Musa Hitam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Tun Musa bin Hitam (lahir 18 April 1934) menerima gelar sarjana mudanya dari Universitas Malaya dan gelar sarjana dari Universitas Sussex. Ia telah dianugerahi berbagai macam penghargaan, termasuk gelar dokter kehormatan dari Universitas Sussex. Tan Sri Musa telah memegang berbagai kedudukan di tingkat internasional pada berbagai waktu. Termasuk menjadi Ketua Asosiasi Parlemen Persemakmuran, Anggota Dewan UNESCO, Ketua Delegasi Peninjau Persemakmuran pada Pemilu Malawi dan Anggota Delegasi Menteri Persemakmuran untuk Nigeria, Pakistan, Fiji dan Gambia.

Sebelum menjadi Wakil Perdana Menteri kelima Malaysia dan Menteri Dalam Negeri pada 1981-1986, Tan Sri Musa memegang sejumlah kedudukan penting pemerintahan, termasuk Ketua Otoritas Pengembangan Tanah Federal (FELDA), Wakil Menteri Perdagangan dan Industri, Menteri Perindustrian Dasar (1974-1978) dan Menteri Pendidikan (1978-1981).

Antara 1990 dan 1991, ia merupakan Duta Khusus Malaysia untuk PBB, dan sejak 1995 ia telah menjadi Duta Khusus PM untuk Kelompok Aksi Kementerian Persemakmuran (CMAG). Tan Sri Musa juga memimpin delegasi Malaysia untuk Komisi HAM PBB dari 1993 sampai 1998 dan diangkat sebagai Ketua Sidang Komisi ke-52 pada 1995. Ia juga merupakan anggota Pertubuhan Kebangsaan Melayu Bersatu (UMNO) dan telah memegang berbagai kedudukan dalam partai itu sampai Wakil Pemimpin sampai 1987.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]