Muirne

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Muirne atau Muireann Muncháem ("leher yang indah") adalah ibu dari Fionn mac Cumhail dalam Siklus Fenian dari mitologi Irlandia.

Banyak orang yang ingin melamarnya, tetapi ayahnya, druid Tadg mac Nuadat, telah meramalkan bahwa pernikahannya akan menyebabkan hilangnya rumahnya di bukit Almu, sehingga ia menolak mereka semua. Tapi salah satu dari mereka, Cumhal, pemimpin fianna, menculiknya. Tadg mengajukan banding ke Raja Tertinggi, Conn of the Hundred, yang melarang dan mengejar Cumhal.

Cumhal tewas dalam Pertempuran Cnucha, tapi Muirne sudah hamil, jadi ayahnya menolak dia dan mengatakan kepada para pengikutnya untuk membakar dirinya. Conn dicegah ini, dan mengirim Muirne ke dalam perlindungan Fiacal mac Conchinn dan istrinya, druidess Bodhmall, yang merupakan adik Cumhal. Ia melahirkan seorang putra, yang ia disebut Deimne, tapi yang kemudian menjadi dikenal sebagai Fionn.

Muirne meninggalkan anaknya dalam perawatan Bodhmall dan seorang prajurit wanita bernama Liath Luachra, yang membawa anaknya ke hutan secara rahasia. Dia kemudian menikah dengan seorang raja lokal, Gleor Lámderg, dan hanya sekali melihat anaknya lagi, enam tahun kemudian, ketika ia datang untuk mengunjungi anaknya di hutan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • T. P. Cross & C. H. Slover (eds) (1936), Ancient Irish Tales
  • James MacKillop (1998). Dictionary of Celtic Mythology. London: Oxford. ISBN 0-19-860967-1.