Museum Adam Malik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Museum Adam Malik adalah museum yang terletak di jalan Diponegoro 29, Jakarta Pusat. Bangunan berlantai dua tersebut adalah bekas kediaman wakil Presiden Indonesia yang pertama yaitu Bapak Adam Malik. Bangunan yang di dirikan tanggal 5 September 1985 di resmikan oleh Ibu Tien Soeharto yang saat itu menjabat sebagai Ibu Kepala Negara RI. Bangunan yang terlihat kokoh itu di kelilingi halaman seluas 50 meter dan lebar 20 meter. Di sudut pojoknya terdapat Pos Penjaga yang bertugas secara bergiliran untuk menjaga bangunan museum tersebut.

Sebelum masuk ke dalam museum, di wajibkan membeli tiket seharga 1000 rupiah bagi pengunjung dewasa dan 500 rupiah bagi pengunjung anak-anak. Harga yang tergolong sangat murah pada jaman itu.

Memasuki areal museum, kita akan di hadapkan pada peninggalan-peninggalan sejarah di abad ke VII hingga abad ke XIV bahkan adapula yang berasal dari abad ke - 8 Masehi.

Patung dewa-dewa pada jaman prasejarah turut menyemarakkan koleksi khas museum Adam Malik. Prasasti dengan tulisan huruf pallawa, hingga peninggalan kerajaan di jaman abad ke-14.[1]

Ditengah ruangan, yang dulunya merupakan balairung tempat menerima tamu, di isi dengan koleksi peninggalan bersejarah lainya.

Namun saat ini bangunan museum tersebut sudah tidak berfungsi sebagai museum lagi karena sudah di alih fungsikan sebagai bangunan lain.


Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Adam Malik, Museum". encyclopedia.jakarta-tourism.go.id. Diakses tanggal 2019-09-08.