Monumen B.J. Habibie

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Monumen B.J. Habibie
Patung Habibie - Isimu - Gorontalo.png
PerancangSeniman Patung: Soewardi dan Lutse Lambert Daniel Morin (Jogjakarta)
Desain Patung: Muhammad Angga Restu Dinata (Marisa. Kabupaten Pohuwato)
Konstruksi pertamaAgustus 2018
Tanggal selesaiMei 2019
Didedikasikan kepadaB. J. Habibie
Biaya pembangunanRp. 1,7 miliar

Monumen B.J. Habibie dibangun oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo pada tahun 2018 untuk menghargai jasa-jasa Presiden Republik Indonesia ke-3, Bacharuddin Jusuf Habibie[1]. Monumen ini menjadi bentuk apresiasi tertinggi masyarakat Gorontalo di bidang Kedirgantaraan kepada salah satu putra terbaik bangsa yang berasal dari Gorontalo. Dalam catatan sejarah, B.J. Habibie merupakan etnis Gorontalo pertama yang pernah menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia[2].

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Monumen B.J. Habibie terletak di depan Gerbang Utama Bandar Udara Djalaluddin, Isimu, Kabupaten Gorontalo. Lokasi monumen ini sangat strategis karena berada di jalan utama Trans Sulawesi yang menghubungkan Provinsi Gorontalo, Provinsi Sulawesi Utara, dan Provinsi Sulawesi Tengah[3].

Desain[sunting | sunting sumber]

Monumen B.J, Habibie memadukan 2 unsur utama yaitu unsur kedirgantaraan dan warna adat daerah Gorontalo yang begitu kental. Replika Pesawat Terbang R80 yang dibuat langsung oleh B.J Habibie terlihat menghiasi Patung tersebut disisi sebelah kanan. Sedangkan Patung Habibie sendiri menggunakan desain pakaian "Takowa", sebuah pakaian adat kebesaran bagi para Bangsawan dan penerima Gelar Adat "Pulanga" yang bermakna putra terbaik bangsa yang berkarya di bidangnya dan berasal dari Gorontalo[4]. Desain Monumen B.J. Habibie dirancang oleh M. Angga Restu Dinata dari Kota Marisa, Kabupaten Pohuwato, sedangkan pembuatan patung serta pengerjaan konstruksi patung dilaksanakan oleh 2 seniman Jogjakarta yaitu Soewardi dan Lutse L. Daniel Morin[5].

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Monumen BJ Habibie Dibangun di Gorontalo". Republika Online. 2018-09-12. Diakses tanggal 2019-07-06. 
  2. ^ "BJ Habibie : Saya Orang Kabila | RGOL Radar Gorontalo RGOL". RGOL. 2017-09-05. Diakses tanggal 2019-07-06. 
  3. ^ Media, Kompas Cyber. "Patung BJ Habibie Akan Hiasi Jalan Trans Sulawesi". KOMPAS.com. Diakses tanggal 2019-07-06. 
  4. ^ Media, Kompas Cyber. "BJ Habibie Setujui Desain Patung Dirinya Senilai Rp 1,7 Miliar". KOMPAS.com. Diakses tanggal 2019-07-06. 
  5. ^ "2 Seniman Yogya Bikin Patung Kepala BJ Habibie Senilai Rp 1,7 M". suara.com. 2018-11-26. Diakses tanggal 2019-07-06.