Mossos d'Esquadra

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Polisi di Generalitat de Catalunya - Mossos d'Esquadra
Policia de la Generalitat de Catalunya - Mossos d'Esquadra
Logo Kepolisian [[Generalitat de Catalunya]] - Mossos d'Esquadra
Berkas:Emblema de los Mossos d'Esquadra.svg
Emblem Kepolisian [[Generalitat de Catalunya]] - Mossos d'Esquadra
NamaMossos d'Esquadra
SingkatanMossos
Ikhtisar
Dibentuktahun 1721, sebagai squad
tahun 1874-1939 / 1950-1983 sebagai penjaga tempat Delegasi Barcelona
tahun 1983 sebagai polisi otonom Catalunya
Pendahulu
  • Esquadres de Catalunya
Struktur yurisdiksi
Wilayah hukumCatalunya, Spanyol
Peta Polisi [[Generalitat de Catalunya]] - yurisdiksi Mossos d'Esquadra.
Peta wilayah hukum Polisi di Generalitat de Catalunya - Mossos d'Esquadra.
Luas wilayah32.114 km²
Populasi7.508.106
Yurisdiksi hukumCatalunya
Lembaga pemerintahGeneralitat de Catalunya
Instrumen dasar
  • Act 19/1983
Kategori
Struktur operasional
PengawasDirektorat Jenderal Polisi
Markas besarKompleks Tengah Egara, 08206 Sabadell

Mosso16.869
Menteri (Konselor)
Pejabat eksekutif
  • Office Suspended, Direktur Jenderal
  • Office Suspended, Deputi Direktur
Fasilitas
Kepolisian daerah92
Situs web
www.mossos.cat
Kendaraan patroli Mossos d'Esquadra di malam hari.

Mossos d'Esquadra (bahasa Katalan: [ˈmosuz ðəsˈkwaðɾə]; dalam bahasa Inggris: polisi, atau "Squad Lads", "Squaddies") merupakan polisi Catalunya, yang secara besar menggantikan Penjaga Sipil di wilayah Spanyol bagian luar.

Pasukan ini didirikan pada tahun 1951, di mana namanya diambil dari nama informal kekuatan sebelumnya, yaitu Squads of Paisanos, yang dibentuk pada tahun 1721.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 21 Juli 1950, Deputasi Barcelona diberi wewenang dalam membuat pasukan keamanan kecil dengan menggunakan pangkat historis Mossos d'Esquadra . Mossos baru ini merupakan korps militer yang memiliki sedikit kesamaan dengan inkarnasi sebelumnya, dengan jumlah kekuatan yang terbatas dan jumlah kecil.

Akibat kembalinya demokrasi di Spanyol, Mossos d'Esquadra tumbuh dengan jumlah yang banyak. Sejak Oktober 25 1980, pasukan ini berada di bawah otoritas Generalitat de Catalunya (pemerintah daerah Catalunya).

Angkatan tentara Catalunya sebelumnya[sunting | sunting sumber]

Escuadras de Paisanos, yang selanjutnya dikenal dengan Esquadres de Catalunya, (dan secara informal disebut pula dengan Mossos d'Esquadra), adalah tentara yang melawan secara tidak biasa di Perang Suksesi Spanyol, dan membawa bersama dengan wali kota Valls dekat Tarragona antara tahun 1719–1721. Korps tersebut dibentuk sebagai milisi dalam memberikan keamanan pada rute perdagangan dan pameran. Hal ini diciptakan sebagai pelengkap pasukan reguler tentara Bourbon, yang menentang Miquelets, yang bertahan sebagai pendukung pemberontak Adipati Karl.

Hal ini diawaki oleh penduduk setempat, yang harus berbicara dengan bahasa Catalunya dan menjadi akrab dengan jalan-jalan, gua dan tempat persembunyian di daerah tersebut. Ini juga sering kali ditempatkan di bawah yurisdiksi militer, tetapi kurang terpusat dibandingkan kepolisian Spanyol (yang kemudian dikenal sebagai 'Intendencia General de Policía') yang dibentuk pada tahun 1817, atau yang belum terbentuk seperti ' Guardia Civil', yang keduanya secara sistematis dikerahkan jauh dari daerah asal mereka, dan dengan demikian menjadi asing dengan tempat mereka bertugas. Selama berabad-abad telah berlalu secara bolak-balik dari otoritas Catalunya ke komando militer Spanyol beberapa kali. Mereka dibubarkan pada tahun 1868 oleh Jenderal Prim setelah jatuhnya Ratu Isabella II dari Spanyol, karena Mossos adalah bagian dari kerajaan.

