Monster Musume no Oisha-san

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Monster Musume no Oisha-san
Sampul novel ringan volume pertama yang menampilkan Saphentite "Sapphee" Neikes
モンスター娘のお医者さん
(Monsutā Musume no Oisha-san)
GenreFantasi[1]
Novel ringan
PengarangYoshino Origuchi
IlustratorZ-Ton
PenerbitShueisha
Penerbit bahasa Inggris
ImprintDash X Bunko
DemografiPria
Terbit24 Juni 2016 – sekarang
Volume10
Manga
PengarangYoshino Origuchi
IlustratorTetsumaki Tomasu
PenerbitTokuma Shoten
MajalahComic Ryū Web
DemografiSeinen
Terbit26 Februari 2018 – sekarang
Volume2
Seri anime
SutradaraYoshiaki Iwasaki
SkenarioHideki Shirane
MusikTO-MAS
StudioArvo Animation
Pelisensi
Saluran
asli
Tokyo MX, KBS Kyoto, Sun TV, BS11
Tayang 12 Juli 2020 27 September 2020
Episode12
Manga
Monster Musume no Oisha-san 0
PengarangYoshino Origuchi
IlustratorMitsuhiro Kimura
PenerbitShueisha
MajalahSuiyōbi wa Mattari Dash X Comic
DemografiShōnen
Terbit26 Juli 2020 – sekarang
Volume2
 Portal anime dan manga

Monster Musume no Oisha-san (Jepang: モンスター娘のお医者さん, Hepburn: Monsutā Musume no Oisha-san), yang dirilis dalam bahasa Inggris berjudul Monster Girl Doctor, adalah seri novel ringan Jepang yang ditulis oleh Yoshino Origuchi dan diilustrasikan oleh Z-Ton. Novel ringan ini telah diterbitkan oleh Shueisha di bawah cetakan Dash X Bunko mulai edisi Juni 2016. Seven Seas Entertainment telah mendapatkan lisensi seri novel ringan ini dalam bahasa Inggris untuk Amerika Utara. Adaptasi manga dari novel ringan ini diilustrasikan oleh Tetsumaki Tomasu dan dimuat secara daring di majalah Comic Ryū Web milik Tokuma Shoten mulai edisi Februari 2018. Adaptasi manga kedua dari novel ringan ini yang berjudul Monster Musume no Oisha-san 0 dimuat di Suiyōbi wa Mattari Dash X Comic milik Shueisha pada Juli 2020. Adaptasi seri televisi anime dari novel ringan ini diproduksi oleh Arvo Animation dan ditayangkan mulai tanggal 12 Juli hingga tanggal 27 September 2020.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Berlangsung setelah perang panjang antara manusia dan monster berakhir, cerita berfokus pada seorang manusia bernama Dr. Glenn Litbeit dan asistennya berketurunan lamia, Saphentite "Sapphee" Neikes, saat mereka menjalankan klinik di kota Lindworm, yang merupakan rumah bagi banyak monster yang hidup berdampingan dengan manusia.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Glenn Litbeit (グレン・リトバイト, Guren Ritobaito)
Pengisi suara: Shun'ichi Toki[2]
Seorang manusia laki-laki dari keluarga pedagang di timur jauh, yang ahli dalam obat-obatan selama perang. Ia berusaha menjadi dokter untuk populasi monster di kota Lindworm. Sikapnya yang tenang dan pikiran serta fokusnya yang cepat memungkinkannya untuk memperlakukan semua orang mulai dari seorang gadis hingga naga abadi. Hal ini cenderung membuatnya memiliki banyak gadis yang berlomba-lomba untuk mendapatkan cintanya, yang membuat Sapphee kesal. Tersirat bahwa ia membalas cinta Sapphee, tetapi ia tidak dapat bertindak hingga kliniknya terbayar.
Saphentite Neikes (サーフェンティット・ネイクス, Sāfentitto Neikusu)
Pengisi suara: Saori Ōnishi[2]
Sahabat masa kecil Glenn dan asisten di klinik yang dipanggil "Sapphee". Ia mengatur klinik dan memantau peri yang membantu mereka. Ia adalah lamia albino yang langka sehingga ia harus mengenakan pakaian khusus setiap kali ia keluar di bawah sinar matahari. Keluarganya juga pedagang selama perang dan bersekutu dengan keluarga Litbeit untuk membantu yang terluka dan memastikan produksi obat untuk dua pihak yang berperang. Ia dikirim ke keluarga Litbeit sebagai sandera politik di mana ia bertemu dengan Glenn dan jatuh cinta padanya. Namun, keluarganya juga pembunuh terkenal dan jika keluarga Litbeit mengkhianati mereka, ia akan membunuh keluarga Glenn. Ia juga memiliki toleransi yang rendah terhadap alkohol.
Tisalia Scythia (ティサリア・スキュテイアー, Tisaria Sukyuteiā)
Pengisi suara: Sarah Emi Bridcutt[3]
Seekor kentaur yang merupakan pewaris tunggal Transportasi Scythia. Sebagai seorang petarung arena peringkat tinggi, ia mengalami kekalahan beruntun hingga Glenn menyadari masalahnya dan dapat membantunya dengan memberikan sepatu kudanya. Ia sangat terbuka tentang kegilaannya pada Glenn dan tidak takut untuk mengatakannya di depan umum, terutama untuk mengganggu Sapphee, yang dianggap sebagai teman dan saingan percintaan.
Lulala Heine (ルララ・ハイネ, Rurara Haine)
Pengisi suara: Yukiyo Fujii[3]
Seekor putri duyung yang bernyanyi di Merrow Waterways. Hal ini ia lakukan untuk memberikan dukungan finansial bagi keluarganya. Bahkan saat menderita radang insang karena ia terlalu banyak berada di atas dan di luar air, ia tetap bernyanyi. Ia menyelamatkan seorang anak laki-laki yang tenggelam dan Glenn menyelamatkannya dari tenggelam karena insangnya. Ia memiliki perasaan untuk Glenn setelah Glenn menyelamatkannya dan mengobati peradangan.
