Museum Nusantara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Museum Nusantara

Museum Nusantara adalah sebuah museum dengan skala kecil tentang Indonesia atau Hindia Belanda yang terletak di Sint Agathaplein 4 di Delft, Belanda.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Museum ini dibuka pada tahun 1911 dengan nama Museum Etnografi di Biara Saint Agatha. Setelah renovasi menyeluruh, museum dibuka kembali pada Juni 1977 dan berganti nama menjadi Museum Nusantara. Nusantara adalah istilah Melayu untuk Indonesia. Sebelum usianya yang keseratus tahun 2011, museum ini kembali direnovasi. Ini adalah satu-satunya museum di Belanda yang sepenuhnya dikhususkan untuk seni dan budaya Indonesia. Kurang dari dua tahun kemudian, dewan kota Delft menutup museum sebagai tindakan pemotongan biaya.[1][2][3][4] Museum ini tutup pada 6 Januari 2013. Beberapa koleksinya sudah dikembalikan ke Indonesia, tepatnya ke Museum Nasional di Jakarta.[5]

Koleksi[sunting | sunting sumber]

Koleksinya terdiri dari seni dan peralatan dari Indonesia. Koleksinya terdiri dari benda-benda milik Indische Instelling, sebuah sekolah yang didirikan pada tahun 1864 untuk melatih pegawai negeri kolonial, yang ditutup pada tahun 1901. Koleksi tersebut memberikan gambaran tentang sejarah dan budaya berbagai kelompok penduduk dan budaya yang dimiliki Indonesia. Museum juga menggunakan koleksi tersebut untuk memberikan gambaran tentang hubungan yang terjalin antara Belanda dan Indonesia selama lebih dari 400 tahun. Pada tahun 1595 armada Belanda pertama berangkat ke Hindia Timur. Tujuannya adalah perdagangan. Perdagangan yang meningkat pesat dan prospek keuntungan lebih lanjut menyebabkan berdirinya Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC) pada tahun 1602.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Gevonden in Delpher - De Tijd : godsdienstig-staatkundig dagblad". www.delpher.nl (dalam bahasa Belanda). Diakses tanggal 2022-10-28. 
  2. ^ "Gevonden in Delpher - Het Parool". www.delpher.nl (dalam bahasa Belanda). Diakses tanggal 2022-10-28. 
  3. ^ "Geschiedenis". Herbestemming collectie Museum Nusantara (dalam bahasa Belanda). Diakses tanggal 2022-10-28. 
  4. ^ "Museum Nusantara gaat na grondige renovatie weer open". www.delftopzondag.nl (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-10-28. 
  5. ^ Mediana (2021-01-12). "Pemulangan Artefak-artefak Bersejarah dari Luar Negeri Dilanjutkan Kembali". Kompas.id. Diakses tanggal 2022-10-28.