Motilal Nehru

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Pandit
Motilal Nehru
Presiden Kongres
Masa jabatan
1919–1920
Didahului oleh Syed Hasan Imam
Digantikan oleh Lala Lajpat Rai
Presiden Kongres
Masa jabatan
1928–1929
Didahului oleh Mukhtar Ahmed Ansari
Digantikan oleh Jawaharlal Nehru
Informasi pribadi
Lahir 06 Mei 1861
Agra,[1] India Britania
Meninggal 06 Februari 1931 (umur 69)
Lucknow, India Britania
Kebangsaan India
Partai politik Kongres Nasional India
Suami/istri Bhonashuri
Swaroop Rani Thussu
Relasi Lihat pula keluarga Nehru–Gandhi
Anak Jawaharlal Nehru
Sarup
Krishna
Orangtua Gangadhar Nehru dan Jeevarani
Alma mater Universitas Cambridge
Pekerjaan Barrister
Aktivis
Agama Hindu

Motilal Nehru (lahir di Agra,[1] India Britania, 6 Mei 1861 – meninggal di Lucknow, India Britania, 6 Februari 1931 pada umur 69 tahun) adalah seorang pengacara, aktivis Gerakan Nasional India dan pemimpin penting Kongres Nasional india, yang menjabat sebagai Presiden Kongres sebanyak dua kal, 1919–1920 dan 1928–1929. Ia adalah patriarkh pendiri keluarga Nehru-Gandhi.

Kehidupan awal dan pendidikan[sunting | sunting sumber]

Motilal Nehru lahir pada 6 Mei 1861, putra anumerta dari Gangadhar Nehru dan istrinya Jeevarani (atau Jeorani). Keluarga Nehru telah bermukim selama beberapa generasi di Delhi, dan Gangadhar Nehru adalah seorang kotwal di kota tersebut.[2] Pada masa Dahagi 1857, Gangadhar meninggalkan Delhi dengan keluarganya dan berpindah ke Agra, dimana beberapa kerabatnya tinggal. Menurut beberapa sumber, rumah keluarga Nehru di Delhi dirusak dan dibakar dalam peristiwa dahagi tersebut. Di Agra, Gangadhar dengan cepat mengadakan pernikahan dua putrinya, Patrani dan Maharani, dalam keluarga Brahmin Kashmiri. Ia meninggal pada Februari 1861 dan anak bungsunya, Motilal, lahir tiga bulan kemudian.

Pada masa itu, dua kakak Motilal, Bansidhar Nehru (l. 1842) dan Nandlal Nehru (l. 1845), masing-masing berusia sembilan berlas dan enam belas tahun.

Karier[sunting | sunting sumber]

Motilal mengikuti ujian pengacara pada 1883 dan mulai berpraktik sebagai pengacara di Kanpur. Tiga tahun kemudian, ia berpindah ke Allahabad, Uttar Pradesh, untuk bergabung dengan tempat praktik lukratif yang didirikan oleh saudaranya Nandlal. Setahun kemudian, pada April 1887, saudaranya meninggal pada usia empat puluh dua tahun, meninggalkan lima putra dan dua putri. Kemudian, Motilal pada usia 25 tahun menjadi ahli waris tunggal dari keluarganya.[1]

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Oada masa muda, Motilal menikah dengan Bhonashuri Devi, putri dari Prithvi Nath Nagu, dalam sebuah pernikahan perjodohan tradisional. Bhonashuri melahirkan seorang putra yang meninggal saat lahir dan ia sendiri meninggal saat dibawa menuju ke rumah sakit, setelah itu ia bertemu Daleepbai dan dengannya, ia dituduh oleh beberapa sejarawan, memiliki seorang putri, yang biasa dikenal sebagai Jaddanbai, ibu aktris film India legendaris Nargis dan nenek superstar film India kontroversial Sanjay Dutt. Beberapa tahun kemudian, Motilal menikah dengan Swaroop Rani Thussu, saudari Prem Nath Thussu, dalam pernikahan perjodohan tradisional lainnya. Putra sulungnya adalah Jawaharlal yang lahir pada 1889, disusul oleh dua putri, Sarup (kemudian Vijayalakshmi Pandit) dan Krishna (kemudian Krishna Hutheesing) masing-masing pada 1900 dan 1907.

Karya[sunting | sunting sumber]

  • The Voice of Freedom: selected speeches of Pandit Motilal Nehru. ed. Kavalam Madhava Panikkar, A. Pershad. Asia Pub. House, 1961
  • Motilal Nehru: essays and reflections on his life and times, by Preet Chablani. S. Chand, 1961.
  • Selected Works of Motilal Nehru (Volume 1–6), ed. Ravinder Kumar, D. N. Panigrahi. Vikas Pub., 1995. ISBN 0-7069-1885-1.

Biografi[sunting | sunting sumber]

  • Pandit Motilal Nehru: His life and work, by Upendra Chandra Bhattacharyya, Shovendu Sunder Chakravarty. Modern Book Agency, 1934
  • Motilal Nehru: a short political biography, by A. Pershad, Promilla Suri. S. Chand, 1961.
  • Motilal Nehru (Builders of modern India), by Bal Ram Nanda. Publications Division, Ministry of Information and Broadcasting, Govt. of India, 1964.
  • Pandit Motilal Nehru, a great patriot, with D. C. Goswami, R. K. Nayak, Shankar Dayal Singh. National Forum of Lawyers and Legal Aid, 1976

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Past Presidents- Pandit Motilal Nehru 
  2. ^ Rau, M. Chalapathi (1967). Nehru for Children. Children's Book Trust. p. 7. ISBN 978-81-7011-035-4. Diakses tanggal 17 September 2013. 

Bacaan tambahan[sunting | sunting sumber]

  • Katherine Frank, Indira: the life of Indira Nehru Gandhi
  • Jawaharlal Nehru, My Autobiography