Museum Teknik Jerman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Douglas C-47B
Pesawat asli Douglas C-47B "Raisin Bomber" pada bagian fasad Museum Teknik Jerman.

Museum Teknik Jerman (Jerman: Deutsches Technikmuseum Berlin) yang berlokasi di Berlin, Jerman adalah museum teknik terluas di dunia yang memamerkan berbagai macam teknologi berbagai masa dan memberi penjabaran tentang hubungan bersejarah antara teknologi dengan kebudayaan manusia. Museum Teknik Jerman adalah rumah bagi banyak artefak, mulai dari teknologi industri dan transportasi pada tahun 1800-an hingga teknologi informasi dan farmasi pada tahun terkini. Selain pameran artefak, museum ini juga memiliki perpustakaan sejarah teknologi serta taman luas yang dilengkapi dengan kincir angin, kincir air, bengkel pandai besi, restoran, dan pabrik bir.

Museum ini mudah ditemukan karena fasadnya dilengkapi pesawat Douglas C-47 asli milik Amerika Serikat (“raisin bomber”) yang diletakkan pada bagian fasad gedung museum. Pesawat ini merupakan salah satu yang mengantarkan sembako ke kota Berlin Barat pada masa Blokade Berlin.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Museum für Verkehr und Technik (Museum Lalu Lintas dan Teknologi) didirikan pada tahun 1982 di area yang kini menjadi lokasi stasiun kereta Hamburger Bahnhof. Nama museum kemudian diubah menjadi Deutsches Technikmuseum (Museum Teknik Jerman) pada tahun 1996 dan lokasi berpindah ke Kreuzberg, Berlin hingga sekarang.

Koleksi[sunting | sunting sumber]

Koleksi pameran tetap Museum Teknik Jerman terdiri dari sektor teknologi industri, transportasi, media komunikasi, komputasi dan jaringan, serta kimia dan farmasi. Karena demikian banyaknya koleksi yang ada, untuk melihat semua koleksi dibutuhkan lebih dari satu hari.

Di antara koleksi populernya adalah artefak asli kereta api uap lokomotif yang dapat dilihat hingga detail interiornya. Pengunjung dapat melihat bagaimana mewahnya gerbong kereta Kelas Satu pada zaman dahulu. Area bawah kereta juga cukup luas sehingga pengunjung dapat memeriksa bagian bawah kereta api kuno tersebut. Selain itu, di area transportasi udara juga terdapat pesawat di area balkon luar ruangan dimana pengunjung dapat melihat kota Berlin. Konrad Zuse Hall yang memamerkan teknologi komputasi juga menjadi favorit bagi mereka yang ingin mepelejarai sejarah teknologi komputasi lebih jauh.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Space Review: Raketen in Berlin". www.thespacereview.com. Diakses tanggal 2017-10-03.