Munisipalitas yang dikelola langsung di Tiongkok

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Munisipalitas[1]
直辖市
Zhíxiáshì
China municipalities numbered.svg
KategoriAdministrasi tingkat pertama
Negara kesatuan
LetakRepublik Rakyat Tiongkok
Jumlah wilayah4 (#1 Beijing; #2 Tianjin; #3 Chongqing; #4 Shanghai)
Penduduk12.938.224 (Tianjin)
28.846.170 (Chongqing)
21,7 juta (2016) (Beijing)
24,15 juta (2016) (Shanghai)
Luas6.341 km² (Shanghai)
82.400 km² (Chongqing)
Pembagian administratifDistrik, county, daerah otonom

Munisipalitas (Hanzi sederhana: 直辖市; Hanzi tradisional: 直轄市; Pinyin: zhíxiáshì; harfiah: 'kota yang dikendalikan langsung'), nama resminya adalah munisipalitas di bawah administrasi langsung pemerintah pusat, merupakan tingkat tertinggi dalam klasifikasi administratif kota-kota di Republik Rakyat Tiongkok. Kota-kota ini setara dengan tingkat provinsi dan merupakan bagian dari tingkat pertama pembagian administratif di Tiongkok .

Munisipalitas adalah "kota" (Hanzi: ; Pinyin: shì) dengan hak setara "provinsi" (Hanzi: 省级; Pinyin: shěngjí) di bawah yurisdiksi terpadu. Dengan demikian munisipalitas secara bersamaan merupakan kota sekaligus provinsi yang memiliki haknya sendiri.

Sebuah munisipalitas sering kali bukan "kota" dalam pengertian istilah yang biasa digunakan yaitu pemukiman perkotaan yang berkembang terus menerus menjadi semakin besar, tetapi munisipalitas sering dimaknai sebagai unit administrasi yang terdiri dari wilayah perkotaan sebagai pusat utamanya dan wilayah pinggiran kota yang jauh lebih besar karena terdiri dari banyak distrik, kota praja dan desa. Munisipalitas yang lebih besar dapat membentang sepanjang 100 km. Istilah "wilayah perkotaan" (Hanzi: 市区) atau "urban" digunakan untuk membedakannya dengan "munisipalitas".

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Local Governments". Chinese Government's Official Web Portal. Diarsipkan dari versi asli tanggal 13 March 2012. Diakses tanggal 10 January 2015.