Monster Ark

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Monster Ark
Monster ark (Movie promotional photo).jpg
Promotional poster
Sutradara Declan O'Brien[1]
Produser Produser
Jeffery Beach
Phillip J. Roth
Eksekutif Produser
Thomas P Vitale[2]
Penulis

Berkeley Anderson

Declan O'Brien
Pemeran Renée O'Connor
Tim DeKay
Musik Claude Foisyh[3]
Sinematografi Anton Bakarski
Penyunting Matt Michael
Tanggal rilis
09 Agustus 2008 (2008-08-09)
Negara Amerika Serikat
Bahasa English

Monster Ark adalah sebuah film televisi bergenre thriller/sci-fi yang ditayangkan di Sci-Fi Channel pada tanggal 9 Agustus 2008. Film ini disutradarai oleh Declan O'Brien dan Renée O'Connor

Plot[sunting | sunting sumber]

Seorang professor dan dosen sebuah universitas arkeologi, Nicholas Zavaterro, mengunjungi daerah pesisir laut mati bersama kedua muridnya, Joanna dan Russell. Di tempat itu, Nicholas dan Russell menemukan sebuah guci yang berisi perkamen tua yang berada di kedalaman sebuah gua yang tidak pernah teridentifikasi. Ketiga orang itu kembali ke Amerika dengan membawa penemuan mereka. Sesampai di Amerika, perkamen dibuka dengan bantuan mantan istri Nicholas, Ava Greenway yang juga seorang piawai dibidang arkeologi. Ava yang melihat perkamen itu, menerjemahkannya selama beberapa hari dan menemukan fakta bahwa itu adalah Kitab Kejadian yang ditulis sekitar tahun 380 SM. Kitab itu menceritakan mengenai Bahtera Nuh yang sebenarnya ada 2. Nuh membuatnya satu untuk para manusia dan hewan, sedangkan satunya lagi untuk para monster terakhir yang nantinya akan ia bawa ke sebuah tempat untuk dimasukkan ke neraka. Celakanya, kapal para monster itu terguling karena tertabrak sebuah tonggak batu yang mencuat dari permukaan air bah. Para monster tenggelam dan keberadaannya tidak ditemukan.

Setelah berargumen dengan pihak militer, pihak militer setuju akan membawa Nicholas, Ava, Joanna, dan Russell ke Irak yang menjadi lokasi kapal tersebut. Mereka disambut di Irak oleh Sersan Gentry yang bertugas disana. Bersama dengan Sersan Gentry dan tentara, mereka mencari koordinat kapal yang ditulis di perkamen Kitab. Disana mereka menemukan sebuah kotak besar yang mengandung “energi” yang kuat. Kotak itu dibawa ke kamp tentara dan dibuka bersama oleh para pemeran kita. Didalamnya terdapat sebuah makhluk monster yang tidak bisa mati karena tiada satupun senjata yang mampu melumpuhkannya. Setelah sukses menghancurkan alat-alat inti kamp itu, makhluk itu pergi menjauh dan mencari perkampungan sipil lainnya untuk dimangsa. Dari keterangan Kitab, apabila makhluk itu tidak dimusnahkan maka kiamat akan segera terjadi.

Nicholas, Ava, Joanna, Russell dan Sersan Gentrypun melacak dan melacak keberadaan monster itu yang selalu menyerang, pergi, dan kembali. Disaat-saat pencarian itu sebuah kelompok persaudaraan tua yang bernama Noachidae, yang merupakan kesatuan dari keturunan Nuh, turut mencari monster itu dan “sesuatu” yang berbahaya bila ditemukan. Mereka menganggap Nicholas dan krunya adalah musuh. Dari Kitab Kejadian, mereka menemukan sebuah komplek bangunan aneh yang setelah memecahkan beberapa kode, mereka sampai ke makam Nuh. Tetapi makam itu sudah dijarah. Saat di mana kawanan Nicholas memasuki makam itu, seorang pesuruh dari Noachidae, Belus, ditugaskan untuk mengambil “sesuatu” itu, dan membimbingnya kepada makam yang sama dengan yang dikunjungi Nicholas. Di dalam makam itu mereka diserang oleh makhluk itu yang entah bagaimana bisa kembali. Dalam serangan itu Russell terluka parah dan membuat mereka mengevakuasi diri sendiri dari makam yang kemudian roboh setelah Nicholas memicu sebuah jebakan.

Setelah berhasil menangkap Belus, Belus menceritakan bahwa “sesuatu” yang mereka semua cari adalah sebuah tombak Nuh yang digunakan oleh Nuh dahulu untuk melawan para monster. Dan tombak itu berada di makam Nuh yang asli, yang sudah dipindahkan ke tempat lain. Setelah sumpah Nicholas yang akan mengubur rahasia ini dengan syarat apabila kru daru Noachidae membawa Russell ke rumah sakit, Belus menyetujuinya. Hal itu didukung oleh Ava yang ternyata juga keturunan Noachidae. Setelah kerja sama itu, Belus membawa mereka ke sebuah kota yang dilindungi tentara. Disana Belus memperlihatkan makam Nuh yang berada di sebuah kapel kecil. Disitulah sebuah tombak keemasan terkubur di bawah pasir. Pada saat yang sama, monster itu kembali ke kota dan mulai merusak lagi. Kawanan Nicholas menyiapkan semuanya, agar Nicholas dengan tombak itu bisa memasukkan kembali monster itu ke kotak penyimpanannya yang sekarang diambil oleh helikopter Noachidae.

Perangkap berhasil, Nicholas mengacungkan tombaknya dan membuat sebuah pusaran api yang membakar monster itu. Nicholas menusuk jantungnya dan mendorongnya masuk ke kotak penyimpananya. Dan kotak itu segera disegel oleh Ava. Setelah semua berakhir, ketua Noachidae berterima kasih kepada Nicholas, menjadikan orang itu anggota Noachidae dan meminta Nicholas untuk menjadi Pelindung Rahasia. Setelah semua berakhir, hubungan Nicholas kembali harmonis dengan Ava. Dan kotak penyimpanan yang berisikan monster purbakala itu kini dalam perjalanan ke tempat lain.

Trivia[sunting | sunting sumber]

Film ini membuat empat persamaan dengan Indiana Jones and the Raiders of the Lost Ark. Yaitu:

  • Adegan di mana kawanan Nicholas membuka pintu batu
  • Jebakan yang mengenai Nicholas kala ia mengambil sebuah vas emas
  • Cara Nicholas untuk mengetahui lokasi dengan menggunakan tongkat.
  • Adegan akhir kala makhluk itu berada di dalam perkapalan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]