Arahnia Taranterra Arachnida (アラーニャ・タランテラ・アラクニダ, Arānya Tarantera Arakunida)
Pengisi suara: Yū Shimamura[3]
Seekor arakhne yang merupakan perancang busana dengan menjahit pakaian dengan sutranya sendiri. Ia adalah sahabat Sapphee yang telah mengenal Sapphee sejak lama dan telah membuat beberapa pakaian tabir surya karena sutra arakhne sangat tahan lama. Keahliannya sangat bagus, ia bisa melakukan jahitan kecil dengan cepat dan efisien (seperti ahli bedah). Ia awalnya mencoba merayu Glenn untuk mendapatkan tanggapan dari Sapphee dan Tisalia, tetapi ia segera menyadari bahwa ia telah jatuh cinta pada Glenn.
Skadi Dragenfelt (スカディ・ドラーゲンフェルト, Sukadi Dorāgenferuto)
Pengisi suara: Atsumi Tanezaki[4]
Ketua dan wakil ketua dewan Lindworm. Ia adalah seekor naga yang mampu menyatukan manusia dan monster sebelum mereka bisa menghancurkan satu sama lain sepenuhnya, mengakhiri perang dan mendirikan kota sebagai eksperimen untuk melihat apakah monster dan manusia bisa hidup berdampingan. Ia berusia ratusan tahun, tetapi ia memiliki tubuh seorang gadis muda. Ia berpakaian dari ujung kepala hingga ujung kaki dengan jubah dan kerudung sehingga hanya sedikit makhluk yang pernah melihat wajahnya, tetapi mereka digunakan untuk menyembunyikan kondisi parasit. Karena kondisi tersebut, ia jarang berbicara dan hanya dengan bisikan sehingga kata-katanya disampaikan oleh Kunai, tetapi bagi mereka yang telah mendengarnya berbicara secara normal mengatakan bahwa mereka dapat mendengar kekuatan yang dimiliki serta perasaannya. Setelah parasit dikeluarkan oleh Glenn dan Cthulhy di akhir novel ringan volume ketiga, ia dapat berbicara dengan normal dan dari waktu ke waktu bertindak impulsif dan bahkan kekanak-kanakan (seperti menantang Tisalia selama pertandingan promosinya atau menyelundupkan camilan tengah malam), termasuk menyatakan bahwa ia tertarik pada Glenn, membuat Sapphee, Tisalia dan Kunai kecewa.
Kunai Zenow (苦無・ゼナウ)
Pengisi suara: Maki Kawase[4]
Asisten pribadi dan pengawal Skadi Dragenfelt. Sebagai seorang golem langka dari timur, ia dibawa oleh Skadi dan setia padanya, lalu ia bekerja dengan serius. Namun, karena sifatnya, ia diketahui kehilangan bagiannya jika ia rusak. Karena bagaimana ia diciptakan, ia tidak menyukai dokter dan ia dapat mendengar suara-suara dari bagian-bagian tubuh tempat ia diciptakan. Meskipun ia sangat bangga dengan sifat pejuangnya, hatinya adalah seorang gadis murni yang memiliki perasaan untuk Glenn setelah Glenn membantu memperbaikinya selama misi. Sekarang ia meminta bantuan Glenn setiap kali ia perlu mengganti jahitan atau bagiannya karena saat Glenn membantunya, suaranya jauh lebih tenang.
Illy (イリィ, Irii)
Pengisi suara: Sayumi Suzushiro[4]
Seekor harpi yang ditangkap oleh bandit dan dipaksa bertelur untuk dijual. Namun, ia sangat tertekan dan berdampak pada proses bertelurnya hingga Glenn membantunya, sedangkan Skadi dan Sapphee menahan bandit yang tersisa. Setelah itu, ia dan rombongannya pergi ke desa harpi terdekat untuk tinggal. Namun, ia segera mulai memiliki sifat keras kepala dan pemberontak, yang membuat seluruh desa kesal. Segera diketahui bahwa ia adalah salah satu dari garis keturunan harpi phoenix langka yang dianggap punah karena perang. Ia sekarang bekerja sebagai pembawa pesan untuk warga desa dan Skadi karena kemampuan terbang dan ingatannya yang cepat. Ia juga tertarik pada Glenn karena Glenn menyelamatkannya.
Memé Redon (メメ・ルドン)
Pengisi suara: Miho Okasaki[4]
Seorang kiklops yang bekerja di Bengkel Kuklo. Ia memiliki masalah karena mata kering karena miliknya lebih besar daripada mata yang lain. Namun, mata ini memberinya lebih banyak kejelasan dalam pekerjaan yang sangat bagus seperti merinci dan membuat instrumen bedah seperti pisau bedah dan jarum yang digunakan rumah sakit dan Glenn. Ia terinspirasi oleh Skadi untuk mencoba membuat hal-hal yang bisa digunakan orang untuk hidup. Ia juga suka memakai busana Gothic Lolita yang dibuat oleh Arahnia. Meskipun ia tampaknya memiliki perasaan untuk Glenn, ia sering merasa malu ketika ia lebih dekat dengan Glenn.
Kay Arte (ケイ・アルテ, Kei Arute)
Pengisi suara: Fairouz Ai[4]
Seekor kentaur yang merupakan salah satu pelayan Tisalia. Ia adalah seorang yatim piatu perang yang diadopsi oleh keluarga Arte, pelayan dari keluarga Scythia.
Lorna Arte (ローナ・アルテ, Rōna Arute)
Pengisi suara: M.A.O[4]
Seekor kentaur yang merupakan salah satu pelayan Tisalia. Seperti Kay, ia adalah seorang yatim piatu perang yang diadopsi oleh keluarga Arte. Karena ia lebih sensitif daripada Tisalia dan Kay, ia menderita masalah harga diri dan membutuhkan bantuan yang lebih mengontrol daripada Kay. Ia tanpa sadar menikmati dirinya diikat, yang sebenarnya menenangkannya.
