Museum Ali Hasjmy

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Museum Ali Hasyimi)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Museum Ali Hasjmy atau Museum Ali Hasyimy adalah museum yang belokasi di Banda Aceh, tepatnya di Jalan Sudirman nomor 28 lebih tepatnya berada di komplek Universitas Islam Negeri Ar-Raniry. Museum ini diresmikan pada 15 Januari 1991 oleh Menteri Kependudukan dan Lingkungan Hidup, Emil Salim.[1]

Ruangan dan koleksi[sunting | sunting sumber]

Museum Ali Hasjmy terbagi dalam empat ruangan:

  • Khutubkhanah Tgk Chik Kutakarang yang berisi kitab-kitab dan buku dari berbagai disiplin ilmu baik agama, sastra dan sejarah, termasuk buku-buku dari awal abad ke 20.
  • Selanjutnya adalah ruangan Warisan Budaya Nenek Puteh yang berisikan benda budaya dari Aceh seperti pakaian adat Aceh, benda-benda keramik masa silam dan juga senjata-senjata khas Aceh. Di ruangan tersebut juga ada pedang milik Habib Mustafa, pahlawan Aceh yang meninggal saat melawan Belanda di Bakongan, Aceh Selatan, tahun 1926.
  • Khasanah Ali Hasyimy yang memperkenalkan sosok beliau sepanjang hidupnya. Di sana tersimpan rapi dokumen-dokumen pribadi semasa sekolah maupun saat menjadi gubernur dan Menteri Dalam Negeri Indonesia (1964 – 1966).
  • Ruangan yang terakhir adalah Tekonologi Tradisonal Aceh yang menyimpan hasil produksi kerajinan rakyat Aceh.

Rujukan[sunting | sunting sumber]


  1. ^ "Museum Ali Hasyimy Aceh". Informasi Situs Budaya Indonesia. 2018-02-06. Diakses tanggal 2019-03-14.