Monyet Dunia Baru

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Monyet Dunia Baru
Platyrrhini

Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasMammalia
OrdoPrimates
ParvorderPlatyrrhini
Geoffroy, 1812
Families

Monyet Dunia baru adalah lima keluarga primata yang ditemukan di daerah tropis Amerika Tengah dan Amerika Selatan dan Meksiko. Terdiri atas famili Callitrichidae, Cebidae, Aotidae, Pitheciidae, dan Atelidae. Lima keluarga di atas diperingkatkan bersama sebagai Ceboidea, satu-satunya superfamili yang masih ada di parvorder Platyrrhini.[1] Platyrrhini lebih pesek dibandingkan simian lain, dengan lubang hidung menyamping. Monyet dalam keluarga Atelidae, seperti monyet laba-laba, adalah satu-satunya primata yang memiliki ekor prehensil. Monyet Dunia baru berkerabat dekat dengan simia lainnya, yaitu Catarrhini ("hidung menghadap ke bawah," yang terdiri dari monyet Dunia Lama dan kera). Monyet Dunia baru berasal dari simian Afrika yang menghuni Amerika Selatan, garis yang memisahkan diri sekitar 40 juta tahun yang lalu.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Platyrrhini and Ceboidea". ChimpanZoo. 2005. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-05-15. Diakses tanggal July 2009. 
  2. ^ Sellers, Bill (2000-10-20). "Primate Evolution" (PDF). University of Edinburgh. hlm. 13–17. Diakses tanggal 2008-10-23.