Dione Nephilim (ディオネ・ネフィリム, Dione Nefirimu)
Pengisi suara: Hisako Kanemoto[4]
Seekor gigant langka yang tinggal di dekat desa harpi dan melihat Glenn sakit kepala saat Glenn melakukan pemeriksaan di desa. Karena ukurannya, ia bergerak sangat lambat dan hati-hati agar tidak melukai makhluk yang lebih kecil, tetapi ia setiap langkah menyebabkan gempa bumi dan tanah longsor. Meskipun ia muda untuk rasnya, ia masih berusia ratusan tahun dan telah lama mengenal Cthulhy dan Skadi. Ia berteman dengan Illy, yang pergi ke puncak gunung untuk mengunjunginya. Ia mengidentifikasi jantung parasit Skadi sebagai shoggoth.
Cthulhy Squele (クトゥリフ・スキュル, Kuturifu Sukyuru)
Pengisi suara: Yukana[4]
Seorang skilla atau penyihir laut yang merupakan kepala dokter dari Rumah Sakit Pusat Lindworm. Ia adalah mentor dan guru utama Glenn dan Sapphee yang menyuruh mereka memulai klinik untuk memperluas pembelajaran kedokteran mereka dan mempersiapkan Glenn untuk mengambil alih suatu hari nanti. Ia telah mengenal Skadi sejak lama, mengisyaratkan bahwa ia berusia ratusan tahun meskipun terlihat seperti berusia 30-an. Ia senang menggoda Glenn, yang membuat Sapphee kesal.
Aluloona Loona (アルルーナ・ルーナ, Arurūna Rūna)
Pengisi suara: Yō Taichi[5]
Seorang alraune yang merupakan anggota dewan kota. Ia adalah orang kedua di bawah Skadi dan bertanggung jawab atas pertanian.
Molly Vanitas (モーリー・ヴァニタス, Mōrī Vuanitasu)
Mantan shoggoth yang melekat pada Skadi. Setelah dikumpulkan, ia bergabung dengan kerangka mantan pengawas distrik mati dan bekerja untuk menjadikannya objek wisata dengan bantuan penduduk mayat hidup. Ia menggunakan sekop sebagai senjata untuk menjaga monster yang lebih sulit diatur. Ia juga sangat tertarik pada Glenn, lebih sebagai kekasih daripada pasangan.
Sioux Litbeit (スー・リトバイト, Sū Ritobaito)
Adik Glenn dari timur yang menderita demonitis. Ia mulai menumbuhkan tanduk dari dahinya, yang membuktikan keluarganya memiliki lebih dari sekadar darah manusia dalam nenek moyang mereka, yang membuatnya kepanasan jika ia menjadi bingung atau terlalu memaksakan diri hingga Glenn dapat membantunya. Ia saat ini bekerja di distrik lampu merah sebagai anggota patroli. Ia menganggap Sapphee sebagai kakak perempuannya dan berteman dengan Memé dan Arahnia. Karena semua wanita berbondong-bondong kepada Glenn, ia mengambil sendiri, atas perintah ibunya, untuk mencarikan Glenn istri yang paling cocok.

Media[sunting | sunting sumber]

Novel ringan[sunting | sunting sumber]

Seri novel ringan Monster Musume no Oisha-san ditulis oleh Yoshino Origuchi dan diilustrasikan oleh Z-Ton, yang merupakan salah satu seniman yang ditampilkan dalam antologi manga Monster Musume: I ♥ Monster Girls.[6] Volume pertama novel ringan ini diterbitkan oleh Shueisha pada tanggal 24 Juni 2016.[7] Pada tanggal 25 Februari 2021, Yoshino Origuchi mengumumkan bahwa volume 10 akan menjadi volume terakhir dalam seri novel ringan ini.[8] Seven Seas Entertainment mendapatkan lisensi novel ringan ini untuk distribusinya di Amerika Utara dan volume pertamanya dirilis pada tanggal 19 Desember 2017.[9]

No.Tanggal rilis bahasa JepangISBN bahasa JepangTanggal rilis versi bahasa InggrisISBN versi bahasa Inggris
1 24 Juni 2016[7]ISBN 978-4-08-631120-519 Desember 2017[10]ISBN 978-1-62-692654-7
2 22 Desember 2016[11]ISBN 978-4-08-631160-117 April 2018[12]ISBN 978-1-62-692740-7
3 23 Juni 2017[13]ISBN 978-4-08-631188-528 Agustus 2018[14]ISBN 978-1-62-692867-1
4 23 Februari 2018[15]ISBN 978-4-08-631231-828 Mei 2019[16]ISBN 978-1-64-275056-0
5 21 Desember 2018[17]ISBN 978-4-08-631284-426 November 2019[18]ISBN 978-1-64-275725-5
6 25 Juli 2019[19]ISBN 978-4-08-631321-627 Agustus 2020 (digital)
8 September 2020 (fisik)[20]
ISBN 978-1-64-505513-6
7 22 November 2019[21]ISBN 978-4-08-631340-719 Januari 2021[22]ISBN 978-1-64-505822-9
0 25 Maret 2020[23]ISBN 978-4-08-631358-24 Mei 2021[24]ISBN 978-1-64-827196-0
8 22 Juli 2020[25]ISBN 978-4-08-631373-519 Oktober 2021[26]ISBN 978-1-64-827319-3
9 25 Februari 2021[27]ISBN 978-4-08-631403-913 September 2022[28]ISBN 978-1-64-827573-9
10 25 Maret 2022[29]ISBN 978-4-08-631460-2

Manga[sunting | sunting sumber]

Adaptasi manga dari novel ringan ini diilustrasikan oleh Tetsumaki Tomasu dan telah dimuat secara daring di majalah Comic Ryū Web milik Tokuma Shoten mulai tanggal 26 Februari 2018.[30] Manga ini telah diterbitkan dalam dua volume tankōbon.[31]

Monster Musume no Oisha-san
No.Tanggal rilis bahasa JepangISBN bahasa Jepang
