Museum Seni dan Sains (Daytona Beach)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Museum of Arts and Sciences
Peta
Lokasi352 South Nova Road
Daytona Beach, Florida
Koordinat29°11′30″N 81°02′14″W / 29.191757°N 81.037216°W / 29.191757; -81.037216
JenisSeni, Sains, Sejarah
DirekturAndrew Sandall
KuratorRuth Grim
Akses transportasi umumRoute 7, VOTRAN
Situs webwww.moas.org

Museum Seni dan Ilmu Pengetahuan, sering disebut sebagai MOAS, adalah sebuah museum di Pantai Daytona, Florida, Amerika Serikat. Museum ini merupakan anggota Aliansi Museum Amerika dan afiliasi dari Institusi Smithsonian. Museum ini adalah rumah bagi lebih dari 30.000 objek, menjadikannya sebagai salah satu museum terbesar di Florida tengah.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Museum Seni & Sains ini merupakan lembaga pendidikan nirlaba yang didirikan pada tahun 1955 dan disewa oleh Negara Bagian Florida pada tahun 1962. Museum ini diakreditasi oleh Asosiasi Museum Amerika dan merupakan afiliasi dari Institusi Smithsonian . Program-programnya disponsori sebagian oleh Negara Bagian Florida, Departemen Negara Bagian, Divisi Urusan Budaya, Dewan Seni Florida, Pendanaan Nasional untuk Seni dan Wilayah Volusia.[1]

Pada tahun 1977, sejarawan seni Gary Russell Libby dipekerjakan sebagai Direktur Eksekutif Museum Seni dan Sains yang diakreditasi oleh Aliansi Museum Amerika dan Afiliasi Smithsonian di bawah kepemimpinan Libby. Museum ini berkembang dari satu lokasi seluas 7.000 kaki persegi ke 120.000 kaki persegi dengan tiga lokasi berbeda. Selama menjabat sebagai direktur, Libby mengatur dan memimpin program perjalanan museum internasional pertama di Florida. Program tahunan ini memperkenalkan kekayaan budaya di Meksiko, Amerika Tengah, Amerika Selatan, Eropa, Skandinavia, Afrika Utara dan Khatulistiwa, Timur Tengah, Asia dan Australia kepada ribuan penduduk Florida tengah yang menghadiri ekspedisi pendidikan dan budaya yang ditafsirkan ini. Pada masa pensiunnya tahun 2002, Wali Amanat Museum Seni dan Sains menamai Libby sebagai Direktur Emeritus pertama dan menamai Lobi Museum sebagai "Jalan Masuk Gary R. Libby."

Museum Sayap Barat yang baru dibangun dibuka pada tanggal 30 Oktober 2015. Sayap MOAS yang luas ini adalah rumah bagi Museum Yayasan Kuba, Pusat Seni Grafis Karshan, Galeri Gillespy yang menampilkan artefak Afrika, Galeri Marzullo yang menampilkan persenjataan dari seluruh dunia dan Prasejarah Galeri Florida. Sayap Barat pada awalnya dibangun di atas kemiringan properti dan terendam banjir pada bulan Mei 2009 karena hujan lebat. Museum ini kemudian memperoleh dana FEMA yang sebagian dicocokkan oleh Hibah ECHO Wilayah Volusia dan dana dari Museum untuk rekonstruksi.[1]

Pameran[sunting | sunting sumber]

Beberapa pameran terkenal meliputi:

  • Kerangka tanah kungkang raksasa paling lengkap di Amerika Utara bertempat di sebuah galeri fosil Florida
  • Pameran permanen terbesar seni Kuba di luar Kuba
  • Koleksi seumur hidup pengusaha Coca-Cola, Chapman Root ( The Root Glass Company ), termasuk dua kereta pribadi (Keduanya adalah Skytop Lounge, 'Dell Rapids', dan Observation Dome, 'Silver Holly'.), koleksi memorabilia Coca-Cola yang terbesar kedua di dunia (menampilkan cetakan asli dan paten asli untuk botolnya), mobil balap Indy, boneka beruang dan kerajinan kain perca.
  • Meskipun sekitar setengah dari pameran bersifat permanen, ada pula banyak pameran yang diganti setiap beberapa bulan.
  • Koleksi seni dekoratif internasional dan perabot dan seni Amerika Awal.
  • Galeri seni Tiongkok
  • Penyimpanan yang terlihat
  • Museum Seni Cici dan Hyatt Brown yang berisi koleksi seni Florida terbesar di dunia.

Museum ini juga memiliki auditorium dan planetarium sendiri .

Museum Anak Charles dan Linda William[sunting | sunting sumber]

MOAS membuka pusat sains pertama di daerah tersebut pada tanggal 21 November 2008.[2] Museum Anak Charles dan Linda William menampilkan pameran sains langsung di sebuah fasilitas canggih seluas 9000-kaki-persegi (840 m2). Museum Anak adalah rumah bagi pameran interaktif yang menunjukkan berbagai prinsip sains, termasuk sebuah jalur balap di mana anak-anak dapat membangun kendaraan mereka sendiri, pameran dokter dan ahli radiologi, peluncur bola tenis, mikroskop cahaya video, ruang pizza fantasi dan banyak lagi.

Tempat Berjudi[sunting | sunting sumber]

Pameran MOAS lain di luar lokasi ini adalah Gamble Place. Terletak di antara Cagar Alam Spruce Creek, properti ini memiliki lingkungan alami yang kaya di Florida dan masa lalu bersejarah yang unik yang diceritakan oleh tiga museum rumah bersejarah di properti ini. Gamble Place telah dikembangkan dan diperbaiki oleh Museum Seni & Sains bekerja sama dengan Nature Conservancy dan Kota Port Orange. Sekarang menjadi taman seluas 175-ekar (0,71 km2) dengan jalur yang mencakup lima ekosistem yang berbeda dan merupakan rumah bagi banyak spesies yang terancam punah.

