Muktamar Pan-Afrika

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Muktamar Pan-Afrika (MPA) (atau dalam bahasa Inggris: Pan-African Congress - sebagai lanjutan dari Konferensi Pan-Afrika pertama tahun 1900 di London - adalah serangkaian dari delapan muktamar, yang diadakan pada tahun 1919 di Paris (MPA Pertama), 1921 di London (MPA ke-2), 1923 di London (MPA ke-3), 1927 di New York City (MPA ke-4), 1945 di Manchester (MPA ke-5), 1974 di Dar-es-Salaam (MPA ke-6),[1] 1994 di Kampala (Kongres Pan-Afrika ke-7),[2][3] dan 2014 di Johannesburg (MPA ke-8),[4][5] dengan tujuan untuk mengatasi masalah yang dihadapi Afrika sebagai akibat dari penjajahan Eropa yang terjadi di sebagian besar benua Afrika.

MPA memperoleh reputasi sebagai pembuat perdamaian untuk dekolonisasi di Afrika dan di Hindia Barat serta membuat kemajuan yang signifikan untuk mencapai tujuan Pan-Afrika. Beberapa tuntutan utama MPA adalah: mengakhiri pemerintahan kolonial dan diskriminasi rasial, melawan imperialisme, hak asasi manusia dan persamaan kesempatan ekonomi. Manifesto yang diberikan oleh MPA termasuk tuntutan politik dan ekonomi untuk konteks pembentukan dunia baru dalam hal kerja sama internasional.

Latar Belakang[sunting | sunting sumber]

Kekuasaan kolonial di Afrika menginginkan warga asli Afrika menunggu dengan sabar hasil konsesi politik yang terbatas dan peluang untuk mendapatkan karier yang lebih baik. Karena dikecualikan dari Perjanjian Versailles 1919 - perjanjian perdamaian paling penting yang mengakhiri Perang Dunia I - para mantan prajurit kulit hitam dan warga kelas perkotaan yang berpendidikan menjadi kecewa. Karena kolonialisme dibangun di atas fondasi kapitalisme, menyebabkan paham sosialisme tentang kesetaraan dan kolaborasi global menjadi menarik dan digandrungi oleh kaum revolusioner yang sedang tumbuh ini.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Hill, Sylvia (2007), "From the Sixth Pan-African Congress to the Free South Africa Movement", in William Minter, Gail Hovey, and Charles Cobb Jr. (eds), No Easy Victories: African Liberation and American Activists over a Half Century, 1950–2000, Trenton, New Jersey: Africa World Press.
  2. ^ Guest Editor's Introduction (June 1996), "Rebuilding The Pan African Movement, A Report on the 7th Pan African Congress", African Journal of Political Science. New Series Vol. 1, No. I.
  3. ^ Essack, Karrim (11 May 1994), "The 7th Pan-African Congress in Perspective"[pranala nonaktif permanen]. Global Pan African Movement, 10 October 2012.
  4. ^ Horne, David L. (30 January 2014), "A Pan African Step Forward", Our Weekly (Los Angeles).
  5. ^ Bunsee, Benny (24 January 2014), "Arabs and the West must pay for slavery, says Pan-African Congress", Mail & Guardian.