle transparant dalam lukisan cat air.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Lembah Anai (Oil Painting)". Katalog Produk. Minangkabau, Specialist Water Colour and Oil Painting. Diakses tanggal 27 Desember 2013. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]