1 12 Januari 2019[32]ISBN 978-4-19-950666-6
2 13 Maret 2020[33]ISBN 978-4-19-950700-7
Monster Musume no Oisha-san 0
No.Tanggal rilis bahasa JepangISBN bahasa Jepang
1 19 Februari 2021[34]ISBN 978-4-08-891811-2
2 18 Juni 2021[35]ISBN 978-4-08-892016-0

Anime[sunting | sunting sumber]

Adaptasi seri televisi anime dari novel ringan ini diumumkan oleh Bandai Namco Arts pada tanggal 14 November 2019.[6] Seri ini diproduksi oleh Arvo Animation dan disutradarai oleh Yoshiaki Iwasaki, dengan Hideki Shirane menulis naskah, Hiromi Kato mendesain karakter dan TO-MAS menyusun musik. Seri ini memiliki debut siaran lanjutan di d Anime Store pada tanggal 4 Juli 2020.[36] Seri ini secara resmi ditayangkan mulai tanggal 12 Juli hingga tanggal 27 September 2020 di Tokyo MX dan saluran lainnya.[37][38] Lagu tema pembukanya adalah "Campanella Hibiku Sora de" (カンパネラ響く空で, "In the Sky Where the Bells Ring") yang dibawakan oleh ARCANA PROJECT, sedangkan lagu tema penutupnya adalah "Yasashisa no Namae" (やさしさの名前, "The Name of Kindness") yang dibawakan oleh Aina Suzuki.[38]

Crunchyroll mendapatkan lisensi seri ini di Amerika Utara.[39] Di Asia Tenggara dan Asia Selatan, Muse Communication mendapatkan lisensi seri ini dan dirilis di saluran YouTube Muse Asia dan layanan siaran iQIYI di Asia Tenggara.[40] Pada tanggal 11 Agustus 2020, Crunchyroll mengumumkan bahwa seri ini akan menerima sulih suara bahasa Inggris,[41] yang ditayangkan perdana pada tanggal 16 Agustus.[42] Pada tanggal 18 Mei 2021, Sentai Filmworks mengambil hak video rumahan.[43]

No.Judul [44][a]Tanggal tayang asli [45]
1"The Centaur of the Arena"
Transkripsi: "Tōgi-ba no Kentaurosu" (闘技場のケンタウロス)
12 Juli 2020 (2020-07-12)[b]
Bertahun-tahun yang lalu, perang berkecamuk antara manusia dan monster selama 100 tahun. Dengan kedua belah pihak kelelahan dan tidak dapat mengingat mengapa perang dimulai, perdamaian terjadi hingga manusia dan monster sekarang hidup dalam harmoni. Glenn Litbeit, seorang manusia, ahli dalam merawat monster dengan asistennya, Saphentite "Sapphee" Neikes. Setelah melakukan pemeriksaan pada minotauros betina yang mengungkapkan kehamilannya, Glenn diminta oleh mentornya, Dr. Cthulhy Squele, seorang skilla, untuk melakukan pemeriksaan fisik pada para petarung di arena kota. Salah satu petarung tersebut adalah Tisalia Scythia, seorang kentaur yang merupakan pewaris tunggal Transportasi Scythia. Selama pemeriksaan, ia mengungkapkan keinginan untuk menikahi seseorang seperti Glenn, yang membuat Sapphee cemburu. Tisalia belum memenangkan pertempuran selama lebih dari sebulan, tetapi Glenn tidak menemukan masalah medis dengannya. Setelah beberapa saat, ia akhirnya menyadari keyakinannya bahwa tubuhnya sudah sempurna, artinya ia tidak pernah membiarkan dirinya dipasangi sepatu baja dan kukunya telah aus hingga tidak merata, membuatnya tidak seimbang. Terlepas dari keberatannya, Glenn telah memasang sepatu baru dan ia mulai memenangkan pertempuran lagi. Glenn bertanya-tanya apakah Cthulhy sedang menguji bagaimana ia akan menangani pasien yang sulit.
2"The Mermaid of the Waterways"
Transkripsi: "Suiro-gai no Māmeido" (水路街のマーメイド)
19 Juli 2020 (2020-07-19)
Sapphee menceritakan bagaimana selama perang, ia bertemu Glenn saat ia masih kecil ketika ia diserahkan kepada ayah Glenn sebagai sandera politik. Setelah ini, Sapphee tidak melihat Glenn lagi hingga mereka berdua memasuki akademi untuk mempelajari pengobatan monster. Glenn dan Sapphee pergi berbelanja di Merrow Waterways, yang dibangun oleh seekor naga bernama Skadi Dragenfelt. Seorang penyanyi putri duyung yang bernama Lulala Heine menawarkan untuk membiarkan Glenn dan Sapphee membeli sebuah lagu, tetapi terlepas dari keahliannya yang jelas, ia tidak dapat menyelesaikannya. Glenn mendiagnosis Lulala dengan radang insang karena tidak menghabiskan cukup waktu di dalam air. Lulala mengaku bahwa ia akan segera mendapatkan gaji menyanyi di Balai Dewan Pusat, tetapi ia harus bernyanyi di Waterways untuk memenuhi kebutuhan ibu dan saudara-saudaranya. Seorang anak manusia jatuh ke dalam air dan Lulala berhasil menyelamatkannya. Namun, dengan insang yang meradang, ia secara tidak sengaja menghirup air ke paru-parunya dan mulai tenggelam. Glenn berhasil menyelamatkannya dengan memaksa udara masuk ke paru-parunya melalui ciuman sehingga insangnya bisa mengeluarkan air yang dihirup. Setelah Glenn memberikan obat untuk insang Lulala, ia mulai bernyanyi penuh waktu di Balai Dewan dan mulai menyukai Glenn.
