Monumen Minin dan Pozharsky

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Monumen Minin (berdiri) dan Pozharsky (duduk) di Lapangan Merah, Moskwa, Rusia.

Monumen Minin dan Pozharsky (bahasa Rusia: Памятник Минину и Пожарскому, Pamyatnik Mininu i Pozharskomu) adalah monumen berupa patung yang terbuat dari perunggu di Lapangan Merah, Moskwa, Rusia. Monumen ini dibuat untuk mengenang jasa Pangeran Dmitry Pozharsky dan Kuzma Minin yang mengumpulkan tentara sukarela dari seluruh Rusia dan berhasil mengusir pasukan Persemakmuran Polandia-Lituania dari Moskwa yang menandai berakhirnya Periode Masalah pada tahun 1612.

Awalnya, monumen ini terletak di tengah-tengah Lapangan Merah di mana Pozharsky melambaikan tangannya ke arah Kremlin. Akan tetapi, setelah Revolusi Oktober, pemerintah Uni Soviet berencana untuk menghancurkan atau memindahkan monumen ini ke museum karena dianggap menghalangi jalan untuk melakukan parade militer. Pada tahun 1936, monumen ini dipindahkan ke dekat Katedral Santo Basil dan bertahan sampai sekarang.

Pemugaran monumen ini dimulai pada November 2020, mereka tidak memindahkan monumen tersebut dari lokasinya saat ini untuk tujuan tersebut, sebuah paviliun khusus dibangun di atasnya. Pemugaran dilakukan oleh Interregional Scientific and Restoration Art Department (MNRHU) dan Bengkel Restorasi Cagar Budaya. Aksi tersebut didukung oleh Vladimir Mashkov, Grigory Leps, Igor Ugolnikov, Oksana Fedorova, tekla Tolstaya, dan lainnya. Kontribusi pribadi terbesar dibuat oleh Vladimir Gruzdev.[1]

  1. ^ "Груздев Владимир Сергеевич". TAdviser.ru. Diakses tanggal 2023-05-13.