Monsun Gruppe

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
U-848 sedang dalam perjalanan untuk bergabung dengan Monsun Gruppe ketika difoto oleh pesawat serang Amerika. Setelah kerusakan bom menghentikannya dari menyelam, IXD U-boat tenggelam di Atlantik.

Monsun Gruppe atau Grup Muson adalah pasukan U-boat Jerman (kapal selam) yang beroperasi di Pasifik dan Samudra Hindia selama Perang Dunia II. Meskipun konvensi penamaan yang serupa juga digunakan untuk pengelompokan sementara kapal selam di Atlantik, patroli Samudra Hindia yang durasinya lebih panjang menyebabkan nama tersebut secara permanen dikaitkan dengan sejumlah U-boat yang beroperasi di Penang (terutama ibukotanya, George Town).[1] Setelah 1944, U-boat dari Monsun Gruppe secara operasional ditempatkan di bawah otoritas Wilayah U-boat Asia Tenggara.

Samudra Hindia adalah satu-satunya tempat di mana pasukan Jerman dan Jepang bertempur di palagan yang sama. Untuk menghindari insiden antara Jerman dan Jepang, serangan terhadap kapal selam lainnya dilarang keras.[2] Secara keseluruhan 41 U-boat dari semua jenis termasuk transportasi akan dikirim. Namun sejumlah besar hilang atau tenggelam dan hanya sebagian kecil yang kembali ke Eropa.[3][4]

Rute perdagangan Samudra Hindia[sunting | sunting sumber]

Samudra Hindia dianggap penting secara strategis karena terdapat India dan jalur perdagangan laut serta bahan baku strategis yang dibutuhkan Inggris untuk upaya perang. Pada tahun-tahun awal perang, penjarah dagang Jerman dan kapal tempur saku telah menenggelamkan sejumlah kapal dagang di Samudra Hindia. Namun ketika perang berlangsung, menjadi lebih sulit bagi mereka untuk beroperasi di daerah itu dan pada tahun 1942 sebagian besar kapal-kapal itu tenggelam atau bubar. Dari tahun 1941, U-boat juga dipertimbangkan untuk ditempatkan di daerah ini, tetapi karena periode-periode sukses yang dikenal sebagai Happy Times Pertama dan Kedua, diputuskan bahwa pengiriman U-boat ke Samudra Hindia justru akan menjadi pengalihan yang tidak perlu. Juga tidak ada pangkalan asing untuk bermarkas dan mendapatkan pasokan, sehingga mereka akan beroperasi pada batas jangkauannya. Akibatnya, Jerman memilih untuk berkonsentrasi terutama pada kampanye U-boat mereka di Atlantik Utara.

Masuknya Jepang ke dalam perang pada tahun 1941 menyebabkan penangkapan koloni-koloni Asia Tenggara Eropa seperti Malaya Britania dan Hindia Belanda. Pada bulan Mei dan Juni 1942, kapal selam Jepang mulai beroperasi di Samudera Hindia dan menyerang pasukan Inggris di Madagaskar. Inggris telah menginvasi pulau yang dikendalikan Vichy untuk mencegahnya jatuh ke tangan Jepang - tetapi, karena Jepang tidak pernah diketahui (dari evaluasi pascaperang) memiliki rencana untuk menempatkan Madagaskar dalam lingkup pengaruhnya, pertahanan Inggris pulau itu juga bisa dianggap sebagai pertahanan yang masuk akal terhadap kemungkinan Madagaskar jatuh di bawah ambisi Jerman sendiri.

Bahan baku strategis Poros[sunting | sunting sumber]

UIT-24 (bekas Comandante Cappellini) Italia di Jepang pada tahun 1944.

Invasi Jerman ke Uni Soviet pada tahun 1941 telah mengakhiri penggunaan rute darat yang untuk pengiriman bahan strategis dari Asia Tenggara, dan beberapa kapal Poros dapat menghindari patroli Sekutu di Atlantik Utara. Jepang tertarik untuk bertukar teknologi militer dengan Jerman, kapal selam Jepang I-30 memprakarsai pengangkutan material strategis melalui bawah laut pada pertengahan 1942 dengan mengirimkan 1500 kg mika dan 660 kg lak.[5][6] Kapal selam Jepang yang dirancang untuk perjalanan Pasifik yang luas merupakan alat transportasi yang lebih mumpuni daripada U-boat Jerman yang dirancang untuk operasi di sekitar pantai Eropa, sementara kapal selam besar Italia terbukti tidak efektif untuk serangan konvoi. Angkatan Laut Kerajaan Italia (Regia Marina) mengubah tujuh kapal selam Italia yang beroperasi dari BETASOM menjadi "kapal selam dagang" untuk bertukar barang dagang yang langka atau tidak tergantikan dengan Jepang. Kapal-kapal itu adalah: Bagnolin, Barbarigo, Cappellini (berganti nama menjadi Aquilla III pada Mei 1943), Finzi, Giuliani, Tazzoli, dan Torelli.[7]

Operasi gabungan di Samudra Hindia[sunting | sunting sumber]

Gagasan penempatan U-boat di Malaya dan Hindia Timur untuk operasi di Samudera India pertama kali diusulkan oleh Jepang pada bulan Desember 1942. Karena tidak ada persediaan yang tersedia di kedua lokasi, idenya ditolak, meskipun sejumlah U-boat beroperasi di sekitar Tanjung Harapan pada saat itu.[8] Beberapa hari setelah Cappellini mencapai Hindia Timur, U-511 menjadi U-boat pertama yang menyelesaikan perjalanan. Kapal ini membawa atase angkatan laut Jepang Laksamana Naokuni Nomura [9] dari Berlin ke Kure. Kapal itu diberikan ke Jepang sebagai RO-500, kru Jerman-nya kembali ke Penang untuk menyediakan personel pengganti pangkalan kapal selam utama yang didirikan di bekas stasiun pesawat amfibi Inggris di pantai barat Semenanjung Malaya.[10] Basis kedua didirikan di Kobe. Basis perbaikan kecil berlokasi di Singapura, Jakarta, dan Surabaya. Sebagai bagian dari pembubaran operasi U-boat menyusul kerugian besar di Atlantik Utara pada awal 1943, Wilhelm Dommes diperintahkan untuk mengarungi U-178 nya dari wilayah operasinya di Afrika Selatan untuk mengambil alih komando di Penang.[11]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Paterson Lawrence(2004), Hitler's Grey Wolves: U-boats in the Indian Ocean, p. 29
  2. ^ Paterson Lawrence (2006), Hitler's Grey Wolves: U-boats in the Indian Ocean
  3. ^ Fate of the Far Eastern Boats
  4. ^ Monsun boats Evacuation
  5. ^ Blair, Clay Hitler's U-Boat War: The Hunted 1942–1945 (1998) Random House
  6. ^ Paterson (2004), p.33
  7. ^ Klemen, L (1999–2000). "The U-Boat War in the Indian Ocean". Forgotten Campaign: The Dutch East Indies Campaign 1941-1942. Diarsipkan dari versi asli tanggal 21 March 2011. 
  8. ^ Pre-Monsun Boats
  9. ^ 伊呂波会 (2006). 伊号潜水艦訪欧記 ヨーロッパへの苦難の航海. 光人社NF文庫. ISBN 4-7698-2484-X. 
  10. ^ Blair, Clay Hitler's U-Boat War: The Hunted 1942–1945 (1998) Random House ISBN 0-679-45742-9 p.239
  11. ^ Monsun boats