3"The Flesh Golem Who Hates Doctors"
Transkripsi: "Isha-girai no Furesshu Gōremu" (医者嫌いのフレッシュゴーレム)
26 Juli 2020 (2020-07-26)
Suatu saat di malam hari, seorang wanita mengejar seorang bandit ketika ia disergap. Keesokan harinya, setelah Glenn dan Sapphee selesai merawat seorang gadis lendir, mereka didekati oleh Skadi dan pengawalnya, Kunai Zenow. Skadi bertanya apakah mereka dapat membantu menemukan dan memasang kembali lengan kanan Kunai. Ia kemudian mengungkapkan bahwa Kunai adalah seorang golem. Setelah Skadi pergi, Kunai menolak bantuan Glenn karena kebenciannya pada dokter dan ia memutuskan untuk mencari lengannya sendiri. Di luar, ia melihat bandit lain dan ia mengikuti mereka. Kemudian, Glenn keluar mencari lengan Kunai ketika ia bertemu dengan Tisalia, yang menemukan kaki Kunai. Saat memeriksa kakinya, Glenn melihat jahitannya rusak parah. Ia kemudian menuju lebih jauh ke kota di mana ia bertemu dengan Lulala, yang memiliki lengan Kunai. Menggunakan bagian tubuh untuk menemukan Kunai, Glenn menyatukannya kembali meskipun ia keberatan. Sementara itu, di klinik, Sapphee berbincang dengan sahabatnya, Arahnia Taranterra Arachnida. Setelah Glenn selesai, Kunai berterima kasih padanya. Kemudian terungkap bandit sedang melihat mereka. Ketika Glenn kembali ke klinik, Sapphee mengatakan kepadanya bahwa Sapphee yakin bahwa dirinya hamil.
4"The Lamia With an Incurable Disease"
Transkripsi: "Fuji-no-yamai no Ramia" (不治の病のラミア)
2 Agustus 2020 (2020-08-02)
Sapphee mengungkapkan bahwa ia sebenarnya menyembunyikan telur harpi yang ditinggalkan. Saat itu, beberapa bandit menyerang klinik. Ketika mereka bertemu Kunai, ia menjelaskan bahwa para bandit adalah budak. Mereka bergabung dengan Skadi dan Lulala di Waterways di mana mereka diserang oleh pemanah. Untungnya, Tisalia ada di dekatnya dan ia melawan mereka. Di tempat persembunyian, salah satu harpi tertekan karena sedang bertelur. Saat Skadi dan Sapphee melawan para bandit, Sapphee menyesal bersembunyi dari Glenn bahwa ia memiliki penyakit yang tidak dapat disembuhkan dan keluarganya mengkhususkan diri dalam pembunuhan. Saat ia masih kecil, ia sebenarnya di bawah perintah untuk membunuh keluarga Glenn jika kesepakatan bisnis gagal. Selama pertempuran, Sapphee diracuni dan pingsan. Ketika ia terbangun, Glenn menjelaskan bahwa para budak ditangkap dan harpi meletakkan telurnya dengan aman. Sapphee memutuskan untuk mengakui kebenaran kepada Glenn, yang mengungkapkan bahwa ia sebenarnya sudah mengetahuinya. Sapphee sangat senang dan ia mencoba merayu Glenn, tetapi ia pingsan lagi. Glenn setuju untuk memegang ekornya hingga ia tidur, seperti ketika mereka masih anak-anak. Sapphee mengisyaratkan bahwa penyakit tak tersembuhkan yang dideritanya mungkin hanya cinta.
5"The Centaur With a Sprain"
Transkripsi: "Nenza no Kentaurosu" (捻挫のケンタウロス)
9 Agustus 2020 (2020-08-09)
Glenn merekrut Tisalia untuk membawa mereka ke desa harpi untuk pemeriksaan kesehatan para harpi. Longsoran batu melukai Kay, salah satu pelayan Tisalia sehingga ia diterbangkan ke desa oleh para harpi di mana Glenn mendiagnosisnya keseleo. Lorna, teman masa kecil Kay, sangat terganggu tanpa Kay dan hampir merusak negosiasi Tisalia untuk mempekerjakan para harpi sebagai kurir udara. Khawatir, Tisalia meminta Glenn untuk memeriksa Lorna. Glenn berusaha untuk mengetahui dari mana harus memulai karena Lorna memiliki masalah psikologis. Sapphee menyarankan bahwa karena Lorna tumbuh lebih tinggi dan lebih sensitif daripada Tisalia dan Kay, ia mungkin merasa tidak berguna tanpa seseorang yang bertanggung jawab. Glenn membuat keputusan aneh untuk mengambil semua kendali dari Lorna, melengkapinya dengan penutup mata dan kendali. Anehnya, Lorna segera merasa lebih baik karena ia lebih bisa fokus pada pekerjaannya meskipun Glenn secara pribadi berpikir Lorna mungkin hanya menikmati diikat. Sebagai ucapan terima kasih, Kay dan Lorna mencoba merayu Glenn bersama, dengan alasan jika mereka tidur bersama, Tisalia mungkin akan memaksa Glenn untuk bertanggung jawab dengan menikahinya. Glenn segera menolak, tetapi Kay dan Lorna masih berharap Glenn menjadi tuan mereka juga suatu hari nanti.
6"The Harpy Who Couldn't Fly"
Transkripsi: "Tobenai Hāpī" (飛べないハーピー)
16 Agustus 2020 (2020-08-16)
Setelah memeriksa Kay, Glenn, Sapphee dan Tisalia mengunjungi Illy. Di sana, Glenn memeriksanya di mana ia menyatakan bahwa ia tidak sakit dan hanya ganti kulit. Illy yang marah mencoba menyerang Glenn, tetapi ia dihentikan oleh Tisalia. Saat Tisalia menyusulnya, Illy menantangnya untuk berkelahi. Setelah itu, Tisalia mengungkapkan kepada Glenn dan Sapphee bahwa ia memenangkan pertarungan. Ketika ia memberikan Glenn sehelai bulu yang Illy hilangkan selama pertarungan, ia bertanya pada Sapphee dan Tisalia apakah mereka bisa membantu sesuatu. Keesokan harinya, mereka mengumpulkan semua bulu yang bisa mereka temukan. Malamnya, Illy mengenang saat dulu bisa terbang. Ketika mereka menyusulnya, Glenn mengungkapkan alasan ia berganti bulu adalah ia mendapatkan bulu dewasa dan ia memiliki darah phoenix di dalam dirinya. Di Lindworm, terungkap bahwa Cthulhy sudah mengetahui hal ini. Beberapa waktu kemudian, Illy yang gembira memamerkan sayap barunya dan ia bisa terbang lagi. Ketika salah satu bulu barunya jatuh ke tangan Glenn, ia mengetahui bahwa bulu itu panas, bertanya-tanya apakah Illy mungkin lebih dekat dengan phoenix daripada yang dipikirkan sebelumnya. Sementara itu, Arahnia mengunjungi klinik untuk menemui Glenn.
