Muhammad Reza Syariffudin Zaki

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Muhammad Reza Syariffudin Zaki
Reza zaki.jpg
Lahir 27 November 1989 (umur 28)
Bendera Indonesia Jakarta, DKI Jakarta,
Kebangsaan Bendera Indonesia Indonesia
Nama lain Reza Zaki
Pekerjaan Ketua Yayasan Rumah Imperium
Dikenal karena Ketua Forum Putra Daerah Membangun
Agama Islam

Muhammad Reza Syariffudin Zaki (lahir di Jakarta, DKI Jakarta, 27 November 1989; umur 28 tahun) atau akrab disapa Reza Zaki adalah Ketua Yayasan Rumah Imperium yaitu sebuah komunitas sosial bisnis (social entrepreneurship) di Kabupaten Sumedang. Dia juga Ketua Forum Putra Daerah Membangun. Reza Zaki juga pernah menjadi Wakil Rektor Termuda di Indonesia saat menginjak usia 27 tahun di Kampus IBLAM[1].

Perjalanan hidup[sunting | sunting sumber]

Reza Zaki menempuh studi S1 di Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada. Kemudian di tahun 2013, Zaki melanjutkan studi S2 di Hubungan Internasional Universitas Gadjah Mada dengan kajian diplomasi perdagangan dunia. Pada tahun 2015, Zaki melanjutkan studi S3 Hukum di Universitas Padjadjaran dengan kajian hukum perdagangan internasional. Reza Zaki menikah dengan Gresika Bunga Sylvana dan dikaruniai putri bernama Khalisa Melodi Kemalahayati Zaki.

Pada tahun 2009, dia terpilih menjadi delegasi Harvard World Model United Nations (HWMUN) di Belanda dan Stockholm Model United Nations (SMUN) di Swedia[2]. Pada tahun yang sama hingga tahun 2012 dia dipercaya menjadi Presiden Future Leaders Party (FLP) UGM[3]. Kemudian di tahun 2012, dia masuk dalam Buku 100 Mahasiswa Berprestasi Universitas Gadjah Mada dan 100 Young CEO Indonesia[4].

Reza pernah menjadi Direktur World Trade Model Community sebuah komunitas epistemik yang fokus melakukan kajian dan simulasi perdagangan internasional[5].

Pada saat masa transisi S1 ke S2, Zaki mendirikan Rumah Imperium, sebuah komunitas sosial bisnis di Sumedang yang fokus memberdayakan masyarakat Sumedang pada bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan ekonomi[6]. Pada tahun 2015, menjadi Kepala Departemen Kewirausahaan dan Ekonomi Ummat Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) serta ketua ICMI Komisariat Universitas Bina Nusantara (BINUS)[7].

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Pengalaman organisasi[sunting | sunting sumber]

Karier[sunting | sunting sumber]


Sumber[sunting | sunting sumber]