Museum Uang Sumatera

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Museum Uang Sumatera
Salah satu ruang koleksi uang di Museum Uang Sumatera
Peta

Museum Uang Sumatera adalah museum uang pertama yang ada di Sumatra yang diresmikan pada tanggal 2 Mei 2017 oleh Gubernur Sumatera Utara. Museum ini awalnya terletak di lantai 2 Gedung Juang 45 Sumatera Utara.[1] Kini museum ini beralih lokasi di Kantor Bupati Aceh Jaya, Aceh.[2] Museum ini didirikan oleh Saparudin Barus yang merupakan kolektor uang yang peduli dengan sejarah uang Indonesia dan memberikan edukasi pada masyarakat.

Koleksi[sunting | sunting sumber]

Koin kesultanan/kerajaan[sunting | sunting sumber]

Beberapa koleksi koin kesultanan diantaranya adalah koin Kesultanan Aceh, koin Kesultanan Deli, koin Kerajaan Batubara, koin Kesultanan Siak Sri Indrapura, koin Kerajaan Samudera Pasai, koin Kesultanan Palembang, koin Jambi, koin Kesultanan Banten, koin Kesultanan Cirebon, koin Kesultanan Demak, koin Kerajaan Mataram Syailendra, koin Majapahit, uang Kerajaan Jenggala, koin Kesultanan Sumenep, koin Kesultanan Pontianak, koin Kerajaan Maluku, koin Kerajaan Banjarmasin, koin Kesultanan Mempawa, uang Kerajaan Buton, koin Kesultanan Makassar, koin Kesultanan Gowa.[3]

Token perkebunan[sunting | sunting sumber]

Koleksi token perkebunan diantaranya adalah token perkebunan Sumatra, token perkebunan Tandjong Alam (Asahan), token perkebunan Tanah Radja, token Kisaran, token perkebunan Deli, token perkebunan Poeloe Samboe, token perkebunan Hessa (Kisaran), token pertambangan Ballarat J. R. Grundi, token NKPM Soengai Gerong, token perjudian Kepulauan Riau, token pertambangan Bangka, token pertambangan/perminyakan Palembang.

Oeang Republik Indonesia Daerah/Darurat (ORIDA)[sunting | sunting sumber]

Koleksi ORIDA diantaranya adalah bon contan Atjeh Timur, ORIDA Atjeh, ORIDA Koetaradja Atjeh, ORIDA Tapanoeli, ORIDA Pematang Siantar, ORIDA Asahan, ORIDA Tigabinanga Karo, ORIDA Nias, ORIDA Sumatera Timur, ORIDA Bukit Tinggi, cupon penukaran Djambi, ORIDA Sumatera Selatan, mandat Palembang, ORIDA Bengkulu/Bengkulen, ORIDA Lampung, ORIDA Tanjung Karang Lampung, ORIDA Banten.

Mesin cetak Oeang Republik Indonesia Tapanoeli (ORITA)[sunting | sunting sumber]

Merupakan mesin cetak uang di daerah Tapanuli tepatnya di Kota Sibolga pada masa agresi Militer Belanda II yang dipimpin oleh Residen Dr. Ferdinan Lumban Tobing untuk mencetak uang bagi keperluan perekonomian Tapanuli. Saat ini mesin tersebut ada di Museum Uang Sumatera dan masih bisa digunakan.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Times, I. D. N.; Napitupulu, Masdalena. "Ada di Medan, Museum Uang Sumatera Simpan Koleksi Uang Terlengkap". IDN Times. Diakses tanggal 2019-06-29. 
  2. ^ Admin. "Museum Uang Sumatera Di Aceh Jaya Diresmikan, Ini Arahan Pj Bupati". acehjayakab.go.id (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2024-02-21. 
  3. ^ Buklet Museum Uang Sumatera. Museum Uang Sumatera.