Kompleks Pendidikan Lingkungan Klancke[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2005, MOAS membuka Kompleks Pendidikan Lingkungan Kim A. Klancke, MD & Marsha L. Klancke di Cagar Alam Tuscawilla, sebuah cagar alam seluas 90-ekar (360.000 m2) di tengah-tengah Pantai Daytona yang mencakup jalan setapak dan jalur alam sepanjang lebih dari 1/2 mil. Cagar alam ini melindungi hamparan tanah hydric pantai Florida yang masih asli, dan merupakan habitat bagi spesies flora dan fauna yang terancam punah. Saat ini Cagar Alam Tuscawilla ditutup karena kerusakan yang disebabkan oleh Badai Irma pada bulan September 2017.

Planetarium[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2014, Museum membuka planetarium canggih yang baru. Lengkap dengan 94 kursi berbaring, pengalaman mendalam 360 derajat di sekeliling Anda yang dihasilkan dari proyektor OmniStar ™ yang dilengkapi dengan lensa mata ikan, yang mampu menampilkan konten HD yang semarak dan berwarna-warni di seluruh kubah hemispherical seluas 40 kaki. Ditambah dengan sistem audio bertenaga yang mengelilingi penonton, planetarium membantu pengunjung merasa seperti mereka benar-benar bepergian melalui ruang atau mengunjungi dunia yang jauh nan eksotis. Pusat kekuatan planetarium ini berasal dari perangkat lunaknya, Uniview ™, yang menyediakan perspektif tiga dimensi dari alam semesta yang dapat diamati - memungkinkan Museum untuk menavigasi medan bintang dari tempat mana pun di Bumi, terbang ke Stasiun Luar Angkasa Internasional di orbit rendah Bumi, lewati cincin Saturnus, dan jelajahi galaksi yang miliaran tahun cahaya jauhnya.

Museum Seni Cici dan Hyatt Brown[sunting | sunting sumber]

Pada 2015, Museum membuka Museum Seni Cici dan Hyatt Brown yang inovatif, rumah bagi koleksi seni Florida terbesar di dunia. Koleksi sekitar 2.600 lukisan minyak dan cat air bertema Florida akan dipajang di seluruh pameran secara bergantian. Galeri grand central Museum dan mezzanine memamerkan koleksi aslinya, sementara enam galeri yang lebih kecil menampilkan pameran-pameran indah yang berubah-ubah dengan tema Florida. Sebuah toko suvenir dan kafe menambah pengalaman Museum Brown dan menjadikan kunjungan satu hari yang sempurna ke kampus MOAS. Juga tersedia ruang konferensi untuk rapat dan presentasi yang disewakan untuk umum.

Sayap Barat[sunting | sunting sumber]

Pada musim gugur tahun 2015, Museum ini membuka Sayap Barat barunya. Pembukaan Sayap Barat ini menandai selesainya fase terakhir dalam proyeksi konstruksi multi-fase. Planetarium baru, yang dibuka pada bulan Agustus 2014, juga merupakan bagian dari proyek Sayap Barat. Sayap Barat ini pada awalnya dibangun dalam kemiringan pada properti MOAS menyebabkannya lebih rendah daripada penambahan lain yang ditambahkan pada tahun-tahun berikutnya. Pada tanggal 19 Mei 2009, hujan lebat mengakibatkan empat hingga enam inci air membanjiri Museum Sayap Barat seluas 20.000 kaki persegi. Staf museum berhasil memindahkan benda seni dan artefak pada tanda-tanda awal kebanjiran. Ruang itu tidak dapat digunakan karena kerusakan yang disebabkan oleh curah hujan terus menerus selama berhari-hari. Beberapa galeri termasuk Planetarium lama dapat diperbaiki dan memungkinkan untuk dibuka kembali untuk pengunjung. Namun, rumah kerangka Giant Ground Sloth sebelumnya tetap ditutup.

Pada tanggal 27 Agustus 2009, Divisi Manajemen Darurat Negara Bagian Florida mengeluarkan laporan resmi dengan rekomendasi utama untuk pembongkaran dengan rekonstruksi pada ketinggian di atas tingkat bangunan saat ini untuk mencegah masalah banjir di masa depan. Dengan bantuan dari anggota Kongres John Mica, Museum dapat memperoleh dana FEMA untuk memungkinkan rekonstruksi.

Sayap Barat telah sepenuhnya ditata kembali dengan nuansa kontemporer yang nyata. Sayap Barat yang lama terbuat dari kontainer-kontainer berbentuk segi enam. Desain baru sangat tegas dan memungkinkan pengunjung melihat ke sekelilingnya dengan jelas. Sayap adalah rumah bagi enam galeri unik, termasuk aula utama; Pusat Seni Grafis Karshan; Museum Kuba yang menampilkan koleksi lukisan Kuba yang paling penting di Amerika Serikat; Galeri Elaine dan Thurman Gillespy Jr. yang menampilkan banyak koleksi artefak Afrika Sub-Sahara; Galeri Mary Louise Marzullo yang memajang banyak koleksi senjata dari seluruh dunia; dan Galeri Prasejarah Florida yang menampilkan kerangka kungkung raksasa Florida dan spesimen sejarah alam lainnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "MOAS: General Information". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-09-27. Diakses tanggal 2007-08-29. 
  2. ^ http://moas.org/children%27s%20museum.html Diarsipkan 2016-06-29 di Wayback Machine. Children's Museum

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

29°11′30.32″N 81°2′13.97″W / 29.1917556°N 81.0372139°W / 29.1917556; -81.0372139