Muscogee

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Muscogee (Creek)
Muscogee.jpg
Orang Muscogee
Daerah dengan populasi signifikan
Amerika Serikat Amerika Serikat ( Alabama,  Louisiana,
 Oklahoma,  Texas)
Bahasa
Inggris, Muskogee
Agama
Protestantisme, Four Mothers Society, lainnya
Etnis terkait
Alabama, Koasati, Miccosukee, Chickasaw, Choctaw, dan Seminole

Muscogee (atau Muskogee), juga dikenal dengan sebutan Creek, adalah penduduk asli Amerika Serikat. Tempat tinggal tradisional mereka terletak di Amerika Serikat tenggara.[1] Saat ini sebagian besar suku Muscogee tinggal di Oklahoma, Alabama, Georgia, dan Florida.[2] Mereka menuturkan Bahasa Muskogee, yang tergolong dalam rumpun bahasa Muskogean.

Muscogee merupakan keturunan budaya Mississippi, yang merupakan pembangun gundukan di lembah Sungai Mississippi dan anak sungainya. Sejarawan William Williams dan lainnya berkeyakinan bahwa penjelajah Spanyol pernah bertemu dengan nenek moyang Muscogee ketiga mengunjungi situs budaya Mississippi di tenggara pada pertengahan abad ke-16.[3]

Muscogee adalah penduduk asli Amerika pertama yang dianggap "beradab" oleh rencana pemberadaban George Washington. Pada abad ke-19, Muscogee dikenal sebagai salah satu "Lima Suku Beradab" karena mereka telah menerapkan berbagai budaya dan teknologi bangsa Eropa. Karena terpengaruh oleh interpretasi spiritual akan komet 1811 dan gempa bumi, dengan dukungan Tecumseh (pemimpin suku Shawnee) Muscogee Hulu mulai melawan Amerika Serikat. Akibat adanya pembagian internal dengan Muscogee Hilir, perang saudara Muscogee meletus pada tahun 1813.

Selama pemindahan Indian pada tahun 1830-an, sebagian besar suku Muscogee dipaksa pindah ke Teritori Indian di Oklahoma. Kini, Bangsa Muscogee (Creek), Kota Kesukuan Alabama-Quassarte, Kota Kesukuan Kialegee, dan Kota Kesukuan Thlopthlocco di Oklahoma, serta Gerombolan Poarch Indian Creek di Alabama, Suku Coushatta Louisiana, dan Suku Alabama-Coushatta Texas diakui sebagai suku dalam tingkatan federal.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Transcribed documents Diarsipkan 2012-02-13 di Wayback Machine. Sequoyah Research Center and the American Native Press Archives
  2. ^ "The Muscogee (Creek) Nation – Legends of America". www.legendsofamerica.com. Diakses tanggal 2020-09-30. 
  3. ^ Walter, Williams (1979). "Southeastern Indians before Removal, Prehistory, Contact, Decline". Southeastern Indians: Since the Removal Era. Athens, Georgia: University of Georgia Press. hlm. 7–10. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]