Mumford & Sons

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Mumford and Sons)
Mumford & Sons
Mumford & Sons tahun 2015
Mumford & Sons tahun 2015
Informasi latar belakang
AsalLondon, Inggris
GenreIndie tradisional, rock tradisional
Tahun aktif2007–sekarang
LabelGentlemen of the Road, Island (UK), Universal Music (Kanada), Universal Music Australia (AUS), Glassnote (AS).
Artis terkaitOld Crow Medicine Show
Edward Sharpe and the Magnetic Zeroes
Laura Marling
The Wedding Band
King Charles
Johnny Flynn
Dawes
AnggotaMarcus Mumford
Winston Marshall
Ben Lovett
Ted Dwane

Mumford & Sons adalah grup musik rock tradisional asal Inggris. Grup musik ini beranggotakan Marcus Mumford (vokalis utama, gitar, drum, mandolin), Ben Lovett (vokalis, keyboard, akordeon, drum), Winston Marshall (vokal, banjo, gitar, gitar resonator), dan Ted Dwane (vokal, string bass, drum, gitar). Mumford & Sons terbentuk pada bulan Desember 2007 di West London, Inggris.

Mumford & Sons merilis album debut mereka, Sigh No More, dirilis di Inggris dan Irlandia pada bulan Oktober 2009, dan pada Februari 2010 di Amerika Serikat. Album ini menempati posisi puncak dalam tangga album di Irlandia, Australia dan Selandia Baru, dan bahkan menempati posisi nomor dua di UK Albums Chart dan Billboard 200 di AS, yang mana berhasil terjual 1,6 juta & 3,2 juta keping di kedua negara tersebut, dengan total terjual lebih dari 6 juta keping di seluruh dunia. Grup ini meraih popularitas sepanjang tahun 2010, tampil di berbagai lokasi dengan banyak penonton dan muncul dalam sebuah acara televisi di AS. Pada tanggal 1 Desember 2010, grup ini menerima dua nominasi Grammy Award, yaitu Best New Artist dan Best Rock Song ("Little Lion Man"). Penampilan mereka dalam ajang Grammy pada bulan Februari 2011 menyebabkan populernya singel mereka yang berjudul Sigh No More. Grup ini juga memenangkan ARIA Music Award untuk kategori Most Popular International Artist pada tahun 2010, dan Brit Award pada tahun 2011 untuk kategori Best British Album.

Album kedua mereka, Babel, dirilis pada bulan September 2012.[1] Album ini berhasil bertengger di posisi puncak tangga lagu di Inggris dan AS, album ini terjual 1 juta keping di Inggris, dan album terlaris kedua pada tahun 2012 di Amerika dengan 2,7 juta keping, dan total lebih dari 5 juta keping terjual diseluruh dunia.<[2][3] Dalam ajang Grammy Awards 2013, Babel berhasil memenangkan sebuah Grammy Award untuk kategori Album of the Year.

Band ini telah memenangkan berbagai penghargaan dalam karir mereka, dengan Sigh No More memenangkan Brit Award untuk Album Inggris Terbaik pada 2011, masuk nominasi Mercury Prize, and juga masuk nominasi dalam 6 kategori pada Grammy Award 2011. Total mereka telah menerima 8 nominasi dalam Grammy Award dan untuk album Babel and berhasil meraih penghargaan Grammy Award untuk album terbaik.

Mumford and Son telah menjual lebih dari 13 juta keping album di seluruh dunia pada dekade 2010an, dan menjadi salah satu musisi indie tersukses pada dekade tersebut.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Anggota[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]