Motor histerisis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Motor sinkron histerisis ini dinamakan begitu karena memanfaatkan fenomena histeresis untuk menghasilkan torsi mekanis. Dalam bentuk yang paling sederhana, rotor motor hysteresis adalah sebuah tabung silinder yang halus dari bahan magnet permanen yang mempunyai hysteresis tinggi tanpa gulungan atau slot. Dalam fase tunggal motor, gulungan stator biasanya adalah tipe permanen-split-kapasitor. Nilai kapasitor dipilih untuk menghasilkan fase seimbang 2 kondisi dalam motor gulungan. Stator menghasilkan medan putar yang terus-menerus dalam bentuk gelombang ruang dan berputar pada kecepatan sinkron.

Konstruksi[sunting | sunting sumber]

Stator[sunting | sunting sumber]

  • Split phase hysteresis motor.
  • Shaded pole hysteresis motor.

Rotor[sunting | sunting sumber]

  • Tidak ada belitan
  • Silinder halus yang terbuat dari bahan magnetik yang keras dengan hysteresis loop yang besar (chrome, cobalt steel)
  • Resistansi tinggi untuk mengurangi Eddy Current loss

Prinsip kerja[sunting | sunting sumber]

Hysteresis merujuk kepada bagaimana fluks magnetik dalam logam tertinggal terhadap gaya magnetisasi eksternal, misalnya untuk mendemagnetisasi bahan tersebut, salah satunya bisa menerapkan medan magnetisasi yang berlawanan polaritasnya terhadap polaritas mulanya memagnetisasi material tersebut.

Motor ini memiliki stator seperti motor induksi squirrel-cage. Ciri yang membedakan adalah rotornya, di mana silindernya halus yang terbuat dari logam campuran magnetis yang tetap termagnetisasi, tetapi dapat terdemagnetisasi cukup mudah seperti pada saat termagnetisasi ulang dengan kutub di lokasi baru. Pada saat start, slip akan menurun dan rotor termagnetisasi oleh medan stator yang polaritasnya tetap ditempat. Motor tersebut lalu bekerja di kecepatan sinkron seperti pada saat rotor mulanya seperti magnet permanen. Ketika di stop dan di start ulang, polaritasnya terbentuk di tempat yang berbeda. Untuk desain tersebut, torsi di kecepatan sinkron relatif tidak terlalu tinggi dan motor dapat bekerja di bawah kecepatan sinkron. Singkatnya, medan magnetik tertinggal terhadap fluks magnetik.

Aplikasi[sunting | sunting sumber]

Motor ini relatif mahal dan digunakan pada kecepatan yang tetap (dengan asumsi sumber AC dengan frekuensi yang tetap) juga rotasi dengan jumlah variasi kecepatan yang cepat dan sangat kecil (disebut 'flutter' di rekaman audio). Contoh aplikasinya, penggulung di tape recorder (poros motor menjadi penggulungnya).

Motor hysteresis diproduksi di power yang kecil, terutama sebagai motor servo dan timing motor. Lebih mahal daripada jenis reluctance, hysteresis motor digunakan di mana kecepatan konstan yang tepat diperlukan.