7"The Hedonistic Arachne"
Transkripsi: "Kyōraku no Arakune" (享楽のアラクネ)
23 Agustus 2020 (2020-08-23)
Tepat saat Glenn dan Sapphee hendak pulang, Illy muncul dalam keadaan tertutup zat lengket. Glenn memperhatikan bahwa zat itu adalah sutra arakhne. Menuju ke hutan, Glenn dan Sapphee bertemu dengan Arahnia di mana ia memperkenalkan dirinya kepada Glenn. Arahnia mengungkapkan bahwa ia ada di sana untuk menangkap Illy sehingga ia bisa melihat sendiri sayap pelanginya. Di desa, Arahnia yang sangat bersemangat bertemu dengan Illy. Sementara itu, Sapphee dan Tisalia berseteru karena Arahnia. Hari berikutnya, Sapphee, Kay dan Lorna berada di sumber air panas. Saat ini terjadi, Arahnia mengunjungi Glenn. Setelah itu, ia memintanya untuk bergabung dengannya di mana ia menangkapnya dalam jebakan. Ia ingin merayunya agar ia bisa lebih dekat dengan Sapphee. Namun, Tisalia datang untuk menghentikannya. Arahnia menyatakan ia dan Tisalia sama dalam hal apa yang mereka inginkan. Saat mereka akan bertarung satu sama lain, Sapphee muncul. Ia memberitahu mereka bahwa Glenn tidak punya waktu untuk pacaran. Malamnya, Sapphee memberitahu Glenn bahwa ia mencintainya. Mereka kemudian terganggu ketika mereka mendengar getaran yang disebabkan oleh gigant.
8"Attack on Gigas"
Transkripsi: "Shingeki no Gigasu" (進撃のギガス)
30 Agustus 2020 (2020-08-30)
Desa itu ketakutan saat dewi gigant semakin dekat. Tisalia mengambil alih dan membuat semua orang bekerja sama untuk mengevakuasi desa, mengirim Illy ke Lindworm untuk berbicara denga Skadi dan kemudian menyelinap pergi untuk menghadapi gigant sendirian. Namun, ia dihentikan oleh Sapphee dan Glenn, yang menyadari bahwa ia tidak bersama kelompok itu. Saat itu, seekor gigant bernama Dione Nephilim muncul dan meminta untuk melihat Glenn. Sementara itu, di Lindworm, Skadi memberitahu Illy yang panik tentang dirinya. Glenn menyadari Dione sedang sakit kepala dan menawarkan obatnya, lalu ia meminta Arahnia untuk membuatkan pakaian hangat baru untuknya, sedangkan para harpi berteman dengannya, terutama Illy. Kelompok itu kembali ke Lindworm untuk membuka kembali klinik, tempat Glenn mengajak Tisalia makan malam. Selama makan malam, Tisalia menemukan Sapphee memata-matai mereka dan mereka berdua menyatakan bahwa mereka tidak akan kalah dalam persaingan untuk hati Glenn. Tak lama kemudian, semua orang tiba di Merrow Waterways untuk upacara peringatan di mana Glenn melihat ada yang tidak beres dengan ekor Skadi. Saat Skadi memberikan pidato, ia pingsan di depan semua orang.
9"The Collapsed Dragon"
Transkripsi: "Taoreta Doragon" (倒れたドラゴン)
6 September 2020 (2020-09-06)
Di Rumah Sakit Pusat Lindworm, Cthulhy menjelaskan kepada Glenn dan Sapphee bahwa meskipun Skadi memiliki fisiologi naga yang tangguh, ia memiliki kondisi langka yang pada akhirnya akan membunuhnya. Ia juga menyebutkan Skadi tidak tertarik untuk disembuhkan. Kunai kemudian meminta Glenn untuk membantu Skadi. Begitu ia berada di dalam kamar Skadi, Glenn mendengar suara Skadi untuk pertama kalinya dan menemukan ia memiliki penampilan seorang gadis muda. Skadi terpaksa setuju untuk diperiksa dan mengungkapkan tumor di dadanya yang mulai menyusup ke pembuluh darahnya dan mengubah aliran darahnya. Ia percaya penyakit itu adalah karma untuk leluhur naganya yang meninggalkan alam dewa dan atas tindakannya selama Perang Besar. Glenn meminta izin Cthulhy untuk melakukan operasi yang rumit dan ia setuju setelah mendengar motivasi tulusnya, tetapi kekhawatiran Skadi masih perlu diyakinkan dan mereka membutuhkan setidaknya satu ahli bedah lagi. Glenn meminta kepada Arahnia keterampilan menjahitnya untuk membantu memperbaiki pembuluh darah yang rusak. Arahnia awalnya menolak, tetapi ia mengalah setelah menyadari ia akan memakai seragam perawat seperti Sapphee. Tak gentar dengan tantangan, Glenn memulai persiapannya.
10"The Self-Deprecating Cyclops"
Transkripsi: "Jigyaku no Saikuropusu" (自虐のサイクロプス)
13 September 2020 (2020-09-13)
Kunai mencoba meyakinkan Skadi untuk menjalani operasi tanpa hasil. Sementara itu, Glenn mengunjungi Lokakarya Kuklo untuk berbicara dengan bos tentang membuat beberapa alat bedah saat dia bertemu dengan Memé. Saat mereka berjalan, Memé menjadi bingung karena kurang percaya diri. Ketika mereka mencapai bos, dia memintanya untuk membuat jarum, yang membuatnya kecewa. Kemudian, Arahnia berada di klinik tempat dia berlatih untuk operasi dengan Kunai. Cthulhy dan Glenn pergi untuk memeriksa alat-alat baru. Memé ada di ruang peregangan mencoba memeriksa jarum saat roda pemintal menarik perhatiannya. Keesokan harinya, Illy bergegas ke klinik untuk menjemput Glenn karena Meme sudah pingsan. Glenn membawanya ke klinik dan bertanya apa yang dia lakukan, di mana dia mengira dia menderita kelelahan dan vertigo. Dia kemudian menunjukkan kepada semua orang rencana barunya untuk membuat jarum baru yang lebih kuat dan lebih tipis, yang membuatnya mendapatkan pujian. Saat Glenn pergi untuk sekali lagi meyakinkan Skadi untuk menjalani operasi, Sapphee dan Arahnia mendoakan yang terbaik untuknya.
