Mstislav Dobuzhinsky

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Potret dari Dobuzhinsky
oleh Osip Braz

Mstislav Valerianovich Dobuzhinsky atau Dobujinsky (bahasa Lituania: Mstislavas Dobužinskis, 14 Agustus 1875 – 20 November 1957) adalah seorang seniman Lituania yang terkenal karena pemandangan kotanya yang menyampaikan pertumbuhan eksplosif dan pembusukan kota awal abad kedua puluh.

Dari ekstraksi Lituania yang mulia, Dobuzhinsky lahir pada 14 Agustus 1875 di Novgorod dalam keluarga seorang perwira tentara. Dari tahun 1885 hingga 1887, ia menghadiri Sekolah Menggambar Masyarakat untuk Promosi Seniman. Antara tahun 1895 dan 1899, ia membaca Hukum di Universitas St. Petersburg, sekaligus belajar di studio swasta. Setelah lulus dari Universitas, ia dilatih dari tahun 1899 hingga 1901 oleh Anton Ažbe di Munich dan Simon Hollósy di Nagybánya (Austria-Hungaria). Di Munich, dia dipengaruhi oleh Jugendstil. Sekembalinya ke Rusia, ia bergabung dengan Mir Iskusstva, sebuah lingkaran artistik yang mengidealkan abad ke-18 sebagai "zaman keanggunan".

Dobuzhinsky dibedakan dari miriskusniki lainnya dengan cara ekspresionis dan minatnya pada pemandangan industri modern. Dia sering melukis adegan kumuh atau tragis dari kehidupan perkotaan yang mengungkapkan kegelapan mimpi buruk dan kesepian zaman modern. Di antara karyanya juga ada sketsa lucu dan sketsaes dengan makhluk seperti setan yang tampaknya mewujudkan monstrositas urbanisasi.

Seperti anggota Mir iskusstva lainnya, Dobuzhinsky juga bereksperimen dengan Lukisan lanskap. Awalnya dia bekerja untuk Constantin Stanislavski di Moscow Arts Theatre, tetapi kemudian juga berkontribusi set untuk beberapa Diaghilev produksi. Dia terkenal sebagai guru seni yang sangat baik; di antara murid-muridnya yang masih muda adalah Vladimir Nabokov, dengan siapa dia menjalin korespondensi selama beberapa dekade. [[Berkas:K. Sunnerberg by M. Dobuzhinsky.jpg|thumb|220px|Mstislav Dobuzhinsky, A man with eyeglasses, or The portrait of Konstantin Sunnerberg, 1901-1902, The Tretyakov Gallery, Moscow Selama Perang Dunia Pertama Dobuzhinsky pergi dengan Eugene Lanceray ke garis depan untuk membuat sketsa. Pada tahun 1918, ia mengawasi bengkel teater di Bengkel Pendidikan Negara Seni Hias (bekas Sekolah Gambar Teknik Stieglitz). Pada tahun 1920, ia mengambil bagian dalam Kongres Kedua Komunis Internasional. Pada 1923-24, ia pergi ke luar negeri untuk mempelajari perkembangan seni Eropa dan mengatur pertunjukan satu orang. Pada tahun 1924, Dobuzhinsky mengikuti saran Jurgis Baltrusaitis dan mengundurkan diri ke Lithuania. Dia dinaturalisasi di sana pada tahun 1924 dan tinggal di Kaunas sampai tahun 1925. Antara tahun 1925 dan 1929 tinggal di Paris di mana dia mendesain set untuk The Bat karya Nikita Balieff. Ia kembali ke Lituania pada tahun 1929. Di Lituania ia bekerja di teater negara bagian sebagai scenographer dan menciptakan skenografi untuk 38 drama, selain menjalankan sekolah lukisan swasta (1930–1933). Ia kemudian beremigrasi ke Inggris pada tahun 1935, dan pindah ke Amerika Serikat pada tahun 1939 di mana ia tinggal selama perang. Dia menghabiskan sepuluh tahun terakhir hidupnya di Eropa, kadang-kadang kembali ke New York untuk pekerjaan teater. Dia meninggal di New York pada 20 November 1957. Memoarnya diterbitkan secara anumerta dalam bahasa Rusia.

Di antara karya-karyanya yang belakangan adalah serangkaian ilustrasi yang luar biasa dan dramatis, terutama untuk White Nights (1923) Dostoyevsky dan Three Fat Men Yuri Olesha (1925). Dobuzhinsky menyumbangkan set untuk produksi teater di Paris, Brussels, Amsterdam, dan Düsseldorf. Selama Perang Dunia II, Dobuzhinsky melukis pemandangan imajiner Leningrad yang terkepung.

Ia dikebumikan di Pemakaman Rusia Sainte-Geneviève-des-Bois Departement de l'Essonne, Ile-de-France, Prancis; Plot: kuburan 3428.

Koleksi[sunting | sunting sumber]

Dobuzhinsky diwakili di lembaga-lembaga berikut, antara lain: Galeri Tretyakov, Moskow; A. A. Museum Teater Bakhrushin, Moskow; Museum Rusia, St. Petersburg; Galeri Nasional Armenia, Yerevan; Museum Seni Rupa Negara Bagian Irbit, Irbit.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]