Museum Pangeran Cakrabuwana

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Halaman depan Museum Pangeran Cakrabuwana

Museum Pangeran Cakrabuwana adalah museum khusus yang mengoleksi benda budaya dan kesenian di Cirebon. Pembangunan museum dilakukan pada tahun 2014 oleh Pemerintah Kabupaten Cirebon. Peresmiannya dilakukan oleh Bupati Cirebon pada tanggal 2 April 2014. Koleksi benda-benda yang berada di dalam museum berasal dari kolektor dan koleksi pemerintah. Kepemilikan museum diserahkan kepada pemerintah Kabupaten Cirebon. Pengelolaannya menjadi tanggung jawab dari Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Cirebon. Jenis koleksi yang umum ialah wayang kulit, wayang golek, kain batik, tiruan perahu khas Cirebon, kendi, topeng dan pakaian adat khas Cirebon, serta koleksi naskah-naskah kuno Cirebon. Museum ini beralamat di Jalan Kompleks Perkantoran Pemerintah Daerah, Sumber, Sumber, Cirebon, Jawa Barat. Titik koordinatnya adalah 6°45’45.4” Lintang Selatan dan 108°28’39.5” Bujur Timur. Museum ini dapat dicapai dari Stasiun Cirebon Prujakan sejauh 16 km atau dari Stasiun Cirebon sejauh 14 km. Selain itu, museum dapat dicapai dari Terminal Sumber sejauh 1 km atau dari Terminal Cirebon sejauh 10 km.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Rusmiyati, dkk. (2018). Katalog Museum Indonesia Jilid I (PDF). Jakarta: Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman. hlm. 350. ISBN 978-979-8250-66-8. 

2. Aplikasi Android Augmented Reality Museum Cakrabuwana, AR Cakrabuwana , akses data dan informasi Museum Cakrabuwana Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.