Museum Pitt Rivers

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Museum Pitt Rivers
Bagian dalam Museum Pitt Rivers
Museum Pitt Rivers di Oxford
Museum Pitt Rivers
Museum Pitt Rivers
Didirikan1884
LokasiParks Road, Oxford, Inggris
JenisMuseum Universitas mengenai arkeologi dan antropologi
Situs webMuseum Pitt Rivers

Museum Pitt Rivers merupakan museum yang memamerkan koleksi arkeologi dan antropologi milik Universitas Oxford di Oxford, Inggris.[1] Museum ini terletak di bagian timur Museum Sejarah Alam Universitas Oxford, dan hanya dapat diakses melalui bangunan tersebut.

Museum ini didirikan pada tahun 1884 oleh Letnan Jenderal Augustus Pitt Rivers, yang mendonasikan koleksi miliknya kepada Universitas Oxforrd dengan syarat harus ada pengajar permanen pada departemen antropologi. Hingga saat ini, staff museum terlibat dalam pengajaran arkeologi dan antropologi di universitas. Kurator pertama dari museum ini adalah Henry Balfour.

Donasi awal yang diberikan kepada museum ini berjumlah 22.000 benda;[2] pada saat ini, jumlahnya telah berkembang menjadi 500.000 buah, dimana kebanyakan disumbangkan oleh penjelajah, peneliti dan misionaris.

Koleksi museum diatur secara tematis, berdasarkan bagaimana benda tersebut digunakan, bukan berdasarkan umur atau asal benda. Hal ini berdasarkan ide dari Pitt Rivers sendiri yang menginginkan koleksi museum tersebut menunjukkan perkembangan desain dan evolusi dalam kebudayaan manusia dari yang sederhana menuju yang kompleks. Walaupun hal ini sudah tidak berlaku lagi dalam dunia arkeologi dan antropologi, namun museum Pitt Rivers masih mempertahankan cara pengorganisasian display yang lama.

Museum ini memiliki tingkat kepadatan benda pajangan yang sangat tinggi, sehingga membuat pajangannya diganti secara periodis.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

  • Baumgarten, Lothar. Unsettled Objects. Edition of Guggenheim Magazine published in conjunction with the exhibition AMERICA Invention. New York: Solomon R. Guggenheim Museum, 1993. (Contains photographic documention of the Pitt Rivers' collection and essays on ethnographic collecting)
  • Chapman, William Ryan. “Arranging Ethnology: A. H. L. F. Pitt Rivers and the Typological Tradition.” In Objects and Others: Essays on Museums and Material Culture. Edited by George W. Stocking, Jr. Madison: University of Wisconsin Press, 1985.
  • Cranstone, B.A.L. and Steven Seidenberg. The General’s Gift: A Celebration of the Pitt Rivers Museum Centenary, 1884–1984. Oxford: JASO, 1984.
  • Hicks, Dan and Alice Stevenson (eds) 2013. World Archaeology at the Pitt Rivers Museum: a characterization. Oxford: Archaeopress. World Archaeology at the Pitt Rivers Museum

Pranala luar[sunting | sunting sumber]