Museum Baccarat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Musée Baccarat)
Barang kristal di Musée Baccarat

Musée Baccarat merupakan sebuah museum pribadi kristal Baccarat yang terletak di arondisemen ke-16 di 11, place des Etats-Unis, Paris, Prancis. Dibuka setiap hari kecuali Minggu, Selasa, dan hari libur; harga masuk ditetapkan.

Museum ini didirikan di bekas puri Marie-Laure de Noailles, dengan dekorasi oleh Philippe Starck. Memiliki sejumlah karya yang dibuat oleh Baccarat untuk pameran dunia dan eksposisi universal 1800-an, dan untuk selebriti. Pameran besarnya meliputi:

  • Ruang kimia oleh Gérard Garouste - sebuah rotunda dengan benda seperti vas Simon dan papan catur.
  • Di balik tembus pandang - empat pameran: "Dongeng dari Jauh", "Perancang", "Selebriti", dan "Femininitas dan Cahaya", mengilustrasikan pemotongan kaca, mengukir roda, dan penyepuhan. Bagian dari benda menarik meliputi alat pembuat kopi Turki (Pameran 1878), dan vas Gajah (1880).

Museum ini memiliki pameran kesenian kaca, termasuk vas, piring dan gelas tangkai; koleksi terbatas yang dibuat perancang terkenal Georges Chevalier, Ettore Sottsass, Roberto Sambonet, Van day Truex, dan Marcial Berro; dan cenderamata yang diberikan pada kepala negara, raja dan kaisar, dan orang terkenal termasuk Kaisar Jepang, Pangeran Wales, dan Josephine Baker.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]