Mereka dipulihkan pada tahun 1876 di bawah pemerintahan raja anak Isabella Alfonso XII dari Spanyol, yang hanya di provinsi Barcelona. Di bawah anaknya Alfonso XIII dari Spanyol, keluarga Mossos tidak dihormati di Catalunya, terutama oleh Persemakmuran Catalunya, yang membayar mereka, tetapi tidak memiliki kendali atas mereka. Mereka berkembang, meski berada di bawah kediktatoran Primo de Rivera. Ketika Republik Spanyol Kedua diproklamirkan, Mossos berpihak pada Generalitat de Catalunya. Setelah Perang Saudara Spanyol, Mossos terakhir meninggalkan Catalunya bersama Presiden Generalitat, dan korps tersebut dibubarkan oleh otoritas Francoist.

Perannya kini[sunting | sunting sumber]

Mossos d'Esquadra kini telah menggantikan Guardia Civil Spanyol di wilayah Catalunya. Proses substitusi ini dimulai pada tahun 1994 dan selesai pada tahun 2008.[2] Pada November 2005, Mossos mengambil kewajiban penuh di kota Barcelona.

Statuta Otonomi Catalunya[3] (Catalunya: Estatut d’Autonomia de Catalunya) mendefinisikan bahwa lingkup tindakan Angkatan Kepolisian Generalitat - Mossos d'Esquadra adalah keseluruhan wilayah Catalunya, dan menyatakan bahwa ia menjalankan semua fungsi kepolisian dalam bidang berikut:[4]

  • Keamanan publik dan ketertiban umum.
  • Kebijakan administratif, termasuk yang berasal dari peraturan negara.
  • Kebijakan yudisial dan investigasi kriminal, termasuk berbagai bentuk kejahatan terorganisir dan terorisme, dalam istilah yang ditetapkan oleh undang-undang

Mossos d'Esquadra adalah kepolisian negara bagian Spanyol yang berada di bawah wewenang Generalitat de Catalunya di dalam wilayah komunitas otonom Catalunya. Policia Nacional dan Guardia Civil, di sisi lain, diperintahkan langsung oleh kementerian dalam negeri dari Spanyol. Mereka menjaga beberapa perwira di Catalunya dalam mendukung perang melawan terorisme, untuk menangani identitas dokumen, imigrasi dan tanggung jawab terbatas lainnya dari pemerintah pusat.[5] Namun, ketika ada perselisihan antara pemerintah Catalunya dan Spanyol tentang Catalunya yang menjadi independen, dan pemerintah Catalunya mengadakan (referendum kemerdekaan Catalunya 2017|referendum untuk 1 Oktober 2017), pemerintah Spanyol mengirim ribuan anggota Guardia Civil nasional ke Barcelona dengan tujuan mencegah pemungutan suara.[6]

Mossos dilatih di Institut de Seguretat Pública de Catalunya (Institut Keselamatan Publik Catalunya), yang juga melatih petugas polisi lokal.

Peringkat Mossos d'Esquadra
Peringkat Mosso Caporal Sergent Sotsinspector Inspector Intendent Comissari Major
Insignia Sense galons.gif Mossos Caporal.png Mossos Sergent.png Mossos Sotsinspector.png Inspector.gif Intendent.gif Comissari.png Major (Mossos d'Esquadra).gif

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Nou govern: Joaquim Forn, l'home que dirigirà els Mossos l'1-O" [Joaquim Forn, pria yang akan memimpin Mossos pada 1 Oktober 2017]. Diari de Girona (dalam bahasa Catalan). EFE. 14 August 2017. Diakses tanggal 21 September 2017. 
  2. ^ "El desplegament de la Policia de la Generalitat – Mossos d'Esquadra" [The deployment of Police of the Generalitat - Catalan police] (PDF) (dalam bahasa Catalan). Catalonia, Spain: Generalitat de Catalunya. November 2006. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 23 July 2011. 
  3. ^ "Statute of Autonomy of Catalonia". Wikipedia (dalam bahasa Inggris). 2017-09-21. 
  4. ^ Statue of Autonomy of Catalonia 2006, Article 164.5 on Public Security - http://web.gencat.cat/en/generalitat/estatut/estatut2006/titol_4/
  5. ^ "Funcions de la Policia de la Generalitat – Mossos d'Esquadra" [Functions of the Police of the Generalitat - Catalan police] (PDF) (dalam bahasa Catalan). Catalonia, Spain: Generalitat de Catalunya. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 27 February 2008. Diakses tanggal 20 April 2012. 
  6. ^ "Catalonia referendum defies Spanish obstruction". BBC News. 30 September 2017. Diakses tanggal 30 September 2017. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]