Moomin (karakter)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Moomin
Moomin kuva.jpg
Seni sampul buku komik Moomin karya Tove Jansson
Dari kiri ke kanan: Sniff, Snufkin, Moominpappa, Moominmamma, Moomintroll (Moomin), putri Mymble, Groke, Snork Maiden dan Hattifatteners
PengarangTove Jansson
Judul asliMumintroll
Penerjemah
  • Dalam bahasa Inggris: Elizabeth Portch, Thomas Warburton, Kingsley Hart, Ant O'Neill
IlustratorTove Jansson
NegaraFinlandia
BahasaSwedia[1]
GenreFantasi anak-anak
PenerbitDrawn and Quarterly, Macmillan, Farrar, Straus and Giroux, Schildts, Zangavar, Sort of Books
Jenis mediaCetak, digital

Moomin (bahasa Swedia: Mumin) adalah tokoh-tokoh utama dari serangkaian buku dan komik setrip yang dikarang oleh seorang ilustrator Finlandia berbahasa Swedia Tove Jansson, yang secara aslinya diterbitkan dalam bahasa Swedia oleh Schildts[2] di Finlandia. Mereka adalah keluarga karakter dongeng yang memiliki bentuk yang bulat, dan berwarna putih, serta moncong yang besar yang menyerupai kuda nil. Meski kemiripan mereka dengan hal tersebut, keluarga Moomin merupakan troll. Keluarga tersebut tinggal di rumah mereka di Moominvalley, meski pada masa sebelumnya, tempat tinggal sementara mereka termasuk mercusuar dan teater. Mereka telah mengalami banyak petualangan bersama dengan berbagai teman mereka.

Secara keseluruhan, sembilan buku telah diterbitkan dalam seri tersebut termasuk lima buku gambar dan sebuah komik setrip yang diterbitkan antara tahun 1945 dan 1993.

Sejak itu Moomin telah menjadi basis untuk berbagai seri televisi, film, dan bahkan sebuah taman hiburan yang bernama Moomin World di Naantali, Finlandia.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Meek, Margaret (2001). Children's Literature and National Identity. Stoke on Trent, UK: Trentham Books. hlm. 4. ISBN 978-1-85856-204-9. 
  2. ^ "Mumin | Schildts Förlags Ab". Schildts.asiakkaat.sigmatic.fi. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-03-03. Diakses tanggal 2016-04-13. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]