11"Lindworm's Major Operation"
Transkripsi: "Rindo Vurumu Dai Shujutsu" (リンド・ヴルム大手術)
20 September 2020 (2020-09-20)
Glenn tiba di Balai Dewan Pusat untuk meyakinkan Skadi agar menjalani operasi. Sementara itu, Sapphee, Arahnia dan Tisalia memiliki malam khusus perempuan di sebuah kedai. Ketika mereka kembali ke klinik, Sapphee menangkap Arahnia yang sedang mencuri sisik naga. Mencoba melarikan diri, ia dihentikan oleh Tisalia dan Sapphee. Alih-alih menyerahkannya kepada pihak berwenang, Sapphee dan Tisalia melakukan percakapan yang tulus dengan Arahnia yang terkejut. Mereka juga mengungkapkan kepada Arahnia bahwa ia telah jatuh cinta pada Glenn. Beberapa waktu kemudian, Glenn menyusul Skadi di mana ia menjelaskan mengapa ia menolak untuk menjalani operasi. Namun, ketika Glenn mengatakan kepadanya bahwa ia pantas menjalani kehidupan yang bahagia, Skadi memutuskan untuk menjalani operasi. Pada malam operasi, Glenn, Cthulhy, Sapphee dan Arahnia mengoperasi Skadi, sedangkan semua warga Lindworm berjaga-jaga berharap untuk keberhasilannya. Keesokan paginya, terungkap bahwa operasi itu sukses dan warga kota bersukacita.
12"The City of Dragons' Doctor"
Transkripsi: "Ryū no Machi no Oishasan" (竜の街のお医者さん)
27 September 2020 (2020-09-27)
Setelah operasi, Skadi tiba di sebuah upacara. Ia kemudian menuju ke klinik. Sementara itu, Glenn merawat Sapphee yang sakit. Ketika ia meninggalkan klinik untuk menelepon ke rumah, ia bertemu dengan Skadi dan Kunai. Namun, ketika kereta mereka rusak, Memé Redon muncul dan memperbaikinya. Skadi berterima kasih kepada Glenn dan Memé dengan memberi mereka dua tong besar anggur. Kembali ke klinik, Arahnia menjaga Sapphee. Di desa harpi, Dione membantu para harpi. Ketika Glenn kembali, ia menyuruh Tisalia, Kay dan Lorna mengangkut tong untuk mereka. Di klinik, Arahnia menggoda Sapphee tentang Glenn saat Illy dan teman-temannya muncul. Mereka memberi Sapphee dan Arahnia makanan dari desa dan pegunungan mereka. Saat itu, Glenn tiba dan ia dikerumuni oleh para gadis. Glenn mengungkapkan bahwa dalam perjalanan pulang, semua orang terus memberinya makanan. Malamnya, pesta diadakan di kota.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Seluruh judul dalam bahasa Inggris diambil dari Crunchyroll.
  2. ^ Seri ini memiliki debut siaran lanjutan pada tanggal 4 Juli 2020.[36]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Komatsu, Mikikazu (8 Agustus 2020). "Aina Suzuki Delivers Tender Voice in Monster Girl Doctor ED Theme MV". Crunchyroll. Diakses tanggal 12 Agustus 2020. 
  2. ^ a b Pineda, Rafael Antonio (13 Februari 2020). "Monster Girl Doctor TV Anime Casts Saori Ōnishi, Shunichi Toki". Anime News Network. Diakses tanggal 14 Februari 2020. 
  3. ^ a b c Hodgkins, Crystalyn (22 Maret 2020). "Monster Girl Doctor Anime Reveals Promo Video, 3 More Cast Members, Visuals". Anime News Network. Diakses tanggal 24 Maret 2020. 
  4. ^ a b c d e f g h Sherman, Jennifer (5 Juli 2020). "Monster Girl Doctor Anime Reveals 8 More Cast Members". Anime News Network. Diakses tanggal 5 Juli 2020. 
  5. ^ Taichi, Yō [@Taicho_Taichi] (20 September 2020). "【お知らせ】TVアニメ 『モンスター娘のお医者さん』にて「アルルーナ・ルーナ」さんを演じさせて頂きました!台詞は一言でしたが、実は農業の知識が豊富な彼女。自然色たっぷりの名前(大地葉)で活動している私にお任せ頂けて大変嬉しかったです(笑)!皆様、是非ご覧ください!" (Tweet) (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 25 Oktober 2020 – via Twitter. 
  6. ^ a b Pineda, Rafael Antonio (13 November 2019). "Monster Girl Doctor Light Novels Gets TV Anime". Anime News Network. Diakses tanggal 14 November 2019. 
  7. ^ a b "モンスター娘のお医者さん" (dalam bahasa Japanese). Shueisha. Diakses tanggal 23 Februari 2022. 
  8. ^ Frye, Patrick (26 Februari 2021). "Monster Girl Doctor Volume 10 ending the story of the Monster Musume no Oishasan light novel book series". Monsters and Critics. Diakses tanggal 26 Februari 2021. 
  9. ^ Ressler, Karen (20 April 2017). "Seven Seas Licenses Monster Girl Doctor Light Novel Series". Anime News Network. Diakses tanggal 14 November 2019. 
  10. ^ "Book: Monster Girl Doctor (Light Novel) Vol. 1". Seven Seas Entertainment. Diakses tanggal 23 Februari 2022. 
