Mukhlas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Mukhlas
Latar belakang
Nama lahirAli Gufron
Lahir(1960-02-02)2 Februari 1960
Solokuro, Lamongan
Meninggal9 November 2008(2008-11-09) (umur 48)
Nusakambangan, Cilacap
Sebab meninggalDieksekusi mati dengan regu tembak
HukumanHukuman mati
Pembunuhan
Jumlah korban202
NegaraIndonesia
Tanggal ditangkap4 Desember 2002

Mukhlas atau Ali Gufron (2 Februari 1960 – 9 November 2008) adalah salah satu dari otak pelaku peristiwa Bom Malam Natal 2000 dan Bom Bali 2002.

Mukhlas mengeyam pendidikan pesantren di Pondok Pesantren Al Mukmin, Ngruki, Solo, yang dipimpin mantan amir Jamaah Islamiyah, Abu Bakar Baasyir.

Dibandingkan Imam Samudra dan saudaranya, Amrozi, mungkin Mukhlas yang memiliki pengalaman lebih di dalam jaringan teroris. Konon dia pernah bertemu langsung dengan pimpinan Al Qaeda, Osama bin Laden pada tahun 1987.

Setelah lulus dari Al Mukmin, Mukhlas pergi ke luar negeri untuk mengikuti perang di Afganistan. Kemudian, dia bersama pasukan Afganistan berperang melawan tentara Uni Soviet dari tahun 1980-1989, sebagai anggota pasukan brigade internasional Osama bin Laden.

Setelah berhasil mengalahkan Uni Soviet, pemerintahan Afganistan pun diambil alih oleh Taliban. Mukhlas juga kembali ke Asia Tenggara untuk menghubungkan operasi Jamaah Islamiyah.

Kemudian, dia diangkat menjadi Ketua JI mantiqi I dengan wilayah kekuasaan meliputi Sumatra, Singapura, Malaysia, dan Thailand Selatan.

Kemudian pada tahun 1991, atas perintah Abdullah Sungkar dan Abu Bakar Ba'asyir, Mukhlas mendirikan Pesantren Lukmanul Hakim yang ajarannya sama dengan Pesantresn Ngruki, Solo. Dikabarkan, Noordin M. Top pernah menjadi kepala sekolah di pesantren ini. Dari pesantren inilah dia merekrut Muhammad Rais dan yang lainnya untuk meledakkan Hotel JW Marriott, sedangkan Dr. Azahari bertindak sebagai direktur dewan pengurus pesantren ini.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]