Museum Nasional Hutsulshchyna dan Seni Rakyat Pokuttia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


The main museum building.
Bangunan museum utama.

Museum Nasional Hutsulshchyna dan Seni Rakyat Pokuttia Yosafat Kobrynskyi (Ukraina: Національний Музей Народного Мистецтва Гуцульщини та Покуття імені Йосафата Кобринського Національний Музей Народного Мистецтва Гуцульщини та Покуття імені) adalah museum di Kolomyia, Ukraina dengan koleksi lebih dari 50.000 objek yang mendokumentasikan sejarah dan budaya rakyat dari wilayah Hutsulshchyna dan Pokuttia .

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Museum ini didirikan pada 1926 dan dibuka untuk umum pada akhir tahun 1934. Museum ini terletak di bekas gedung Rumah Rakyat di pusat kota. Museum ini dinamai demikian untuk menghormati Yosafat Kobrynskyi (1818–1901). Pada tahun 1945, msueum ini diberikan nama Museum Negara Seni Rakyat Hutsulshchyna. Saat ini, museum memiliki tiga cabang:

Koleksi utama diisi dengan benda-benda dari desa Hutsul dan Pokuttian seperti: ubin tungku hias, alat musik, alat kayu berukir, mebel, pakaian adat, sulaman khas Hutsul,[2] anyaman hiasan dinding dan koleksi kapak tradisional Hutsul.[3]

Dalam sejarah Kolomyia, sudah ada beberapa upaya untuk membuat museum daerah. Pertama pada 1892 dimana seorang kolektor pribadi dan arkeolog amatir Edmund Starzeński (1845–1900) mendirikan museum pribadi di Wilayah Pokuttia. Museum tersebut fokus mengoleksi "barang antik" yang berarti artefak arkeologi, tetapi juga ada koleksi benda-benda alam serta benda-benda etnografi. Museum ini terletak di vilanya dan terbagi menjadi dua bagian: perpustakaan dan museum. Sekitar tahun 1900 ia memberikan koleksinya kepada putranya dan pada tahun 1909 sebagian koleksi tersebut diberikan kepada Museum Nasional di Cracow.[4]

Museum Wilayah Pokuttia dihidupkan kembali pada Juni 1913, ketika Bronisława Starzeńska, setelah kematian suami dan putranya, memberikan sisa koleksi keluarganya ke Sekolah Perhimpunan Komunitas dan museum dibuka untuk umum di ruangan Rumah Rakyat. Kepala museum saat itu adalah Antoni Sidorowicz, yang mengumpulkan sekitar 755 benda etnografi dan bersejarah bersama dengan beberapa ratus koin yang tidak bertahan lama. Dalam tahun-tahun berikutnya, museum ini hancur karena Perang Dunia I (pertama pada 1914 dan kemudian pada 1917). Menurut laporan, sejak saat itu tidak ada bukti apapun yang disimpan dari koleksi tersebut.[5]

Galeri (benda-benda dari museum)[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Retrospective View | National Museum of Hutsulshchyna and Pokuttya Folk Art | Kolomyya IF Ukraine". hutsul.museum. Diakses tanggal 2017-10-29. 
  2. ^ Yaroslava, Tkachuk (2010). Nykorak, Olena, ed. The embroidery collection of the Y. Kobrynskyi National Museum of Folk Art, in: Hutsul Embroidery: From the Collection of the Kobrynsky National Museum of Folk Art, Kolomyia, Ukraine. Rodovid. hlm. 42–58. ISBN 978-966-7845-54-4. 
  3. ^ UkrainePerlu mendaftar (gratis). Lonely Planet Publications Pty Ltd. 2011. hlm. 125. ISBN 978-1-74179-328-4. 
  4. ^ Bodzek, Jarosław (1995). "Ancient Greek coins from the collection of Edmund Starzeński". Studies in Ancient Art and Civilization. Cracow. 7: 79–80. 
  5. ^ Janusz, B. (30 August 1917). "Zniszczenie "Muzeum Pokuckiego" w Kołomyi" [The destruction of The Pokutia Museum in Kolomyia]. Gazeta Lwowska. Lviv. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]