  11. ^ "モンスター娘のお医者さん2" (dalam bahasa Japanese). Shueisha. Diakses tanggal 23 Februari 2022. 
  12. ^ "Book: Monster Girl Doctor (Light Novel) Vol. 2". Seven Seas Entertainment. Diakses tanggal 23 Februari 2022. 
  13. ^ "モンスター娘のお医者さん3" (dalam bahasa Japanese). Shueisha. Diakses tanggal 23 Februari 2022. 
  14. ^ "Book: Monster Girl Doctor (Light Novel) Vol. 3". Seven Seas Entertainment. Diakses tanggal 23 Februari 2022. 
  15. ^ "モンスター娘のお医者さん4" (dalam bahasa Japanese). Shueisha. Diakses tanggal 23 Februari 2022. 
  16. ^ "Book: Monster Girl Doctor (Light Novel) Vol. 4". Seven Seas Entertainment. Diakses tanggal 23 Februari 2022. 
  17. ^ "モンスター娘のお医者さん5" (dalam bahasa Japanese). Shueisha. Diakses tanggal 23 Februari 2022. 
  18. ^ "Book: Monster Girl Doctor (Light Novel) Vol. 5". Seven Seas Entertainment. Diakses tanggal 23 Februari 2022. 
  19. ^ "モンスター娘のお医者さん6" (dalam bahasa Japanese). Shueisha. Diakses tanggal 23 Februari 2022. 
  20. ^ "Book: Monster Girl Doctor (Light Novel) Vol. 6". Seven Seas Entertainment. Diakses tanggal 23 Februari 2022. 
  21. ^ "モンスター娘のお医者さん7" (dalam bahasa Japanese). Shueisha. Diakses tanggal 23 Februari 2022. 
  22. ^ "Book: Monster Girl Doctor (Light Novel) Vol. 7". Seven Seas Entertainment. Diakses tanggal 23 Februari 2022. 
  23. ^ "モンスター娘のお医者さん0" (dalam bahasa Japanese). Shueisha. Diakses tanggal 23 Februari 2022. 
  24. ^ "Book: Monster Girl Doctor Zero (Light Novel)". Seven Seas Entertainment. Diakses tanggal 23 Februari 2022. 
  25. ^ "モンスター娘のお医者さん8" (dalam bahasa Japanese). Shueisha. Diakses tanggal 23 Februari 2022. 
  26. ^ "Book: Monster Girl Doctor (Light Novel) Vol. 8". Seven Seas Entertainment. Diakses tanggal 23 Februari 2022. 
  27. ^ "モンスター娘のお医者さん9" (dalam bahasa Japanese). Shueisha. Diakses tanggal 23 Februari 2022. 
  28. ^ "Book: Monster Girl Doctor (Light Novel) Vol. 9". Seven Seas Entertainment. Diakses tanggal 23 Februari 2022. 
  29. ^ "モンスター娘のお医者さん10" (dalam bahasa Jepang). Shueisha. Diakses tanggal 23 Februari 2022. 
  30. ^ "「モンスター娘のお医者さん」「ダンジョンでお花摘み」リュウWebで新連載2本". Natalie (dalam bahasa Jepang). 26 Februari 2018. Diakses tanggal 22 Juli 2020. 
  31. ^ "モンスター娘のお医者さん" (dalam bahasa Jepang). Tokuma Shoten. Diakses tanggal 22 Juli 2020. 
  32. ^ モンスター娘のお医者さん1 (dalam bahasa Jepang). Tokuma Shoten. Diakses tanggal 4 Juli 2020. 
  33. ^ モンスター娘のお医者さん ② (dalam bahasa Jepang). Tokuma Shoten. Diakses tanggal 4 Juli 2020. 
  34. ^ "モンスター娘のお医者さん0(ゼロ) 1" (dalam bahasa Jepang). Shueisha. Diakses tanggal 11 Juni 2021. 
  35. ^ "モンスター娘のお医者さん0(ゼロ) 2" (dalam bahasa Jepang). Shueisha. Diakses tanggal 11 Juni 2021. 
  36. ^ a b Pineda, Rafael Antonio (2 Juli 2020). "Monster Girl Doctor Anime's 1st Episode Debuts Streaming in Japan on July 4". Anime News Network. Diakses tanggal 2 Juli 2020. 
  37. ^ Hodgkins, Crystalyn (19 Maret 2020). "Monster Girl Doctor Anime Premieres in July". Anime News Network. Diakses tanggal 19 Maret 2020. 
  38. ^ a b Pineda, Rafael Antonio (9 Juni 2020). "Monster Girl Doctor Anime Premieres on July 12". Anime News Network. Diakses tanggal 9 Juni 2020. 
  39. ^ Pineda, Rafael Antonio (4 Juli 2020). "Crunchyroll Streams TONIKAWA, 'So I'm a Spider, So What?', EX-ARM Anime". Anime News Network. Diakses tanggal 2 Agustus 2020. 
  40. ^ Pineda, Rafael Antonio (27 Juli 2020). "iQiyi Adds 7 Summer Anime for Southeast Asia". Anime News Network. Diakses tanggal 1 Agustus 2020. 
  41. ^ Luster, Joseph (11 Agustus 2020). "Crunchyroll Lines Up Dub Plans for The God of High School, Re:ZERO Season 2, and More". Crunchyroll. Diakses tanggal 12 Agustus 2020. 
  42. ^ Sherman, Jennifer (11 Agustus 2020). "Crunchyroll Announces English Dub Casts, August Premieres for Monster Girl Doctor, The God of High School, Rent-a-Girlfriend". Anime News Network. Diakses tanggal 27 September 2020. 
  43. ^ Milligan, Mercedes (18 Mei 2021). "Crunchyroll & Sentai Set New Slate of Home Anime Releases". Animation Magazine. Diakses tanggal 18 Mei 2021. 
  44. ^ "Story". mon-isha-anime.com (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 4 Juli 2020. 
  45. ^ "モンスター娘のお医者さん". Tokyo MX (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-07-06. Diakses tanggal 29 Juli 2020. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]