Museum Nasional Bosnia dan Herzegovina

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Museum Nasional Bosnia dan Herzegovina
National Museum of BiH Aerial.JPG
Didirikan1888 (dipikirkan tahun 1850)
LokasiUlica Zmaja od Bosne 3
Situs webwww.zemaljskimuzej.ba

Museum Nasional Bosnia dan Herzegovina (bahasa Bosnia, Kroasia dan Serbia: Zemaljski Muzej Bosne i Hercegovine / Земаљски музеј Босне и Херцеговине) adalah sebuah museum yang terletak di pusat kota Sarajevo, ibu kota Bosnia dan Herzegovina.

Museum ini didirikan pada tahun 1888 walaupun gagasan mengenai pendirian museum ini sudah dicetuskan dari masa kekuasaan Kesultanan Utsmaniyah tahun 1850. Pada tahun 1913, bangunan museum ini diperluas dengan mengikuti rancangan arsitek Ceko Karel Pařík yang merancang struktur empat paviliun simetris dengan tampak depan yang bergaya Kebangkitan Renaisans. Empat pavilion ini ditempati oleh departemen arkeologi, etnologi, sejarah alam, dan sebuah perpustakaan. Setelah sempat ditutup selama beberapa tahun akibat kerusakan yang dipicu oleh Perang Bosnia, museum ini kini dibuka kembali untuk umum.

Di museum ini terdapat institusi budaya dan ilmiah yang berfokus pada berbagai bidang ilmu, seperti arkeologi, sejarah seni, etnologi, geografi, sejarah, dan sejarah alam. Haggadah Sarajevo, yaitu sebuah naskah beriluminasi yang juga dikenal sebagai dokumen Yahudi Sefardi tertua di dunia yang dikeluarkan di Barcelona sekitar tahun 1350, disimpan di museum ini.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]