Museum Amuse

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Museum Budaya Tekstil dan Seni Rupa Ukiyo-e – Museum Amuse
「布文化と浮世絵の美術館」アミューズミュージアム
Pemandangan depan museum
Amuse Museum di Jepang
Amuse Museum
Amuse Museum
Letak Museum Amuse di Jepang
Didirikan01 November 2009 (2009-11-01)
LokasiAsakusa, Tokyo, Jepang
JenisMuseum seni rupa
Koleksi pentingMiracle Textile Art "Boro"
KuratorKiyoshi Tatsumi
PemilikAmuse, Inc.
Situs webSitus resmi (Situs berbahasa Inggris)

Museum Budaya Tekstil dan Seni Rupa Ukiyo-e – Museum Amuse (「布文化と浮世絵の美術館」アミューズミュージアム, Nuno Bunka to Ukiyoe no Bijutsukan Amyūzu Myūjiamu), atau disingkat Museum Amuse, adalah sebuah museum swasta yang mengkhususkan diri dalam budaya tekstil Jepang dan ukiyo-e. Museum tersebut dibuka pada 1 November 2009 di Asakusa, Tokyo, tak jauh dari Taman Ueno, dimana berbagai museum lainnya bertempat.

Museum tersebut menyimpan kumpulan busana sehari-hari dan tekstil lainnya dari koleksi pribadi folkloris Chūzaburō Tanaka. Meskipun hanya terdapat sekitar 1500 benda yang disimpan selama beberapa waktu, museum tersebut merotasikan setiap koleksi tersebut setiap beberapa bulan.

Agensi bakat dan hiburan Amuse adalah pemilik dari museum tersebut.

Informasi umum[sunting | sunting sumber]

Museum Amuse didirikan pada 1 November 2009 sebagai sebuah museum swasta budaya tekstil Jepang dan ukiyo-e di distrik Asakusa, wilayah istimewa Taitō, Tokyo, Jepang. Museum tersebut terletak tepat di sebelah timur Sensō-ji. Museum tersebut dioperasikan dan dimiliki oleh agensi bakat dan hiburan Amuse. Konsep dari kurasi museum tersebut, Don't be wasteful (もったいない, Mottainai, artinya "Wasteful"), berdasarkan pada lingkungan hidup dan aktivisme sosial dari pemenang Penghargaan Perdamaian Nobel Wangari Maathai.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "アミューズ ミュージアムのコンセプト" (dalam bahasa Jepang). Museum Amuse. 29 Oktober 2009. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-05-28. Diakses tanggal 28 Mei 2015. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]